Monday, August 12, 2013

Bagaikmana mengatasi dahak akibat peningkatan asam lambung?

Q. Saya sering menagalami perih pada perut dan sering sendawa, dan pada tenggorokan terasa perih karena asam lambung yang ikut terdorong saat sendawa tadi, akbatnya air liur yang harusnya tak mengental sejkarang malah mengental dan kerap kali mengganggu pernafasan saya. Bagamana yah solusinya? Jika ada yang mengetahui oabtnyan tolong kasih tau yah. Terimakasih

A. Kayaknya masalah anda itu berawal dari meningkatnya jumlah asam lambung. Hindari makanan yg mengandung asam asam dan makanan yg bisa menimbulkan gas dilambung. Obat sebangsa Mylanta, Carminative dll dapat membantu anda.

Mengenai asam lambung?
Q. Makanan apa Saja yang boleh di makan saat asam lambung..?
apa nasi dan ayam goreng blh?
ada saran obat2an tradisional yang ampuh tidak?

A. makanan yg gak boleh dimakan: yg pedas, yg asam, yg bersoda/gas.
dan ikuti saran teman-teman di atas, juga obat dari medis.
dan yg TERPENTING : kalau makan cukup setengah piring dalam sekali makan, tapi usahakan makannya diatur setiap 3 jam sekali.
dimalam hari sediakan roti bantal/roti tawar dan teh hangat di kamar anda, agar ada persediaan kalau magg dah menghisap, dimakan tuh roti.
saya dah pernah merasakannya. saya magg akut, tapi skrg dah sembuh.
semoga membantu

Bagaimana cara menyembuhkan asam lambung secara total?
Q. tolongin gan ane ga tahu harus berbuat apa lg ane udah beli obat sono sini berobat kemana2 tapi asam lambung ane ga sembuh2..


please bantu ane ..


gracias

A. 1. Tidur menyamping
Tidur menyamping ke sisi kiri
atau kanan bisa menekan rasa
sakit akibat naiknya asam
lambung. Sebaliknya, tidur
tengkurap malah memperburuk
asam lambung.

2. Makan dalam potongan kecil
Makan dalam potongan-
potongan besar dapat
memperparah kondisi lambung
Anda. Cobalah untuk makan
dalam potongan kecil untuk
mengurangi nyeri karena asam
lambung.

3. Mengunyah permen karet
Permen karet dapat membantu
meringankan sakit maag dengan
meningkatkan produksi air liur.
Sifat alkali dalam air liur
membantu menetralkan asam di
lambung.

4. Minum herbal
Minuman herbal, seperti kunyit,
dapat membantu menciptakan
lapisan di sepanjang esofagus,
yang pada dasarnya dapat
melindungi dari kenaikan asam
di lambung.

5. Mengenakan pakaian longgar
Pakaian ketat bisa menyebabkan
naiknya asam di lambung. Maka,
sebaiknya hindari mengenakan
pakaian yang terlalu ketat. Pilih
pakaian longgar yang lebih
nyaman untuk dipakai.

6. Berdiri tegap
Memperbaiki postur tubuh agar
tetap tegap. Kebiasaan buruk,
seperti berbaring setelah makan,
membuat asam lambung naik.
Maka, berdirilah yang tegap
untuk membantu mendorong
makanan lari ke perut.

Lakukan enam hal sederhana ini
ketika penyakit asam lambung
Anda sedang kumat. Hindari
makanan pedas atau kecut untuk
mencegah naiknya asam lambung.

apa penyebab bisa kelebihan asam lambung?
Q. Terkadang saya mengalami sakit di tengah dada.. dan hal ini jg udah cukup lama.. dan saya dengar dari orang2 bhw hal itu disebabkan kelebihan asam lambung. Apa penyebab bisa terjadinya kelebihan asam lambung?

thanks,
Ling

A. Sakit maag fungsional disebabkan oleh berbagai factor. Keluhan yang timbul bisa terjadi karena akibat peningkatan asam lambung yang berlebihan didalam lambung. Boleh disebutkan terjadinya banjir asam lambung. Keadaan ini dapat disebabkan oleh makanan dan minuman tertentu, misal makan makanan yang terlalu asam, pedas , minum kopi atau alkohol. Sering terlambat makan atau makan tidak teratur juga dapat menjadi penyebab timbulnya sakit maag fungsional. Selain itu stress fisik dan psikis juga dapat merangsang produksi asam lambung berlebih sehingga mengakibatkan gangguan maag.
Selain asam lambung yang berlebih lambung juga bisa terganggu akibat naiknya cairan empedu dari usus dua belas jari menuju lambung bahkan dapat naik sampai kerongkongan. Adanya cairan empedu yang naik dapat menyebabkan gangguan pada lambung sampai menyebabkan kerusakan dinding dalam lambung.
Perubahan fungsional atau gerakan sistem pencernaan dalam tubuh terutama yang terjadi setelah makanan dicerna biasanya akan menyebabkan melambatnya pengosongan ruang perut sehingga ukuran otot perut mengembang lebih dari ukuran normal dan Anda pun akan merasa kembung dan mual.
Sakit mag pada umumnya merupakan hal yang banyak dijumpai pada masyarakat dari berbagai usia, profesi, maupun lapisan masyarakat. Sebagian besar masyarakat pernah mendengar dan mengetahui pencetus terjadinya sakit mag seperti terlambat makan, makan tidak teratur, makanan atau minuman yang merangsang produksi asam lambung, serta stress.
Meski demikian, mungkin banyak dari kita yang belum sepenuhnya memahami gejala-gejala sakit maag. Rasa Perih pada lambung/pada ulu hati merupakan hal yang sering disebut sebagai sakit mag. Faktanya, gejala sakit mag tersebut tidak harus terasa perih dulu. rasa tidak nyaman pada lambung/ulu hati yang dibarengi dengan mual atau kembung dan sering sendawa atau cepat merasa kenyang juga merupakan gejala sakit mag.
Sakit maag biasa disebut dyspepsia yaitu gejala-gejala kelebihan asam lambung. Saat tingkat asam lambung meningkat, maka lambung akan mengalami gejala Kembung dan sendawa. Gejala yang terjadi karena essensi dari sakit maag ini adalah adanya peningkatan asam lambung yang berlebihan menghasilkan gelembung-gelembung gas di dalam lambung sehingga seseorang merasakan kembung.
Rasa penuh pada perut atau yang biasa disebut sebah atau begah juga merupakan gejala sakit mag yang sering kali tidak disadari. Hal ini bisa dirasakan pada saat sebelum maupun sesudah makan. Penyebabnya juga asam lambung yang berlebihan.
Selain rasa kembung, mual, rasa penuh pada perut atu sebah dan begah, ada juga gejala lain yang sering kali tidak disadari sebagai gejala sakit mag. Gejala tersebut adalah rasa pahit yang dirasakan di mulut. Rasa pahit ini timbul karena asam lambung yang berlebihan mendorong naik ke kerongkongan sehingga kadang kala timbul rasa asam ataupun pahit pada kerongkongan dan mulut.
Dengan demikian, bila anda merasakan gejala-gejala seperti mual, kembung, sebah atau begah, maupun rasa pahit di lidah, walaupun anda tidak merasakan rasa perih pada lambung, bisa jadi anda mengalami gejala sakit mag akibat asam lambung yang berlebih. Oleh karena itu, makan teratur dan menghindari faktor pencetus terjadinya sakit mag merupakan hal yang sangat penting untuk mencegah terjadinya sakit mag.
Minum yoghurt dengan kandungan laktosa yang sebagian dapat dicerna oleh bakteri juga mengasilkan gas yang lebih sedikit dibanding susu.
Pertumbuhan bakteri yang berlebihan biasanya diterapi dengan pemberian antibiotik. Namun terapi ini kurang efektif dan bersifat sementara, dapat juga dengan pemberian probiotik

bagaimana mengatasi sesak nafas yg disebabkan karena sakit maag/asam lambung?
Q. bagaimana mengatasi sesak nafas yg disebabkan karena sakit maag/asam lambung?
thx

A. perbaikan gejala penyakit mau tidak mau harus dari penyebabnya, jika sesak nafas karena maag, maka maag yang diatasi,
mulai dari diet yang tidak merangsang asam lambung (kopi, soda, pedas, rokok (ini gak dimakan)), life style yang cukup baik (makan terartur), dan obat-obatan untuk maag (seperti antasid, cimetidin, omeprazol, etc, setiap obat HARUS dengan resep dokter, ada aturan mainnya), olahraga juga cukup baik untuk peningkatan kualitas hidup( selalu dipercaya membantu penyembuhan, kecuali penyakit yang memang bisa diperparah oleh aktifitas berat)




Powered by Yahoo! Answers

No comments:

Post a Comment