Saturday, April 5, 2014

apa obat radang tenggorokan?

Q.

A. Pernah merasakan sakit atau radang tenggorokan? Gejalanya berupa bengkak di dinding tenggorokan, berwarna lebih merah, ada bintik-bintik putih, dan terasa sakit bila menelan makanan. Penyebabnya bisa beraneka ragam, bisa jadi virus (biasanya disertai demam), batuk pilek, alergi, bakteri streptococcus, atau merokok.

Apa obatnya? Ada berbagai macam pilihan obat radang tenggorokan, di antaranya berbentuk permen hisap, obat kumur, throat spray, sampai antibiotik. Nah, yang ingin kubahas di sini adalah obat yang berbentuk permen hisap saja, karena obat ini lebih disukai pasien.


Degirol â Darya Varia

Degirol adalah permen hisap rasa lemon yang mengandung senyawa aktif dequalinium chloride, suatu bahan anti bakteri dan anti jamur yang efektif untuk membunuh berbagai macam bakteri gram positif dan gram negatif, Bor-relia vincenti, Candida albicans, dan bakteri yang resisten terhadap antibiotik.

Karena rasanya manis, penggunaannya dihisap seperti permen 3-4 jam sekali. Tablet dibiarkan melarut perlahan-lahan di dalam mulut, jangan sampai melebihi 8 tablet dalam sehari. Pemakaian jangka panjang dan berulang-ulang harus dihindari. Harganya Rp 3.000, 00 per 4 tablet.

Strepsils â Reckitt Benckiser Healthcare Manufacturing

Strepsils mengandung 2,4-diklorobenzyl alcohol (dibenal) dan amylmetakresol. Tersedia dalam 3 varian rasa yaitu regular (merah), cool (biru), dan honey & lemon (kuning). Satu butir Strepsils dibiarkan melarut perlahan-lahan dalam mulut. Hati-hati pemakaian pada anak karena bisa menyebabkan tersedak. Harganya Rp 5.000, 00 per 6 butir.

SP Troches â Meiji

SP Troches sama seperti degirol, mengandung dequalinium chloride. Bedanya hanya pada varian rasa yaitu tersedia dalam 3 pilihan rasa: strawberry, melon, dan kopi. Harganya Rp 4.000, 00 per 6 tablet.

Efisol Lozenges â Novell

Efisol loz mengandung dequalinium chloride plus vitamin C untuk memperbaiki daya tahan tubuh. Penggunaannya sama dengan Degirol maupun SP Troches. Harganya Rp 8.000, 00 per 10 tablet.

Lemocin â Novartis

Lemocin mengandung tyrothricin, cetridium bromide, dan lidocaine. Tyrothricin adalah campuran dari antibiotik polipeptida (gramisidin dan tirosidin) merupakan antibiotik topikal dengan aktivitas bakteriostatik terhadap mikroorganisme gram positif. Aktivitas antibakteri dari tyrothricin ini ditunjang oleh efek antiseptik cetridium bromide yang memiliki sifat surfaktan lemah sehingga dapat diperoleh suatu efek yang nyata. Lidocaine merupakan anestesi lokal golongan amida, mengubah permeabilitas membran sel terhadap ion natrium sehingga menghambat konduksi impuls syaraf.

Lidocaine disekresikan melalui air susu, tidak dianjurkan untuk wanita menyusui. Belum ada data klinis obat ini berefek terhadap janin, tapi sebaiknya dihindari bagi wanita hamil. Dosis untuk inflamasi ringan 2-3 jam sekali. Harganya Rp 10.300, 00 per 4 tablet.

FG Troches âMeiji

FG Troches mengandung fradiomycin dan gramicidin, suatu antibiotik topikal untuk bakteri staphylococcus dan streptococcus. Obat ini menjadi pilihan utama kebanyakan pasien karena dinilai lebih manjur.

Meskipun senyawa aktifnya berupa antibiotik, namun jangan khawatir karena antibiotik ini sifatnya hanya topikal saja. Mekanisme kerjanya lokal, bukan sistemik. Biarkan kontak sesering mungkin antara obat dengan tempat yang terinfeksi dimana bakteri bersarang, itulah alasan kenapa obat ini berbentuk seperti permen yang efektif diemut di rongga mulut atau di bawah lidah. Harganya Rp 11.500, 00 per 10 tablet.

Demikian, sedikit informasi tentang obat sakit tenggorokan. Semoga bermanfaat. Yang gak ngerti istilah-istilahnya, gak usah dipikirin. Yang penting tahu saja kalau sakit tenggorokan mesti beli obat apa.

Apa cie ciri ciri radang tenggorokan?apa aq kena radang tenggorokan?
Q. Dokter2 yg dyahoo answer jwb ya,
1.ciri2 radang tenggorokan apa?
2.disebabkan oleh apa?
3.obat yg dpt menymbuh kan apa?


saya stiap pagi pst batuk+mengeluarkan darah,bahkan tdr dr mulut melainkan dr hidung juga.ini trjadi styp pg,kejadian sudah 2hr smp hr ini.
saya tdk merasa skt ato ap,stlah btuk saya merasa shat,cm kadang panas sprti hari ini.
sebelum kjdian saya mengkonsumsi kacang2n.

A. 1.radang tenggorokan akibat infeksi Virus
rasa pedih, gatal,kering,batuk dan bersin,demam,suara serak,hidung meler.
2.radang tenggorokan akibat Streptokokus
tonsil dan kelenjar leher bengkak.sakit waktu menelan,bg belakang tenggorokan warna merah dan bercak2 putih.demam tinggi disertai menggigil.
radang tenggorokan disebabkan oleh:virus dan bakteri 80% virus,batuk/pilek yg membuat tenggorokan luka[iritasi] virus Coxsackie[mouth disease],pembesaran amandel,alergi,bakteri Streptokokus,
pengobatan :antibiotik,untuk meringankan sakitnya obat penghilang rasa nyeri.
waspadailah sering minum obat sembarangan akan mempercepat kerusakan ginjal.
kalau nggak merasa sakit seperti ciri tsb diatas bukannya radang tenggorokan melainkan ada luka di saluran sekitar tenggorokan.sehigga jika batuk darah luka terdorong keluar dari tenggorokan.
sebaiknya periksakan ke dokter sebelum luka semakin parah dan terinfeksi,dan kuman dapat menyerang katub jantung yg menimbulkan demam rhematik, dan paru-paru.

ciao

obat apa yg tepat untuk radang tenggorokan?
Q. obat apa yang cocok serta cepat untuk menyembuhkan sakit tenggorokan?

A. Radang tenggorokan bisa disebabkan oleh virus, bisa juga disebabkan oleh bakteri. Kalo yg disebabkan oleh bakteri harus minum antibiotik, sedangkan yg diakibatkan oleh virus anda hanya perlu istirahat.

Untuk mengetahui penyebabnya dari virus atau bakteri harus test laboratorium yg harganya cukup mahal, oleh sebab itu Jika anda kedokter ya gak perlu test laboratorium tapi dikasih antibiotik ama multivitamin aja.

Untuk sembuh dengan cepat itu tergantung dari kondisi fisik dan aktivitas anda, cobalah untuk memperbanyak waktu istirahat anda, dan makan makanan yg bergizi.

apa obat radang tenggorokan yang bagus?
Q.

A. Berikut beberapa resep alami yang bisa membantu mengatasi radang tenggorokan :

Resep 1
Resep ini cocok untuk gejala awal radang tenggorokan yang biasanya di awali dengan rasa gatal pada tenggorokan.
Caranya : Peras 3 buah jeruk nipis yang telah masak dan seduh dengan 1 /2 cangkir air panas, kemudian tambahkan 1 sendok makan madu dan aduk hingga rata. Selagi hangat gunakan untuk berkumur dalam mulut dan tenggorokan selama 2 - 3 menit 3 kali sehari.

Resep 2
Resep ini cocok ketika tenggorokan terasa sakit, suara serak dan susah buat menelan.
Caranya : Campurkan perasan 2 buah jeruk nipis matang ke dalam segelas air garam hangat dan aduk hingga rata, kemudian gunakan untuk berkumur dalam tenggorokan selama 2 - 3 menit 3 kali sehari.

Resep 3
Resep ini berfungsi untuk mengeluarkan lendir di tenggorokan.
Caranya : Peras 2 buah jeruk nipis matang dan campurkan dengan sedikit garam dalam gelas, aduk sampai rata dan minum airnya.

Resep 4
Saat tenggorokan terasa sakit dan susah menelan bisa juga dengan resep berikut.
Caranya : Haluskan 6 siung bawang putih dan seduh dengan segelas air hangat, selanjutnya gunkan untuk berkumur. lakukan selama 3 hari.

Resep 5
Resep ini di gunakan saat radang sudah parah.
Caranya : Rebus 400 cc air hingga mendidih lalu tambahkan 4 batang kayu putih ( 10 cm an ) dan 8 cangkang mahkota dewa. Setelah dingin ambil airnya dalam gelas lalu tambahkan perasan 1 /2 jeruk nipis lalu di minum. Lakukan 3 kali sehari....

OBAT SAKIT RADANG TENGGOROKAN ?
Q. obat herbal untuk radang , ad yg tau gaq ?

A. TIPS MENGATASI RADANG TENGGOROKAN:
1.Banyak minum air putih hangat

2.Berkumur dengan air garam hangat

3.Banyak makan buah-buahan

4.Istirahat yang cukup

5.Hindari minuman, seperti jus jeruk atau minuman/makanan lainnya yang bersifat asam yang dapat mengiritasi tenggorokan anda

6.Hindari rokok/asap rokok/ minuman beralkohol

7.Hindari konsumsi makanan yang berminyak/berlemak

8. Percepat pemulihan dengan lemon dan jus sayur : Tubuh menghabiskan cukup banyak energi untuk mencerna makanan. Karena itu, ada baiknya Anda menghindari makanan berat dan menggantinya dengan sup, jus sayuran atau lemon tanpa gula. Dengan begitu tubuh bisa menyimpan energi lebih banyak dan menggunakannya untuk melawan penyakit. Tipe diet puasa seperti ini akan mempercepat pemulihan. Minum vitamin C dan atau B kompleks. Vitamin berguna untuk segera memulihkan daya tahan tubuh. Pilih yang murah atau mahal. Lebih bagus lagi bila penderita mendapatkan vitamin alami yang berasal dari buah-buahan. Jeruk dan pisang yang kaya vitamin C dapat mencegah terjadinya peradangan.

9. Berkumur dengan kunyit dan air garam: Campurkan 1/4 sendok teh kunyit dan 1/2 sendok teh garam ke dalam segelas air hangat.

10. Minum Jus lemon tanpa gula : Campurkan 2 sendok makan jus lemon (dari perasan 1/2 lemon) ke dalam segelas air hangat. Hindari penambahan gula. Minumlah 2-3 kali sehari dalam keadan perut kosong (sekitar 30-60 menit sebelum makan). Cara ini diyakini bisa meredakan rasa sakit dan iritasi pada tenggorokan. Hindari minum lemon setelah makan karena justru bisa meningkatkan asam lambung.

11.Oleskan minyak kelapa : Minyak kelapa merupakan antimikroba alami. Minyak ini bisa membunuh semua jenis organisme patogen jika dikonsumsi atau dioleskan ke tubuh. Hangatkan 2-3 sendok makan minyak kelapa kemudian pijatkan ke tubuh sekali atau dua kali sehari. Selain itu, bisa juga digunakan saat memasak. Minyak kelapa merupakan sumber energi bagi tubuh.

12.Hindari gula dan semua makanan olahan : Gula akan melemahkan sistem kekebalan tubuh dan memperparah penyakit. Karena itu, ada baiknya dihindari. Makanan olahan yang mengandung karbohidrat olahan, lemak trans, bahan tambahan yang berbahaya bagi kesehatan juga mempunyai dampak yang sama. Jadi, ada baiknya menghindari keduanya.




Powered by Yahoo! Answers

No comments:

Post a Comment