Saturday, April 26, 2014

Dimanakah susunan syaraf itu ?

Q. dimanakah susunan syaraf itu ? apakah di daerah kulit ?

@astrid..... maksudnya, apakah fungsi dari syaraf yang terletak di sekitar kulit ?

A. Pusat syaraf itu mulai dari otak hingga ke sumsum tulang belakang. Setelah itu syaraf-syaraf ini bercabang2 ke seluruh tubuh.

Kulit merupakan organ yang paling banyak disyarafi. Itulah sebabnya kita bisa membedakan halus-kasar, panas-dingin, basah-kering, mulus-bentol, geli-nyeri, dsb. Jadi kalo mau membuat orang tertawa ya mudah saja, gelitik saja. Kalo mau membuat orang sengsara ya mudah saja, siksa saja kulitnya.

Pernah dengar "rasa sakitnya seperti dikuliti hidup2"? Ini untuk menggambarkan rasa sakit yang amat sangat dimana kulit merupakan organ yang paling bisa merasakan sensasi tersebut.

Regards,


Messenger

Dimanakah susunan syaraf itu ?
Q. dimanakah susunan syaraf itu ? apakah di daerah kulit ?

A. syaraf terdapat diseluruh jaringan tubuh.misalnya terdapat pada kulit.dan siseluruh jaringan organ.sel siaraf ini tersusun oleh sel syaraf sensorik dan sel syaraf motorik.
mekanisme kerjanya dimulai dengan cara rangsang ditangkap oleh sel syaraf sensorik yang kemudian dihubungkan oleh sel syaraf motorik yang dihubungkan ke otak.kemudian rangsang yang berupa data diteruskan keinpuls yang akan melakukan suatu tindakan.

apakah lidah merupakan pangkal syaraf ?
Q. bila saya memberikan sebuah rangsangan ke pada lidah yg katanya merupakan pangkal syaraf.
brarti bisa memberikan rangsangan ke seluruh organ syaraf.

Bener g sih lidah pangkal syaraf?

A. hmm..pangkal syaraf ya?

idem ama yang diatas, dibilang pangkal syaraf sebenernya masih menggantung..

tapi pusat segala pusat yah di otak..

kalo dibilang pangkal syaraf karena bisa memberikan rangsangan ke seluruh organ syaraf sih ga juga ya, contohnya nih kulit, termasuk indra perasa juga kan? kalo kena panas yang berlebihan, bisa memberikan rangsangan ke seluruh tubuh, jadi bisa dikatakan ga juga.. ah bingung yah..hehe

ini infonya, semoga bisa membantu ya :)

Lidah adalah kumpulan otot rangka pada bagian lantai mulut yang dapat membantu pencernaan makanan dengan mengunyah dan menelan. Lidah dikenal sebagai indera pengecap yang banyak memiliki struktur tunas pengecap. Lidah juga turut membantu dalam tindakan bicara.

Sebagian besar, lidah tersusun atas otot rangka yang terlekat pada tulang hyoideus, tulang rahang bawah dan processus styloideus di tulang pelipis. Terdapat dua jenis otot pada lidah yaitu otot ekstrinsik dan intrinsik.

Lidah memiliki permukaan yang kasar karena adanya tonjolan yang disebut papila. Terdapat tiga jenis papila yaitu:

1. papila filiformis (fili=benang); berbentuk seperti benang halus;
2. papila sirkumvalata (sirkum=bulat); berbentuk bulat, tersusun seperti huruf V di belakang lidah;
3. papila fungiformis (fungi=jamur); berbentuk seperti jamur.

Terdapat satu jenis papila yang tidak terdapat pada manusia, yakni papila folliata pada hewan pengerat.

Tunas pengecap adalah bagian pengecap yang ada di pinggir papila, terdiri dari dua sel yaitu sel penyokong dan sel pengecap. Sel pengecap berfungsi sebagai reseptor, sedangkan sel penyokong berfungsi untuk menopang.

gangguan syaraf yang sudah lama?
Q. assalamu alaikum....tolong saya....ayah saya sudah lama menderita penyakit gangguan syaraf .yang sudah lama ia derita...namax bapak tajuddin.saya mau kesitu.di samping jauh.butuh biaya yang banyak,tolong...sarankan apa yang harus kami lakukan untuk penyembuhan ayah saya.apa gk ada terapi2 yg bisa di lakukan.

A. Gangguan syaraf termasuk penyakit yang butuh waktu lama dalam penyembuhannya dan harus ditangani oleh yang benar-benar ahli.

Masalahnya, syaraf itu adalah komponen tubuh yang langsung terhubung dengan otak sebagai kontrol utama seluruh sistem syaraf.

Usulan gw, coba datangi dulu dokter spesialis syaraf di rumah sakit umum, biar ketahuan masalahnya dimana. Jangan asal terapi yang nantinya bisa malah lebih parah

syaraf t7 / bells palsy?
Q. apa sakit bells palsy bisa sembuh total?
bgmana prosedur pengobatan y betul?
apa nutrisi yg hatus ditambahkan supaya bisa cepat sembuh selain obat n fisioterapy? apa ada gerakan / olahraga yg bisa mempercepat penyembuhan? apa yg harus diprhatikan penderita ( pantangan , makan n minumnya,dll) trima kasih sebelumnya semoga jawaban rekan2 / praktisi kesehatan dapat membantu kami.

A. Bell's palsy adalah nama penyakit yang menyerang saraf wajah no 7..sehingga menyebabkan kelumpuhan pada otot wajah disalah satu sisi. Ingat kelumpuhan hanya terjadi di satu wajah yang terkena. Ini yang membedakanya dengan stroke. Ditandai dengan susahnya menggerakkan otot wajah dibagian yang terserang, seperti mata tidak bisa menutup, tidak bisa meniup, dsb. Penyebab kelumpuhan ini masih menjadi perdebatan. Beberapa ahli menyatakan penyebabnya adalah karena terpapar angin dingin disalah satu sisi wajah secara terus menerus, ada juga yang menyatakan hal itu disebabkan oleh virus herpes yang menetap ditubuh dan aktif kembali karena trauma, faktor lingkungan, stres dll. Sebagian penderita bisa sembuh tanpa pengobatan, tapi disarankan untuk menjalani terapi dan pengobatan agar bisa segera sembuh.

Bell's Palsy diambil dari nama Sir Charles Bell, dokter dari abad 19 yang pertama menggambarkan kondisi ini dan menghubungkan dengan kelainan pada syaraf wajah. Meski namanya unik, penyakit ini akan mengganggu secara estetika ataupun fungsi pada wajah. Artinya muka yang terlihat cantik dan bagus di depan kaca itu tidak terjadi dengan sendirinya. Karena, bila salah satu saja syarafnya minta istirahat, maka proporsi wajah menjadi tidak seimbang. Jika tidak ditangani maka akan terjadi kecacatan dengan muka penyok.

PENCEGAHAN

Seperti disarankan oleh Dokter Syaraf agar Bell's Palsy tidak mengenai anda, cara-cara yang bisa ditempuh adalah :

1. Jika berkendaraan motor, gunakan helm penutup wajah full untuk mencegah angin mengenai wajah.

2. Jika tidur menggunakan kipas angin, jangan biarkan kipas angin menerpa wajah langsung. Arahkan kipas angin itu ke arah lain. Jika kipas angin terpasang di langit-langit, jangan tidur tepat di bawahnya. Dan selalu gunakan kecepatan rendah saat pengoperasian kipas.

3. Kalau sering lembur hingga malam, jangan mandi air dingin di malam hari. Selain tidak bagus untuk jantung, juga tidak baik untuk kulit dan syaraf.

4. Bagi penggemar naik gunung, gunakan penutup wajah / masker dan pelindung mata. Suhu rendah, angin kencang, dan tekanan atmosfir yang rendah berpotensi tinggi menyebabkan Anda menderita Bell's Palsy.

5. Setelah berolah raga berat, JANGAN LANGSUNG mandi atau mencuci wajah dengan air dingin.

6. Saat menjalankan pengobatan, jangan membiarkan wajah terkena angin langsung. Tutupi wajah dengan kain atau penutup. Takut dibilang "orang aneh"? Pertimbangkan dengan biaya yang Anda keluarkan untuk pengobatan.

Sebagai catatan :

1. Wanita hamil berpotensi 3X lebih mudah terkena Bell's Palsy daripada wanita yang tidak hamil.

2. Penderita diabetes, perokok, dan pengguna obat-obatan sejenis steroid berpotensi 4X lebih mudah terserang Bell's Palsy daripada orang lain.

3. Rata-rata 40.000 orang Amerika setiap tahun menderita Bell's Palsy.

4. Terakhir, ini adalah catatan beberapa orang terkenal yang pernah menderita Bell's Palsy. Beberapa di antaranya sembuh total, namun tidak sedikit yang tidak sembuh sehingga hingga kini, wajah mereka masih tampak mencong akibat penyakit itu.

Pengobatan yang disarankan dokter adalah fisiotherapy, di mana wajah penderita akan dikompres dengan lampu sinar dan diberi kejutan listrik di sekitar wajah. Namun Anda bisa juga menggunakan alternatif pengobatan lain, seperti akupuntur. Jangan mencampur pengobatan fisioterapi dan akupuntur di waktu bersamaan.




Powered by Yahoo! Answers

No comments:

Post a Comment