Wednesday, May 15, 2013

apa akibat dari makan makanan pedas?

Q. apa akibatnya kalau terlalu banyak makan pedas?
apa lambung bisa luka/berdarah?
atau pupnya bisa berdarah?

terus, bagaimana cara mengobatinya?
(selain ke dokter)

mohon penjelasannya..makasih.

A. Konsumsi Chili / Makanan Pedas

Makanan pedas ditenggarai dapat mempercepat proses metabolisme. Kandungan capsaicin yang ada pada cabe atau merica membantu tubuh memproduksi hormon adrenalin yang memicu metabolisme dan meningkatkan kemampuan tubuh untuk membakar kalori.

Penyebab seriawan bermacam-macam dan tidak bisa digeneralisasi. Artinya, setiap kasus seriawan bisa berbeda-beda penyebabnya (multifaktorial). Ada yang disebabkan kekurangan vitamin C, B12, dan zat besi.

Bisa juga akibat makan-makanan yang pedas dan panas, alergi lokal, luka tergigit akibat susunan gigi yang tidak rata dan terlalu tajam, maupun pengaruh gigi palsu dan kawat gigi.

"Penyebab pastinya sering kali tidak jelas, tapi pemicu terbesar adalah kebersihan mulut yang tidak terjaga," ujar Tri Erri Astoeti. Mulut adalah pintu masuk berbagai jenis makanan. Ketika menelan sesuatu, kemungkinan ada bakteri jahat yang ikut tertelan.

Karena itu jika kita tidak rajin menjaga kebersihan mulut, risiko infeksi bakteri juga tinggi. Di samping higienisitas area mulut, seriawan juga berkaitan dengan reaksi imun.

"Tubuh yang tidak fit atau rendahnya imunitas seseorang membuat dia mudah terserang seriawan. Infeksi dan kelainan dalam pencernaan manifestasinya bisa ke rongga mulut. Misalkan jika usus atau lambung bermasalah, bisa saja timbul seriawan," ujar Armasastra Bahar.

Orang juga sering kali menghubungkan seriawan sebagai salah satu gejala panas dalam. Padahal, menurut Armasastra, dalam dunia kedokteran tidak ada istilah panas dalam. "Kemungkinan hal itu disebabkan ada infeksi pada saluran pencernaan dan akibatnya menjadi panas. Karena itu secara umum, orang menyebutnya panas dalam," paparnya.

Salah satu bakteri yang diduga bisa menginfeksi dan menyebabkan radang pada dinding lambung adalah helicobacter pylori. Begitu pula mereka yang terinfeksi virus AIDS, bisa jadi bermanifestasi pada seriawan.

Selain faktor-faktor penyebab di atas, seriawan bisa menyerang saat kondisi psikologis seseorang sedang tidak baik seperti stres atau trauma. Faktor keturunan dan kelainan hormonal juga diduga ada hubungannya.

Misalkan ada wanita yang kerap mengalami seriawan pada masa-masa PMS (pre-menstruation syndrom). Mengingat penyebabnya yang sangat beraneka ragam, untuk mengatasi itu perlu dicari dahulu sumber penyebabnya. Misalnya, kalau sering seriawan akibat iritasi atau luka tergigit, hendaknya lain kali berhati-hati saat mengunyah makanan.

Bila disebabkan defisiensi vitamin C, segera seimbangkan dengan mengonsumsi vitamin C yang bagus untuk memperbaiki jaringan tubuh, termasuk jaringan yang ada di mulut.

"Kalau sekiranya dikarenakan stres, maka upayakan untuk memanajemen emosi dengan baik sehingga stresnya bisa hilang dan seriawan pun akan sembuh. Intinya, kenali dulu faktor penyebab atau pemicunya sehingga bisa menentukan jenis dan langkah pengobatan yang tepat," kata Devi Farida Utami.

Selama ini, dalam masyarakat juga berkembang "mitos" yang mengatakan bahwa jika terkena seriawan dianjurkan untuk makan sambal yang pedas atau menempelkan tablet isap vitamin C di area bintik seriawan.

"Rasanya mungkin sangat perih, tapi tidak apa-apa biar cepat sembuh," demikian saran yang kerap dilontarkan dan diyakini banyak orang. Padahal sebenarnya untuk orang-orang tertentu, makanan pedas dan asam bisa merangsang lambung.

Karena itu, kalau seriawan disebabkan kelainan pencernaan, efeknya justru memperparah seriawan. "Jadi, selama seriawan sebaiknya makan yang adem-adem saja. Kalau memang butuh vitamin C, tidak perlu sampai ditempelkan di seriawan, cukup diminum saja," saran Armasastra.

nyeri di luka pasca oprasi usus buntu?
Q. Dear All.

satu bulan yang lalu aku melakukan oprasi usus buntu, selama 3 minggu aku tidak mengalami keluhan apapun, tapi di minggu keempat luka bekas oprasi tiba tiba terasa nyeri, jalan juga terasa nyeri.
pertanyaanku, apakah ada kemungkinan lukanya terinfeksi, dan bagaimana solusinya.
terima kasih.

A. Kemungkinan besar terjadi infeksi. Tidak sedikit juga yang jahitannya terbuka, infeksi akut dan terpaksa dioperasi lagi. Bahkan ada beberapa kasus infeksi tersebut menyebabkan sesuatu yang sama sekali tidak kita inginkan. Bukan menakut-nakuti, tetapi itu fakta bahwa beberapa teman saya mengalami kritis (bahkan ada yang hingga kehilangan nyawa) setelah operasi.

Saran saya minum VCO kelapa hijau untuk menyembuhkan luka bekas operasi.
VCO kelapa hijau mengandung asam laurat yang tinggi. Asam laurat didalam tubuh akan berubah menjadi monolaurin yang dapat membunuh bakteri berdasarkan berbagai mekanisme. Monolaurin mencairkan dan merusak struktur lapisan selaput lipida pada virus dan lipida pada dinding sel bakteri. Monolaurin memperlihatkan efek membunuh virus (virusidal) dengan merusak DNA dan RNA virus yang dilapisi oleh lipida. Monolaurin juga mempercepat metabolisme sel dan membantu mempercepat penyembuhan luka.

Bakteri patogen yang peka terhadap monolaurin antara lain adalah staphylococcus aureus, listeria monocytogenes, streptococcus agalactiae, vibrio parahaem.olyticus clan helicobacter pylori serta streptococus gram positif lainnya. Monolaurin memiliki daya hambat 5000 kali lebih efektif dari obat anti septik dan alkohol (etanol) terhadap listeria monocytogenes.

Monolaurin memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan obat antiseptik dan antibiotik. Obat antiseptik menimbulkan banyak efek samping yang tidak ringan dan dapat resisten. Penggunaan antiseptik dan antibiotik yang tidak tepat dapat rneningkatkan jumlah dan jenis bakteri yang kebal (resisten) terhadap antiseptik dan antibiotik. Satu antiseptik atau antibiotik akan membunuh bakteri yang sensitif sedangkan bakteri yang kebal akan terus hidup, berevolusi dan berkembang biak menjadi organisme baru yang sangat kebal dan ganas.
Bakteri yang semula peka terhadap antiseptik dan antibiotik dapat menjadi kebal melalui perubahan genetik di dalam selnya, atau dengan menerima DNA yang, sudah resisten dari bakteri lain. Penggunaan antiseptik dan antibiotik berulang-ulang dan tidak tepat justru dapat menyebabkan peningkatan jumlah bakteri yang kebal. Antibiotik biasanya tidak dapat membunuh virus. Berbeda dengan monolaurin. Terjadinya resistensi mikroba terhadap monolaurin sangat rendah dibandingkan dengan antibiotik. Monolaurin tidak hanya membunuh bakteri tetapi juga virus dan jamur.

Info lebih lanjut hubungi 087772888300

badan panas, meriang, mual dan pusing?
Q. sejak hari rabu tgl 25 april 2012 badan saya terasa panas, mual, meriang dan pusing, tapi kadang-kadang panasnya reda, pusing dan mual masih terasa, terus nanti panas lagi, saya sudah minum obat tapi masih saja begitu, malah sekarang perut sebelah kiri saya sakit di saat saya merenggangkan badan rasanya seperti ada yang luka. Kira-kira saya mengalami sakit apa? Dan bagaimana penyembuhannya dan harus minum obat apa?

A. menurut ane itu usus buntu
biayaya operasi di tempat ane
di bali
sekitar 2,5 juta
luayan buat beli bb
hehehehehe

apakah ada yg tau atau bisa sedikit membantu ?
Q. aduuuh, BAB gak lancar
kadang 3 hari sekali
kadang 5 hari sekali
kadang 7 hari sekali

kadang udah kebelet bgt tapi susah keluarnya
Fases keras
pernah juga disertai darah
tapi belum pernah merasa ada sesuatu yg keluar (Ambeien)

bagaimana rasanya / bagaimana saya tau jika ambeien itu sudah keluar ??
apa dampak dari susah BAB itu, apa ada hubungannya dgn kanker usus besar ??
penyakit apa saja yg mungkin saya derita karena susah BAB tsb ??

saya sedang mencoba mengkonsumsi makanan yg berserat.


thx before.

A. Faeces yg keras, utamanya kurang serat dan kurang cairan.
Di apotik bisa beli (saya lupa namanya), bentuknya seperti minyak/cairan dalam kemasan seperti suntikan namun tanpa jarum, setelah ujungnya dimasukan kedalam anus, cairannya dipompakan kedalam, nah, faeces akan lebih licin untuk keluar, paling tidak body nya. Kalau ujungnya, sebab kita sudah mules, biasanya masih keras juga sudah kita keluarkan.
Ambeien ada dua, ambeien dalam dan ambeien luar. kalau ambeien dalam tdk kelihatan, tapi perih dan suka keluar darah. Ambeien luar kelihatan seperti kerutan kulit yg keluar dari anus.
Faeces adalah sisa2 makanan yg kita makan yg harus dibuang. BAB dua kali sehari lebih bagus dari cuma sekali, sebab usus besar kita jadi lebih bersih.
Kalau anus sering luka, disamping perih, adanya luka tentu mempermudah terjadinya infeksi.
Kalau faeces tertahan lama diusus, disamping rasa tidak enak seperti kembung, ada bahaya racun yg tertahan terserap usus masuk ke peredaran darah.
Kurangi asupan lemak/daging, perbanyak makan papaya, agar2 (apakah jelly sama dg agar2?) dan minum.
Saya tidak mengalami masalah ini, jadi belum pernah mencoba minuman serat instan macam vegeta. Barangkali dicoba?

Anus perih ketika buang air besar, kenapa ya?
Q. Gini teman-teman, jujur aja, saya emang orang yang gak baik. Saya & pacar saya habis ngelakuin hal-hal yang buruk. Kemarin saya masukkin 2 jari saya ke anus pacar saya, katanya enak, yang saya masuk-masukin terus sampe dalam. Tapi sekarang, pacar saya ngeluh kalau anusnya sakit, itu kenapa ya??? Apa anusnya luka??? Terus gimana cara ngatasinnya???

Mohon bantuannya ya...

Thanks banget.

A. mungkin luka. karena mungkin anda memasukan jari anda ke dalam anus pacar anda sampai pada rectum atau bagian akhir dari usus besar. Rectum merupakan bagian yang mudah luka oleh kerusakan mekanis. untuk itu lebih baiknya anda konsultasikan ke dokter karena hal ini membutuhkan efek terapi obat untuk menyembuhkannya. jangan diulangi lagi hal ini karena sangat berbahaya




Powered by Yahoo! Answers

No comments:

Post a Comment