Wednesday, May 15, 2013

Mencegah penyakit kanker?

Q. ...

A. Berikut ini langkah-langkah yang dianjurkan untuk mencegah timbulnya kanker:

Makan banyak sayur-sayuran, buah-buahan, biji-bijian seperti tempe, tahu dan makanan yang banyak mengandung serat. Paling tidak satu atau dua kali sehari mengkonsumsi sayuran hijau dan buah-buahan.
Hindari berat badan berlebihan atau kegemukan. Timbanglah berat badan 1 kali seminggu. Penelitian menunjukkan, akibat kegemukan, risiko terjadinya kanker lebih besar khususnya kanker payudara, rahim, usus besar, lambung, ginjal, serta kandung empedu.
Kurangi terlalu banyak makanan gorengan dan juga yang mengandung protein dan lemak tinggi serta jeroan.
Batasi makanan yang diolah dengan suhu tinggi dan lama atau dengan pengolahan tertentu yang dapat menimbulkan prokarsinogen seperti makanan yang diasinkan, diasap, dibakar, dipanggang sampai keluar arang (gosong) . Yang terbaik adalah makanan yang direbus.
Hati-hati dengan penggunaaan pemanis buatan, pewarna makanan serta zat pengawet yang berlebihan. Makanan terbaik adalah makanan segar.
Makanan dijaga kebersihannya, beraneka ragam, dan bebas dari zat cemaran lingkungan.
Sebaiknya tidak berlebihan mengkonsumsi minuman yang mengandung alkohol dan juga merokok
Kegiatan fisik dengan olahraga secara teratur disertai kesehatan mental dan rohani merupakan bagian terpadu dalam upaya pencegahan penyakit kanker.

Kenapa rokok memberikan dampak buruk bagi tubuh?
Q. Saat ini peredaran rokok terbilang cukup bebas di masyarakat, padahal rokok bisa memberikan dampak buruk bagi tubuh. Berdasarkan PP No. 81/1999 Pasal 4 Ayat 1 berbunyi: Kadar kandungan nikotin dan tar pada batang rokok yang beredar di wilayah Indonesia tidak boleh melebihi kadar kandungan nikotin 1,5 mg dan kadar kandungan tar 20 mg. Badan Kesehatan Dunia (WHO) pada tahun 2011 mencatat sebanyak 10 juta penduduk dunia meninggal akibat rokok. Dampak buruk dari penggunaan rokok akan mengenai berbagai organ di dalam tubuh, mulai dari paru-paru, jantung, otak, saluran pencernaan (mulut sampai usus besar), hati atau liver, pankreas, otot, tulang dan sistem reproduksi. Penggunaan rokok dalam waktu singkat/lama akan menyebabkan terjadinya kanker paru-paru (emphysema) dan menyebabkan kematian. Keracunan rokok terjadi jika jumlah tar dan nikotin yang dikonsumsi berada diambang batas maksimal sesuai PP No. 81/1999 Pasal 4 (1) sehingga menyebabkan terjadinya kanker, serangan jantung, impotensi, ginjal, hati dan cacat.

A. rokok memberikan dampak buruk bagi tubuh karena:
1. pasti kamu sudah tau yaitu nikotinnya yg dpt merusak ginjal, paru2, dan alat pernapasan lainnya.
2. nikotin termasuk juga salah satu narkoba
Penyebab rokok itu bisa berkembang biak adalah:
1. faktor ekonomi
2. faktor karna usia remaja yg rasa ingin tahu'a begitu besar
3. tidak ada larangan ortu untuk anaknya merokok
4. kurangnya penegakan hukum di negara ini

kenapa sulit sekali buang air besar udah 1 minggu kayak mengeras gitu solusinya gimana ya......?
Q. buang air besar sangat sulit

A. Konstipasi atau sering disebut sembelit adalah kelainan pada sistem pencernaan di mana seorang manusia (atau mungkin juga pada hewan) mengalami pengerasan feses atau tinja yang berlebihan sehingga sulit untuk dibuang atau dikeluarkan dan dapat menyebabkan kesakitan yang hebat pada penderitanya. Konstipasi yang cukup hebat disebut juga dengan obstipasi. Dan obstipasi yang cukup parah dapat menyebabkan kanker usus yang berakibat fatal bagi penderitanya.
Setiap tahunnya kira-kira lebih dari 2,5 juta orang pergi ke dokter karena masalah konstipasi. Pengobatan dan peredaan konstipasi secara alami dapat dilakukan dengan pengubahan pola makan menjadi lebih sehat, rajin berolahraga, memijat perut, minum air putih sebanyaknya, meminum minuman prebiotik dan probiotik, atau membiasakan diri untuk buang air besar setiap hari dengan membuat jadwal buang air besar yang disebut bowel training.

Sedangkan dengan cara sedikit dipaksa yang biasanya untuk penderita obstipasi, yaitu dengan mengkonsumsi obat pencahar disebut laksatif (yang terkadang menyebabkan perut terasa melilit, tinja atau feses berbentuk cair, ketergantungan pada obat pencahar, bahkan pingsan) secukupnya, penghisapan tinja atau feses dengan alat khusus, terapi serat, dan pembedahan (walaupun pilihan ini cukup jarang dilakukan).

Agar penderita konstipasi atau obstipasi dapat meredakan atau cepat sembuh, maka penderita dilarang:

* Menahan buang air besar
* Mengkonsumsi makanan siap saji dan bersifat panas
* Makan dalam porsi yang banyak

[sunting] Penyebab
Model tinja atau feses 1 (konstipasi kronis), 2 (konstipasi sedang) dan 3 (konstipasi ringan) dari Bristol Stool Chart yang menunjukkan tingkat konstipasi atau sembelit.

Konstipasi atau sembelit adalah keluhan pada sistem pencernaan yang paling umum dan banyak ditemui di masyarakat luas termasuk di sekitar kita. Bahkan diperkirakan sekitar 80% manusia pernah mengalami konstipasi atau sembelit. Penyebab umum konstipasi atau sembelit yang berada disekitar kita antara lain karena sedang menjalankan ibadah puasa, kekurangan cairan tubuh atau dehidrasi, menderita panas dalam, stres dalam pekerjaan, aktivitas yang padat, pengaruh hormon dalam tubuh, sedang dalam masa kehamilan, kelainan anatomis pada sistem pencernaan, gaya hidup yang buruk, efek samping akibat meminum obat tertentu (misalnya obat antidiare, analgesik, dan antasida), kekurangan asupan vitamin C, disebakan oleh penyakit, menahan rangsangan untuk buang air besar dalam jangka waktu yang lama dan seharusnya segera dikeluarkan dan dibuang, kekurangan makanan berserat, karena usia lanjut, dan masih banyak lainnya.
[sunting] Tanda dan gejala

Gejala dan tanda akan berbeda antara seseorang dengan seseorang yang lain, karena pola makan, hormon,gaya hidup dan bentuk usus besar setiap orang berbeda-beda, tetapi biasanya gejala dan tanda yang umum ditemukan pada sebagian besar atau terkadang beberapa penderitanya adalah sebagai berikut:

* Perut terasa begah, penuh, dan bahkan terasa kaku.
* Tubuh tidak fit, tidak nyaman, lesu, cepat lelah, dan terasa berat sehingga malas mengerjakan sesuatu bahkan terkadang sering mengantuk.
* Sering berdebar-debar sehingga cepat emosi yang mengakibatkan stres sehingga rentan sakit kepala atau bahkan demam.
* Aktivitas sehari-hari terganggu karena menjadi kurang percaya diri, tidak bersemangat, dan tubuh terasa terbebani yang mengakibatkan kualitas dan produktivitas kerja menurun.
* Tinja atau feses lebih keras, lebih panas, dan berwarna lebih gelap daripada biasanya, dan lebih sedikit daripada biasanya.
* Pada saat buang air besar feses atau tinja sulit dikeluarkan atau dibuang, tubuh berkeringat dingin, dan terkadang harus mengejan ataupun menekan-nekan perut terlebih dahulu supaya dapat mengeluarkan dan membuang tinja (bahkan sampai mengalami ambeien).
* Bagian anus atau dubur terasa penuh, tidak plong, dan terganjal sesuatu disertai sakit akibat bergesekan dengan tinja atau feses yang kering dan keras atau karena mengalami ambeien atau wasir sehingga pada saat duduk terasa tidak nyaman.
* Lebih sering buang angin yang berbau lebih busuk daripada biasanya.
* Usus kurang elastis (biasanya karena mengalami kehamilan atau usia lanjut), berbunyi saat air diserap usus, terasa seperti ada yang mengganjal, dan gerakannya lebih lambat daripada biasanya.
* Menurunnya frekwensi buang air besar, dan meningkatnya waktu buang air besar (biasanya buang air besar menjadi 3 hari sekali atau lebih).

Sedangkan untuk konstipasi yang kronis atau obstipasi, gejala pada penderitanya tidak terlalu berbeda hanya saja sedikit lebih parah yaitu:

* Perut terlihat seperti sedang hamil dan terasa sangat mulas.
* Tinja sangat keras dan berbentuk bulat-bulat kecil.
* Frekwensi buang air besar dapat mencapai berminggu-minggu.
* Tubuh sering terasa panas, lemas dan berat.
* Sering kurang percaya diri dan terkadang ingin menyendiri.
* Te

susah buang air besar hinga bertahun- tahun berbahaya gak?
Q.

A. Susah buang air besar bertahun-tahun ini maksudnya bukan tidak BAB selama bertahun-tahun kan, tapi kemungkinan seperti 2-3 hari baru BAB dan ini sudah berlangsung bertahun-tahun kan...

Susah BAB jika berlangsung teru menerus menyebabkan penumpukan racun/zat-zat yang tidak diperlukan oleh tubuh (dari makanan), hal ini dalam jangka pendek akan menyebabkan gangguan seperti wasir/ambeien, sedangkan dalam jangka panjang dapat menyebabkan kanker usus.

Untuk mencegah hal ini, perlu diperbaiki pola makan dan hidup. Seperti makan secara teratur dengan jumlah serat dan air putih yang cukup, tidak menunda BAB, dan tidu cukup.
Ada baiknya mulai dengan deeeetoksifikasi, yaitu pembuangan racun-racun dalam tubuh dengan cara selama 3 hari hanya mengkonsumsi buah, baiknya apel dan tomat, tanpa makan makanan lain dan hanya minum air putih. Dengan demikian ada pembersihan pencernaan secara keseluruhan. Setelah itu mulailah untuk mengubah pola hidup dan makan.

kenapa junk food gak sehat?
Q. banyak bgt orang yang bilang klo junk food itu gak sehat.
tapi sebenarnya, gak sehatnya tuh di mananya sih??
kan klo dipikir, klo kita beli ayam trus bwt ayam goreng sendiri
kdg" tepungx make yang dari tarasajiku. sausnya juga dari abc sachetan/botolan.
klo gitu sama aja kita bikin junk food sendiri kn??
truss klo 'emang beneran' sama aja, kenapa banyak yang mengigatkan gak boleh makan di kfc, mcd, pizza hut, burger king dll??
pdhl kita sendiri juga buwat junk food di rumah.

A. Junk food adalah istilah untuk makanan yang jumlah kandungan nutrisinya terbatas. Makanan yang tergolong dalam kategori ini adalah makanan yang kandungan garam, gula, lemak, dan kalorinya tinggi, tetapi kandungan vitamin, protein, mineral dan seratnya rendah. Padahal, kamu tahu, semua zat gizi itu sangat dibutuhkan untuk kesehatan tubuh kita.

Selain itu, junk food mengandung banyak sodium, saturated fat, dan kolesterol. Bila zat-zat itu tertimbun banyak di tubuhmu, dapat menimbulkan banyak penyakit. Dari penyakit ringan sampai penyakit berat, seperti darah tinggi, gangguan jantung, dan kanker. Iiiih serem!

Kok, Bahaya, Sih?

Sodium > adalah bagian dari garam. Dalam tubuh, jumlahnya enggak boleh lebih dari 3300 miligram. Itu pun dalam tubuh orang dewasa! Kebanyakan sodium dapat meningkatkan aliran dan tekanan darah sehingga dapat menyebabkan tekanan darah tinggi yang dapat merembet ke gangguan ginjal, penyakit jantung, dan stroke.

Makanan yang banyak mengandung sodium:
· French fries
· Ayam goreng
· Burger
· Cheese burger
· Bologna
· Pizza
· Segala jenis snack
· Keripik kentang
· Mi Instan
· Sayuran dalam kaleng
· Penyedap
· Soy sauce
· Garlic salt
· Onion salt
· Garam meja

Satured fat > adalah jenis lemak yang merangsang hati kita untuk memproduksi banyak kolesterol. Kolesterol sendiri didapat dengan dua cara. Pertama, dihasilkan oleh tubuh. Kedua, berasal dari produk hewan yang kita makan. Sebenarnya, kita enggak perlu menambahkan kolesterol masuk dalam tubuh karena tubuh kita sudah menghasilkan kolesterol.

Kolesterol banyak terdapat dalam daging, ikan, telur, butter, susu, dan keju. Bila jumlahnya banyak, kolesterol dapat menutup saluran darah. Tersumbatnya saluran tersebut mengakibatkan pasokan darah dan oksigen dalam darah tidak lancar ke seluruh tubuh, termasuk ke otak. Kamu tahu, seretnya pasokan darah dan oksigen ke otak dapat menyebabkan stroke.

Satu lagi, tingginya jumlah satured fat dapat menimbulkan kanker, terutama kanker usus dan kanker payudara!

Gula > terutama gula buatan, enggak baik untuk kesehatan karena dapat menyebabkan penyakit gula atau diabetes, kerusakan gigi, dan obesitas.

Makanan atau minuman yang mengandung banyak gula, antara lain cake, cookies, dan minuman bersoda (soft drink). Di antara semua di atas, minuman bersoda mengandung paling banyak gula. Pada satu kaleng minuman bersoda, mengandung sedikitnya sembilan sendok teh gula. Padahal, seharinya tubuh kamu cuma butuh empat gram atau satu sendok teh. Enggak boleh lebih! Bayangin, kalau seharinya kamu minum soft drink dua sampai tiga kaleng. Berapa banyak gula menumpuk dalam tubuhmu?

Perlu kamu ketahui, minuman bersoda enggak cuma mengandung banyak gula, tetapi juga mengandung kafein dan zat-zat adiktif lainnya.

Jadi, gimana, dong? Sedapat mungkin, stop junk food!
Biasakan sarapan dan makan di rumah sehingga keinginan ngemil pun dapat sedikit berkurang.
Kalau ngemil, lihat kandungan makanan yang tertera pada kemasannya. Perhatikan jumlah gram lemaknya. Setiap lima gram lemak, setara dengan satu sendok makan. Jadi, kalau di situ tertulis memiliki 27 gram, artinya makanan itu mengandung lima setengah sendok makan. Jumlah itu tergolong sehat kalau setara dengan 30 persen dari total kalori. Kalau lebih, artinya makanan itu mengandung lemak berlebih. Dengan cara itu, kamu dapat memilih mana makan yang mengandung lemak dalam jumlah yang aman. Jadi, kamu enggak harus paranoid terhadap lemak karena lemak juga dibutuhkan oleh tubuh. Dengan cara yang sama, perhatikan juga kandungan sodiumnya.

Kalau ngebet banget ingin makan junk food, makanlah dalam porsi kecil. Kalau enggak tersedia porsi kecil, belilah satu porsi, terus share dengan temanmu.
Minum air putih sebanyak-banyaknya setelah makan junk food. Air putih membantu proses pembuangan racun-racun yang masuk bersama makanan ke dalam tubuhmu.
Imbangi junk food yang kamu makan dengan sayuran dan buah-buahan. Kandungan gizi dalam sayur dan buah melengkapi kekurangan pada junk food.
Jangan biasakan ngemil sambil nonton TV. Kalau pengen banget ngemil sambil nonton film atau acara favoritmu, batasi jumlahnya dan jangan nambah lagi.




Powered by Yahoo! Answers

No comments:

Post a Comment

Post a Comment