Saturday, February 9, 2013

pemulihan patah tulang?

Q. teman saya mengalami patah tulang, clavicula dextra dan fractur scapula margo superior..
proses penyambungan tulangnya seperti apa y, dan berapa lama?

A. terapi utama ialah imobilisasi pada area patah tulang dengan sling ( sperti diikat dengan kain ),,, usia mempengaruhi dari masa recovery fraktur ( patah tulang ),, pada 3 bulan pertama area fraktur akan membentuk hematoma atau bekuan darah yang selanjutnya akan membentuk jaringan tulang baru yang dimulai seperti anyaman diantara tulang yang patah,,,, suplement kalsium dapat membantu dalam proses ini,,, dan satu hal yang perlu diperhatikan jika terjadi fraktur terbuka,,, usahakan untuk mempertahankan prinsip steril pada perawatan luka,,, karena risiko terjadi komplikasi osteomielitis ( infeksi tulang ) yang akan menjadi penyulit proses penyambungan tulang.

cara cepat pemulihan patah tulang?
Q. cara merawat patah tulang selama pemulihan

A. Prinsip penyembuhan patah tulang adalah imobilisasi (tidak bergerak). Makanya ada yang digips, dipasang pen, semuanya bertujuan, supaya segmen-segmen yang patah tidak saling bergerak, karena kalo bergerak terus, tidak akan pernah menyambung, apalagi kalo segmen-segmennya tidak saling bertemu, tidak akan pernah nyambung.
Ibaratnya pohon, kalo patah, yah tempel aja yang patah, kemudian diikat, nanti dia bisa nyambung lagi. Nah, tulang juga sama seperti itu.
Bedanya, manusia itu kan lebih aktif daripada tumbuhan yang tidak bergerak. Manusia tetap punya kebutuhan untuk bergerak (bisa patah tulang, karena ada pergerakan kan?). Jadi dengan teknologi gips dan pasang pen, memungkinkan manusia untuk bergerak walaupun sedang patah. Tapi kalo tidak dipasang pen atau gips, maka lebih sulit untuk mempertahankan kestabilan tulang yang patah, jadi musti diem terus, karena bergerak dikit aja, pasti sebenarnya ada pergeseran segmen yang patah, akibatnya sulit buat nyambung.
Cuman kalo manusia dibuat diem aja terus-terusan nggak boleh bergerak, maka biasanya ada efek samping. Coba aja duduk di ranjang, berjam-berjam, pantat panas, 2 hari lagi kalo tetep duduk terus di ranjang, tanpa bergerak, nggak jalan ke kamar mandi, pasti pantatnya jadi lecet. Akibatnya sembuh patah tulang, tapi pantat lecet, penuh luka. Itu baru pantat, coba kalo musti tiduran terlentang, bisa lecet2 di punggung. Jadi kalo mau tetap aktif walau sedang patah, yah ke dokter bedah tulang, operasi (pasang pen atau gips).

apakah fungsi pen bagi penderita patah tulang?
Q. patah tulang di pasang pen dari besi
jelas kan

A. sebenarnya proses penyembuhan tulang itu akan berjalan secara sendirinya melalui proses metabolisme tubuh kita sendiri, namun dengan adanya pen, akan sangat membantu proses penyembuhan tulang agar sempurna dengan cara memfiksasi posisi tulang yang patah agar pada akhirnya tersambung sempurna.

bukannya tidak mungkin juga tulang yang patah untuk tersambung sempurna kembali tanpa memasang pen, namun untuk beberapa kasus, seperti pada patah tulang terbuka, penting sekali peran pemasangan pen agar terjadi penyembuhan tulang yang sempurna.

apa obat untuk patah tulang lengan kiri bagian atas?
Q. umur yang patah tulang 45 tahun jenis kelamin wanita

A. Secara umum sel-sel tubuh manusia sudah didesain untuk bisa memperbaiki kerusakan yang terjadi. Untuk patah tulang, material yang digunakan adalah Kalsium. Kita hanya bisa memprovide materialnya saja tetapi yang mengerjakan perbaikannya adalah sel tubuh itu sendiri.

Yang dapat kita bantu adalah jangan sampai ada pergeseran pada area fracture tersebut. Sehingga perbaikan yang dilakukan oleh sel, dimana biasanya membutuhkan waktu yang cukup lama untuk hasilnya menjadi firm / kokoh, tidak bergeser.

Satu lagi yang mendukung penyembuhan adalah memastikan apakah pengangkutan "material" tadi tidak mengalami hambatan. Karena percuma saja kita mengkonsumsi banyak kalsium namun sedikit yang mencapai targetnya bukan. Untuk hal ini harus dilihat apakah si penderita mempunyai kadar kolesterol, kadar gula, atau kekentalan darah yang tinggi. Sebab adanya ketiga hal diatas menyebabkan transportasi kalsium menjadi terganggu yang mengakibatkan waktu penyembuhan menjadi relatif lebih lama.

Untuk wanita, harus dilihat juga apakah ybs telah mengalami pengeroposan tulang (biasanya akibat mempunyai anak). Karena bila sudah ada pengeroposan maka kalsium yang diangkut (yang jumlah nya fixed dan tergantung dari kapasitas transportasi pada darah - lihat paragraph sebelumnya) akan juga dipakai untuk mengatasi pengeroposan tersebut... sehingga otomatis waktu penyembuhan akan lebih lama lagi.

patah tulang betis. apakah bisa normal lagi . . . ? ?
Q. aku pria 22th, mengalami patah tulang betis ( tulang kecil & besar, yg di pen yg besar), skrng sdh 70 hari dari operasi, rutin minum obat dan auspan kalsium. apakah tulang saya skrng sudah nyambung dan bisa berjalan normal lagi tanpa bantuan krek.. .?

A. meskipun udah oprasi,terapy,thretment,tetep aja gak akan bisa seperti semula lagi.meskipun kelak pen udah dilepas dan tidak pakai krek lagi tapi tetep aja gak akan sempurna seperti awal.bahkan kadang terasa nyeri dll apa lagi di betis.aku juga pernah mengalami patah tulang bahkan ampe dioprasi dan dipasang pen tapi setelah pen dilepas dan sudah lebih dari 6tahun sekalipun masih aja tampak bedanya dari sebelumnya.




Powered by Yahoo! Answers

No comments:

Post a Comment

Post a Comment