Thursday, February 21, 2013

Apakah kalian tahu fungsi air bagi tubuh kalian?

Q. Kekurangan cairan tubuh akan membuat orang susah konsentrasi dan cepat merasa lelah. Tak hanya menjaga fungsi otak dan otot, air di dalam tubuh memiliki beragam manfaat di setiap organ sehingga harus dijaga agar jangan sampai dehidrasi.

Dehidrasi atau kekurangan cairan terjadi ketika tubuh kehilangan cairan dalam jumlah yang banyak. Selain lewat keringat, cairan tubuh juga dikeluarkan dalam bentuk air kencing maupun uap air yang dilepaskan dari permukaan kulit dan saat berbicara.

Fungsi air di beberapa organ tubuh seperti dikutip dari Huffingtonpost, Selasa (23/8/2011) adalah sebagai berikut.

1. Otak
Kadar air yang cukup di dalam tubuh membuat ingatan lebih tajam, suasana hati lebih stabil dan semangat tetap terjaga. Sebaliknya saat kurang minum, suplai oksigen ke otak berkurang dan susunan saraf di otak mengalami penyusutan yang bersifat sementara.

2. Bibir
Banyak minum akan membuat kelembaban bibir dan kerongkongan sehingga tidak, sehingga tidak terasa kering. Tenggorokan kering dan bibir pecah-pecah yang disebabkan oleh kekurangan air kadang bisa juga menyebabkan bau mulut tidak sedap dan bahkan memicu gigi berlubang.

3. Jantung
Ketika tubuh kekurangan cairan, volume darah berkurang sehingga jantung harus bekerja lebih keras untuk bisa memompanya ke seluruh tubuh. Jika tidak diimbangi dengan minum yang banyak, sel-sel otot akan kekurangan oksigen sehingga lebih cepat merasa lelah saat beraktivitas.

4. Pembuluh darah
Saat suhu di dalam tubuh memanas, pembuluh darah akan melebar agar darah yang lewat bisa melepaskan panas ke lingkungan sekitar. Saat tubuh kekurangan cairan, pelebaran pembuluh darah terjadi lebih lambat sehingga tubuh lebih cepat kepanasan.

5. Sendi dan otot
Cairan sangat dibutuhkan oleh otot dan sendi saat tubuh melakukan aktivitas fisik yang berat. Cairan membuat metabolisme energi di otot berlangsung lebih efisien sehingga tidak cepat lelah, serta menjaga kelenturan dan pelumasan sendi sehingga tidak mudah mengalami radang.

6. Kulit
Saat mengalami dehidrasi parah, kulit akan kehilangan elastisitasnya sehingga mudah menjadi keriput. Berbeda dengan kulit kering akibat pengaruh sabun atau bahan kimia lainnya, kulit kering akibat kurang minum akan sulit diatasi jika sudah menyebabkan keriput.

7. Ginjal
Fungsi ginjal adalah menyaring darah dan membuang kotorannya melalui urine, sementara cairan tubuh membantunya dengna melarutkan kotoran-kotoran itu agar lebih mudah disaring. Kondisi kekurangan cairan tubuh dapat mengganggu fungsi ginjal, memicu infeksi sakuran kemih dan batu ginjal.

BQ: berapa air yg anda konsumsi per hari ?

met pagi :)

A. Sbener'y saya dah tau fungsi air bg tubuh , tapi info yg ini lbh lengkap . . . Trims

Bq : kira2 cuma 4 gelas . . . Aq gg suka minum banyak2 :(

gimana ya cara ngilangin penyakit suka lupa....????
Q. sering lupaan nih.kadang juga susah konsentrasi.gmn y?

A. sering lupa apa dulu nih???

tp ak puny sdikit tips...

selalu catat hal2 yg ingin km lakuin (di note, handphone, atau dimana aja.. yg penting barang itu slalu ada di dkt km)

megapa banyak anak cendrung hiperaktif?
Q. Mengapa sekarang ini banyak anak-anak tumbuh dengan gangguan susah konsentrasi dan cendrung hiperaktif. Kalau dibanding dengan dulu mengapa jumlah anak-anak dengan gangguan seperti diatas jumlahnya meningkat pesat, apakah penyebabnya?

A. karena sewaktu Ibu hamil yang mengalami masalah berat badan berlebihan didakwa berisiko untuk mendapat anak hiperaktif,
Kajian & ungkapan ini berkenaan dan sangat berperan bagi pertumbuhan anak di masa mendatang adalah pertama kali dibuat untuk mengaitkan berat badan ibu ketika hamil dengan masalah tumpuan anak-anak mereka.

Kumpulan penyelidik berkata, penemuan mereka bukan saja mempunyai kaitan dengan ibu yang mempunyai masalah berat badan tetapi juga mereka yang mempunyai berat badan berlebihan secara sederhana.
Penyebab Hiperaktif diantaranya":

1.. Faktor Genetik
a.. Anak laki-laki dengan eksra kromosom Y yaitu XYY.
b.. Kembar satu telur lebih memungkinkan hiperaktif dibanding
kembar dua telur.
c.. Faktor Lingkungan
Racun atau limbah pada lingkungan sekitar bisa menyebabkan
hiperaktif terutama keracunan timah hitam (banyak terdapat pada asap knalpot
berwarna hitam kendaraan bermotor yang menggunakan solar).
d.. Faktor Kultural dan Psikososial
Si anak hiperaktif dan impulsif lebih banyak pada keluarga tanpa
ayah.
e.. Faktor Neurologik
Penelitian menunjukan, anak hiperaktif lebih banyak disebabkan
karena gangguan fungsi otak. Adanya brain damage akibat kesulitan pranatal
atau perinatal, penyakit berat, cidera otak.

ini penyakit apa sih? stroke apa bukan?
Q. gejalanya:
1. migren, tapi seluruh badan juga terasa sakit, cth: pas migren kanan, seluruh badan yang kanan nyeri, tangan kanan pegel, kaki kanan pegel, tapi yang kiri normal

2. leher kaku

3. susah konsentrasi

4. tambah pusing kalau ngeliat cahaya

5. kalo ngomong suka belibet

apa ini stroke

A. Itu bukan Stroke,, kalo stroke,, anggota badan susah ubtuk d gerakkan,,

,,,___,,,

kenapa kepala aku sering ngerasa berat?
Q. kenapa ya ? tapi berat disini bukan berarti kaya pusing gitu, kaya berat aja trus aku sering susah konsentrasi dan melakukan apapun dengan benar... sebenernya aku kenapa ya gimana cara nyembuhinnya? trus gimana cara meningkatkan konsentrasi. tolonginya :(

A. loe stres kali... coba rileks n santai dikit... mis: denger musik slow sambil pejemin mata n jgn ngebayangin apa apa....

mudah2an membantu....




Powered by Yahoo! Answers

No comments:

Post a Comment

Post a Comment