Thursday, April 3, 2014

Gimana cara menghitung atau rumus berat badan ?

Q.

A. 1. Berat Badan Normal

Berat Badan Normal = Tinggi Badan - 100
Contoh :
Jika tinggi kita dari ujung kaki hingga ujung kepala adalah 160 cm maka berat badan normal kita adalah 160 - 100 = 60 kg.

2. Berat Badan Ideal

Berat Badan Ideal = (Tinggi Badan - 100) - ( 10% tinggi badan -100)

Contohnya : Jika tinggi badan kita adalah setinggi 150 cm, maka berat badan ideal kita adalah (150 - 100) - (10% x (150 - 100) = 50 - 5 = 45 kg.

Dari hasil tersebut dapat kita ketahui apa yang terjadi dengan diri kita dengan membandingkan hasilnya berikut di bawah ini :

- Kelebihan Berat Badan / Overweight = Hasilnya 10% s/d 20% lebih besar
- Kegemukan / Obesitas / Obesity = Hasilnya lebih dari 20% dari yang seharusnya
- Kurus = Hasilnya 10% kurang dari yang seharusnya.

program diet utk menambah berat badan?
Q. gw umr 23 th tb 162cm bb 47 kg gol darah o

A. Untuk menambah berat badan bagi orang yang sulit gemuk, anda harus lebih sering makan, setidaknya 3 jam sekali harus ada makanan yang masuk ke tubuh dalam porsi sedang. Ini berarti anda harus menambah jumlah kalori yang masuk ke tubuh setiap hari. Makanlah seperti biasa dulu selama seminggu, lalu catatlah berapa rata2 jumlah kalori yang anda makan tiap hari dan timbanglah badan anda pada akhir minggu. Pada minggu kedua tambahkan ekstra 500 kalori makanan per hari, dan bagilah porsi makanan per hari menjadi lebih kecil untuk 5-6 kali makan. Jadi anjurannya adalah anda rata2 harus makan tiap 3 jam sekali tapi dalam porsi yang lebih kecil. Perbandingan antara asupan karbohidrat, protein dan lemak yang ideal bagi orang kurus adalah 50% : 30% : 20%. Anda tetap bisa makan golongan karbohidrat kompleks dengan nilai glikemik tinggi tanpa perlu takut menjadi gemuk, misalnya nasi putih, kentang, mie telor, bihun, jagung manis, roti putih, dsb karena tubuh anda kurus dengan asumsi metabolisme anda sangat tinggi, sehingga walaupun anda mengkonsumsi karbohidrat yang cepat serap, tubuh anda akan sulit menumpuk lemak berlebih karena proses metabolisme yang hebat tadi. Namun imbangilah dengan mengkonsumsi protein tinggi dari misalnya daging yang rendah lemak, dada ayam, ikan tuna, salmon, dsb; juga buah2-an berserat dan sayuran hijau sebagai sumber nutrisi mikro dan antioksidan.

Lakukanlah olahraga yang bisa menaikkan berat badan secara proporsional yaitu kombinasi latihan beban dan renang. Saya sarankan anda bisa 3 kali latihan beban dan 2 kali renang dalam seminggu. 2 hari lainnya adalah off day anda. Renang termasuk olahraga kardio, tetapi yang tidak banyak membuang kalori anda dibanding latihan kardio lainnya, jadi anda akan mempunyai cadangan glikogen yang cukup dalam tubuh untuk mempertahankan berat badan anda terhadap metabolisme tinggi dan stress latihan beban. Dua jenis olahraga ini akan merangsang nafsu makan anda sekaligus pertumbuhan otot anda, jadi menurut saya sangat efektif apabila rutin dilakukan. Jika anda hanya menambah kalori harian saja tanpa mau menambah massa otot anda, maka sekalipun berat badan anda naik, maka kenaikan berat itu lebih banyak ke faktor penambahan prosentase lemak di tubuh anda.

Jangan pesimis dulu jika berat badan anda masih sulit naik. Kenaikan yang ideal dan sehat hanya dianjurkan 1/2 - 1 kg per minggu. Jika pada akhir minggu kedua berat badan anda tetap tidak naik, maka tambahkan kalori sebanyak 250 lagi per hari pada minggu ketiga, dst. Konsistensi, disiplin dan kerja keras adalah kunci keberhasilan usaha anda.

Good Luck!

berapa dan bagaimana mendapatkan berat badan ideal?
Q. umur saya 14 tahun berat badan 66 kg dan tinggi 168 sampai 170 an berapa berat badan ideal saya ? dan bagaimana cara yang tepat untuk mendapatkan berat badan ideal itu ?

A. Berat Badan Ideal = (Tinggi Badan - 100) - ( 10 % tinggi badan -100)
Dengan hitungan rumus tersebut berat badan ideal anda adalah 62,8 sampai 63 kg....

Berikut beberapa cara untuk mendapatkan berat badan yang ideal

1. Ukur berat badan Anda setiap hari.
Ketika skala naik dalam grafik yang berulang sekali setiap beberapa hari, itu berarti Anda harus memperhatikan asupan makanan Anda atau anda dapat mulai meningkatkan latihan tubuh Anda.

2. Mengkonsumsi buah dua kali sehari.
Buah tidak memiliki lemak dan sebagian besar zat yang terkandung adalah air yang membuat Anda kenyang lebih lama. Buah mengandung serat tinggi dan efektif untuk membakar asupan kalori Anda.

3. Bentuk kurva Anda tiga kali seminggu.
Lakukan push up, scotch jump dan jongkok selama lima menit dengan 30 detik istirahat di antaranya. Latihan ini baik untuk membentuk tubuh. Semakin otot Anda mendapatkan, semakin tinggi metabolisme tubuh yang akan terbentuk untuk membakar lebih banyak kalori dalam aktivitas Anda.

4. Ajak sahabat anda.
Ketika Anda terjebak dalam sensasi makanan yang menggoda, seorang sahabat adalah solusi cepat untuk menjadi pengingat dan mencegah Anda melakukan hal-hal yang akan anda sesali. Biasanya keinginan tinggi untuk menyantap makanan berlangsung selama 5 menit, panggil teman anda dan ngobrollah dengannya, setelah Anda selesai mengobrol, rasa keinginan anda yang tadinya sangat tinggi, perlahan-lahan akan hilang.

5. Visualisasikan diri Anda sendiri.
Akan ada saat ketika Anda merasa bosan dan menganggap semua rencana diet Anda akan menjadi limbah. Bayangkan diri Anda berada di postur ideal yang Anda impikan. Buatlah itu sebagai motivasi untuk mencapai tujuan Anda. Perlu bantuan? Cobalah letakkan foto Anda atau pakaian dari masa lalu yang menunjukkan Anda pada berat badan ideal Anda.

6. Tidur lebih lama di malam hari.
Bangunlah kebiasaan tidur 30 menit lebih awal dan bangun 30 menit lebih lama dari jadwal normal Anda. Bila Anda memiliki jumlah waktu tidur yang baik, Anda tidak akan merasa gelisah dan memiliki kecenderungan untuk memilih makanan sehat dibandingkan dengan snack/cemilan. Tidur juga mengurangi stres dan baik untuk kesehatan Anda secara keseluruhan....

bagaimana cara menmbahkan berat badan?
Q.

A. Kurus? Ingin meningkatkan/menaikkan berat badan?
Anda yakin anda termasuk orang kurus? dan berapa berat badan ideal untuk anda sebagai target? Silahkan tentukan dulu target anda. Hitung dulu dengan Kalkulator Body Mass Index, dapatkan angka untuk berat badan ideal.

Body Mass Index (BMI) idealnya 18,5 hingga 24,9. Jika BMI anda dibawah 18,5 maka anda memang kurus, dan sebaliknya jika BMI diatas 24,9 berarti kelebihan berat badan.

Pada dasarnya untuk meningkatkan berat badan anda hanya perlu menambah asupan kalori per hari.

Idealnya seorang pria aktif membutuhkan 2200 kkal seitap hari, dan untuk wanita sekitar 1900 kkal. Jika anda ingin naik berat badan setengah kilo dalam waktu satu minggu maka anda membutuhkan ekstra kalori sebanyak 1000 kkal.

Sekarang pertanyaannya bagaimana anda bisa memakan sekitar 3000 kkal setiap hari? Simak tips berikut ini:

1. Yang normal:
Tetap konsumsi makanan tetap anda, jika anda makan nasi 3 kali sehari, jangan kurangi porsi anda, lakukan seperti biasa. Misalkan:
- 1x jam 6 pagi
- 1x jam 12 siang
- 1x jam 6 sore
2. Yang Extra:
Manfaatkan waktu diantara jam-jam makan anda tersebut untuk memakan cemilan extra. Misalkan
- 1x jam 9 pagi: 100 gram Muffin (350 kkal), atau hamburger (300 kkal), atau 100 gram peperoni pizza (250 kkal)
- 1x jam 3 sore: 100 gram Biskuit (450 kkal), atau 100 gram Kue Brownies (430 kkal)
- 1x jam 9 malam: 100 gram Milk Shake + 100 Pie Aplle (380 kkal), atau 100 gram Milk Shake + 100 gram Cheeseburger (350 kkal).

Masih kurang? Ingin ekstra cepat? Coba pakai suplemen penambah berat badan seperti âWeight Gainâ dari Appeton atau âGain Fastâ dari Universal, di toko-toko suplemen.
Dan ini adalah formula cepat untuk meningkatkan berat badan (1500 kkal extra):
- 1 liter susu murni low fat
- 3 sekop Gain Fast/Weight Gain
- 2 putih telur
- 1/2 kilogram ice cream low fat
- 2 sendok makan susu kental
- 1 cup Elle & Vire Fruits, rasa strawberry atau rasa kesukaan anda
- 2 sendok makan madu
- 1 pisang
Aduk semuanya dengan blender, simpan dalam kulkas, bagi tiga untuk anda makan/minum diantara makan pagi dan siang, diantara makan siang dan malam, dan sebelum tidur.

Untuk memulai mungkin anda harus sedikit-sedikit dulu, mungkin hari pertama menambah 300 kkal saja darri kebiasaan anda, tingkatkan menjadi 500 kkal, terus hingga 1000 ekstra kkal. Tubuh anda butuh penyesuaian, jangan menyerah di minggu pertama, mungkin prosesnya bisa memakan waktu hingga 3 bulan, tergantung disiplin anda.

Hasil juga akan ditentukan oleh sistem metabolisme anda.
Selamat mencoba!

bagaimana ya cara nambahin berat badan?
Q. yg jawabannya bagus °âââââ°

A. Tips supaya berat badan menjadi bertambah dan berisi
berikut adalah tipsnya supaya anda cepat dalam melakukan
usaha meningkatkan atau menambah berat badan secara
alami dan bertahap.
sebelumnya saya pernah menuliskan tentang cara
meninggikan badan juga tips diet yang aman silahkan baca
bila andatertarik dengan artikel tersebut.
baiklah kalau begitu kita langsung saya ke topik pembahasan
Cara Menambah Berat Badan dengan cara yang alami dan
sangat bisa dilakukan oleh siapa saja.
1. Olahraga
Dengan olahraga tubuh akan menjadi sehat, sehingga fungsi
tubuh pun akan baik. Usahakan setidaknya dalam satu
minggu minimal olah raga sekali. Dengan bentuk olah raga
yang dapat membuat anda setidaknya berkeringat.
2. Minum susu
Susu selain sehat juga dapat menggemukkan badan anda,
khususnya susu full cream. Disarankan untuk minum susu
jenis full cream dua kali sehari.
3. Kunyah makanan
Saat makanan di dalam mulut maka kunyahlah sampai
halus. Hal ini dilakukan untuk mempermudah kerja
lambung. Apalagi makan-makanan yang sulit dicerna.
Karena selain di mulut tidak ada lagi gigi di tempa tlain.
4. Makan dengan teratur
Setiap hari makanlah dengan teratur. Selalu sarapan di pagi
hari, makan siang tepat waktu kemudian makan malam.
Dan di antaranya dapat diselingi makanan tertentu.
5. Jenis makanan
Jenis makanan yang anda makan sesuaikan dengan aktivitas
anda. Jika anda seorang yang banyak bergerak maka
makanlah yang banyak mengandung karbohidrat atau
lemak. Karena jika kelebihan, maka karbohidrat dan lemak
akan ditimbun. Berbeda dengan protein yang tidak akan
ditimbun tubuh.
6. Tidur yang cukup.
Tubuh kita minimal butuh waktu 8 jam untuk istirahat.
Usahakan untuk selalu tidur siang.
7. Kurangi merokok dan begadang.
Apabila kamu merokok, maka kurangi hal tersebut, dan
apabila kamu sering begadang maka hilangkan kebiasaan
itu.
8. Jika memungkinkan, konsumsi putih telur satu kali
sehari.
9. Periksa kesehatan anda
Jika anda pernah gemuk dan kemudian kurus coba cek
kesehatan anda. Jika bukan karena penyakit maka setidaknya
dengan tips cara cepat menggemukkan badan ini anda
sudah ada perubahan dalam waktu satu bulan.
Nah jika semua tips Cara Menambah Berat Badan diatas
anda lakukan insya Allah semua usaha anda akan berhasil.
perlu di ingat bila anda mendapati kegagalan mungkin ada
beberapa faktor yang tidak bisa kita hindari, antara lain
adalah faktor genetik, itu salah satunya.




Powered by Yahoo! Answers

No comments:

Post a Comment