Wednesday, May 1, 2013

sembelit???

Q. bagaimana cara mengatasi sembelit pada bayi ?apa obatnya?cara tradisional dengan apa?

A. Ibu, kondisi sembelit pada bayi dapat disebabkan karena susu formula yang diberikan kurang cocok, bisa diganti dengan susu formula lain (lebih baik diganti ASI jika memungkinan) atau diatur kekentalannya . Jika Bayi ibu berusia di atas 6 bulan, Ibu dapat memberikannya jus pepaya.

kucing saya sembelit?
Q. tolong kucing ku umur nya 1 bulan 15 hari, dia sembelit pub nya nyangkut di dubur nya dan g mau keluar sekarang dia lagi kesakitan. kemarin aq bawa ke dokter trus di kasih suntik, dan dianjurkan di kasih kombantrin sirub , habis tuh dia mencret2 selang 2 hari sembelit nya kambuh lagi. makanan nya royal canin kitten,

A. banyak cara yang telah ditawarkan oleh penjawap sebelumnya...
jadi agak bingung, cara apa lagi yang bisa tawarkan,,
tapi bagaimana kalau diberi daun kucing-kucingan?

tumbuhan ini biasanya ditemukan tumbuh liar di pinggir jalan, lapangan rumput, maupun di lereng bukit
Tumbuhan yang berbahasa latin Acalypha indica L ini, diberi nama kucing-kucingan, karena ia memang disuka oleh kucing. Khususnya akar, kucing sangat suka sekali mengunyahnya. Bahkan musuh sang kucing, apalagi kalo bukan anjing, juga doyan menjadikannya makanan tambahan.

beberapa hewan karnivora memiliki insting untuk membuat perutnya menjadi enak, Karena itulah, mereka mencari obat untuk membuat pencernaannya menjadi lancar. Tumbuhan kucing-kucingan, merupakan salah satu herba yang terpilih. Kandungan zat yang ada di akarnya, ternyata mampu membuat BAB dua hewan ini menjadi lancar.

Tumbuhan semusim dengan ciri tegak, memiliki tinggi 30-50 cm. Ia bercabang dengan garis memanjang kasar dan berambut halus. Daunnya tunggal, bertangkai panjang dan letaknya tersebar. Helaian daun berbentuk bulat telur sampai lanset, tipis, ujung dan pangkal runcing, tepi bergerigi, panjang 2.5-8 cm,lebar 1.5-3.5 cm, berwarna hijau.
Bunganya majemuk, berkelamin satu, keluar dari ketiak daun, kecil-kecil, dalam rangkaian berbentuk bulir. Buahnya buah kotak, bulat, hitam. Biji bulat panjang, berwarna cokelat. Akarnya akar tunggang, berwarna putih kotor. Kucing-kucingan dapat diperbanyak dengan biji.

Dari segi sifat dan khasiat, kucing-kucingan memiliki rasa pahit. Sementara sifatnya sejuk dan astrigen. Ia berkhasiat antiradang, antibiotik, peluruh kecing (diuretik), pencahar dan penghenti perdarahan (hemostatis).

Setlah dilakukan penelitian intensif, barulah diketahui kandungan kimia dalam tumbuhan kucing-kucingan. Daun, batang dan akarnya mengandung saponin dan tanin. Batangnya juga mengandung flavonoida dan daunnya mengandung minyak asiri.

seluruh bagian tumbuhan ini dapat digunakan sebagai obat, baik dalam bentuk segar atau yang telah dikeringkan. Ia dikenal bisa mengobati disentri basiler, diesentri amuba dan diare. Selain itu, juga ampuh untuk mengatasi anak dengan berat badan rendah (malnutrisi).

Penyakit lainnya, kucing-kucingan bisa mengatasi gangguan pencernaan makanan (dispepsi), pendarahan, seperti mimisan (epistaksis), muntah darah (hematemesis), berak darah (melena), kencing darah (hematuria) dan malaria. Penyakit khusus lainnya, yakni dapat mengobati masalah susah buang air besar (sembelit).

Kucing-kucingan bisa digunakan untuk pemakaian dalam maupun luar. Untuk obat yang diminum, rebus 9-15 g herba kering atau 30-60 g herba segar. Setelah dingin, saring dan air saringannya diminum.

Sementara pemakaian luar, giling herba segar sampai halus, lalu bubuhkan ke tempat yang sakit, seperti bisul, koreng, luka berdarah, eksim, radang kulit (dermatitis) atau gigitan ular. Cara lain,rebus satu tumbuhan kucing-kucingan seutuhnya. Selanjutnya, gunakan air rebusannya untuk mencuci luka ataupun koreng.

Penyakit disentri amuba, diare dan penyakit dengan perdarahan, bisa diobati dengan cara merebus seluruh bagian tumbuhan kucing-kucingan yang sudah kering sebanyak30-6-g dalam 3 gelas air sampai airnya tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring dan air saringannya dibagi dua (sama banyak). Pengobatan dilakukan sehari 2 kali, masing-masing 1/2 gelas. Lakukan selama 5-10 hari.

Untuk disentri basiler, cuci 30-60 g herba kucing-kucingan kering, 30 g krokot (Portulaca oleracea L.), dan 30 g gula merah, lalu potong-potong seperlunya. Tambahkan 3 gelas air, lalu rebus sampai airnya tersisa 1 1/2 gelas. Lakukan setiap hari sampai sembuh.

Bagi luka berdarah, koreng, bisul, radang kulit dan gigitan ular, cuci 1 tanaman herba segar. Tambahkan 1 sendok teh gula pasir, lalu giling sampai halus. Bubuhkan ramuan ini ke bagian tubuh yang sakit.

Penyakit dermatis, eksim dan koreng, segeralah cuci 1 tanaman herba segar, lalu potong-potong seperlunya. Rebus dalam 3 gelas air sampai mendidh (selama 15 menit). Gunakan ramuan tersebut untuk mencuci bagian tubuh yang sakit selagi hangat.

Dan penyakit sembelit, segeralah cuci 1 tumbuhan segar (berikut akarnya), lalu potong-potong seperlunya. Rebus dalam 1 gelas air sampai mendidih (selama 15 menit). Setelah dingin, saring dan minum sekaligus. Lakukan pada malam hari.

kalau masih belum kebayang bagaimana bentuk kucing-kucingan itu, kamu bisa lihat gambarnya disini
http://hendrinova.files.wordpress.com/2009/02/kucingan2.jpg

Kalau mengalami sembelit dan kembung secara bersamaan, apa bisa menyebabkan usus buntu?
Q. Oya, selain sembelit dan perut kembung, juga maag.
Mohon di jawab bagi yang tau, sekalian obat serta tips penyembuhannya kalo perlu, hehe

A. Sembelit dan kembung secara bersamaan tidak menyebabkan terjadinya usus buntu.

Sembelit : dapat disembuhkan secara alami dengan banyak makanan berserat seperti buah2an dan sayur, minum air hangat dan susu, hindari sementara meminum teh atau kopi.

Untuk kembung dan sakit maag : makan beberapa sendok nasi hangat yg lembut disertai minu air putih hangat, boleh ditambah obat maag jenis ringan yg di jual di apotik seperti : milanta, sanmaag, polisyline, dll.

Gimana caranya mengatasi sembelit pada anak ?
Q. Anak sy usia 3th. Pola makannya selama ini normal. Dia juga suka sayur dan buah2an. Tapi beberapa minggu terakhir dia sering sembelit. Ketika mau BAB, dia selalu mengeluh sakit dan menangis. Kadang2 sy oleskan baby oil supaya BAB nya bisa lancar. Apakah penyebab anak sy jadi sembelit? Apakah karena susu formula yg dikonsumsinya? Anak sy masih minum susu pakai dot ukuran 220ml, sehari 3-4 kali. Itupun tidak terlalu kental. Gimana ya supaya anak sy ga sembelit lagi? Tapi sy ingin cara/pengobatan yg alami, tidak menggunakan obat2an. Mohon infonya !

Terima kasih.

A. kalo memang blm bisa lepas dari susu formula, coba pelan2 dibujuk supaya mau minum susu uht, biasanya susu bubuk mmg akan cenderung bikin sembelit. Kalo anak saya sudah mulai tidak bab dlm 1 hari biasanya saya beri Yakult, atau larutan kaki 3. Biasanya cocok n ga sembelit lagi. Untuk larutan bisa kita tuang saja ke gelas minumnya jadi ga ketauan lagi di obatin. Kalo yakult atau vitacharm rata2 anak2 suka, krn variasi rasanya.

Lomba masak yg bikin orang sembelit selama sebulan penuh? Siapa mau ikut?
Q. Saiia ngadain acara masak-masak, nih,,, Saiia siapkan bahannya, ntar kalian berkreasi bikin menu yg ampuh untuk membuat seorang sembelit selama sebulan penuh,,, Dan ini bahan2nya :

-- Daun mint( pait minta ampun )
-- Daun jambu batu
-- Daun pepaya
-- Daun singkong
-- Daun mangga
-- Daun pisang

Kalian boleh pilih 1 ato lebih ( mo di-mix juga boleh ), untuk bumbunya boleh pake bumbu dapur yg normal,,,,
Kalo masih punya ide, boleh bikin resep jus-nya,,,,

Sebagai penentuan pemenangnya, resep yg kalian buat akan saiia berikan pada orang2 yg kelaparan di Zimbabwe,,,

Resep siapa yg bisa bikin mereka termuntah-muntah + sembelit, dia-lah yg berhak dapet BA,,,,
Ahh,,,saiia lupa,,,

Acara ini dipungut biaya,,,
Yaitu satu bintang/ 1 resep,,,

A. karena saya baik,,,
maka buat piringnya,,,
saya akan mmakai daun pisang...

resep : daun super duper...

alat dan bahan :
-daun mint
-daun jambu batu
-daun pepaya
-daun singkong
-daun mangga
-cabe trpedas di dunia 5 buah (lupa namanya ap)
-jeruk nipis 10 buah yang sangat asam
-gula 2 ember
-garam 1 ember
-daun pisang
-blender

cara membuat :
-campurkan segala daun ke dalam blender
-setelah itu masukkan cabai,gula,beserta garam ke dalam
blender
-setelah rata,tuangkan ke dalam wadah yaitu daun pisang
-peraskan perasan jeruk nipis ke dalam adonan tersebut
-hidangkan sesuai selera

dijaminn sembelit berbulan"...

pedas,asin,manis,pahit,,,
semua jadi satuu...

bahan" it smua,,,
hanya untuk satu porsi...




Powered by Yahoo! Answers

No comments:

Post a Comment

Post a Comment