Monday, April 7, 2014

Tanda-tanda Pertumbuhan tulang?

Q. Apa sih tanda-tandanya tulang tubuh kita menjadi tinggi? Trims atas jawabnya loh..
Oh ya, bagaimana cara2 nya meninggikan badan dengan cara alami, cepat dan gratis?Trims Tips nya ya...

A. Tubuh manusia mengalami perubahan fisik tidak hanyak tulang tubuh melainkan lainnya yang disebut masa pertumbuhan yaiutu kira-kira saat usia remaja.

Tanda-tanda tulang kita menjadi tinggi........
yah, tubuh menjadi tinggi.
Misalnya pada anak remaja dalam 1bulan bisa naik 2-4cm
(asyik kan)
Tiap orang beda-beda, karena tinggi sangat berpengaruh pada genetika.

Tips kecil dari saya :
-banyak minum susu
-minum vitamin yang kaya akan kalsium dan kalium
(tulang yang sehat ga cuma tinggi tapi mesti kuat)
-berolahraga yang dapat meransang pertumbuhan tulang
misal : basket ball
-jangan membiasakan berdiri dengan posisi membungkuk,tapi berdiri sambil menarik kedua bahu hingga sejajar garis lurus

- pasrah aja, kalo memang dikasih ga terlalu tinggi..
he.....he............he.......

Apakah pertumbuhan tulang bayi yang sering jatuh akan bengkok?
Q. Bayi saya 10bulan, sering terjatuh dari tmpat tidurnya. Seorang famili menyarankan agar bayi saya di CT scan saja utk memastikan apakah terjadi pembengkokan pada tulang punggungnya, krn tulang bayi masih lunak dan mudah berubah bentuk, apalagi jika sering terbentur lantai (benda keras) seperti bayi saya, dapat meyebabkan sambungan tulangnya tidak sempurna Tp sampai skrg bayi saya lincah beraktifitas seperti biasa & tdk ada keluhan apa2. Kata famili saya tersebut, tulang yg bengkok memang tdk ada keluhan apa2 dan akan kelihatan saat anak tumbuh besar kelak, katanya hal ini telah terjadi pada 2org anak teman dekatnya, anak mereka tsb menjadi bongkok dan cacat. Para bunda dan dokter.... tolong kasih saya masukan, krn saya sangsi apakah mau melakukan CT scan tsb mengingat anak saya masih terlalu muda, baru 10 bln.... Tolong....

A. Tulang bayi tidak akan bengkok jika saat jatuh tidak terjadi patah tulang atau keretakan tulang. Lagipula proses penyembuhan tulang yang patah pada anak biasanya akan kembali sempurna.
Anak yang terjatuh dari tempat tidur bisa berbahaya bisa juga tidak. Hal ini kadang tidak berhubungan langsung dengan tingginya tempat tidur, karena ada juga anak yang mengalami perdarahan otak padahal letak tempat tidurnya tidak tinggi.
Yang terpenting sekarang adalah jangan sampai anak anda jatuh lagi.
Bila anak jatuh, bagaimana menentukan apakah anak bermasalah atau tidak?
Sebenarnya ada beberapa gejala yang patut diperhatikan.Bila terdapat salah satu gejala, sebaiknya segera bawa anak anda ke rumah sakit terdekat. Adapun gejala yang memerlukan perhatian khusus adalah bila ada perdarahan, kejang terutama kejang fokal (misalnya kejang hanya separuh badan saja), muntah-muntah, kelumpuhan (salah satu alat gerak tidak bisa digerakkan), anak tidak sadar. jika terdapat salah satu saja gejala tersebut, jangan ragu2 untuk membawa anak anda ke rumah sakit terdekat. Saat ini anda cukup berkonsentrasi pada perkembangan anak saja. Bila anak anda bisa berkembang normal berarti tidak ada masalah pada anak anda dan berarti anak anda juga tidak perlu di CT Scan.
Mengenai 2 orang anak teman anda yang ditemukan tulangnya bengkok saat sudah besar, sangat besar kemungkinannya itu adalah kelainan bawaan yang sebenarnya sudah ada sejak lahir dan dengan pemeriksaan yang teliti akan terlihat sejak bayi.


Semoga dapat membantu.

Terimakasih.
Dr. Herbowo SpA

Jelaskan perbedaan antara pertumbuhan tulang dan pembentukan tulang?
Q.

A. pertumbuhan tlg tuh tumbuh dr awal banget. kalo pembentukan tlg, tulg yg udh tumbuh trus terbentuk deh.

Mengapa tulang pada orang dewasatidak dapat mengalami pertumbuhan?
Q. Belajar Biologi un....
Mohon pencerahannya...

A. Pembentukan tulang manusia dimulai pada saat masih janin dan umumnya akan bertumbuh dan berkembang terus sampai umur 30 sampai 35 tahun.

Sampai usia 30 atau 35 tahun (tergantung individual) pertumbuhan tulang berhenti, dan tercapai puncak massa tulang. Puncak massa tulang belum tentu bagus, tapi diumur itulah tercapai puncak massa tulang manusia.

Bila dari awal proses pertumbuhan, asupan kalsium selalu terjaga, maka tercapailah puncak massa tulang yang maksimal, tapi bila dari awal pertumbuhan tidak terjaga asupan kalsium serta giji yang seimbang, maka puncak massa tulang tidak maksimal.
Pada usia 0 â 30/35 tahun, disebut modeling tulang karena pada masa ini tercipta atau terbentuk MODEL tulang seseorang. Sehingga lain orang, lain pula bentuk tulangnya. Pada usia 30 â 35 tahun, pertumbuhan tulang sudah selesai, disebut remodeling dimana modeling sudah selesai tinggal proses pergantian tulang yang sudah tua diganti dengan tulang yang baru yang masih muda. Secara alami setelah pembentukan tulang selesai, maka akan terjadi penurunan massa tulang. Hal ini bisa dicegah dengan menjaga asupan kalsium setelah tercapainya puncak massa tulang. Dengan assupan kalsium 800 â 1200 mg perhari, puncak massa tulang ini bisa dipertahankan. Di pasaran sudah beredar asupan kalsium dan vit.D3 yang dilengkapi EPO mengandung kalsium 400 mg, Vit D3 50 iu dan EPO 400 mg, dengan mengkonsumsi produk tersebut 2 x sehari, bisa mempertahankan puncak massa tulang.Dalam proses pembentukan tulang, tulang mengalami regenerasi yaitu pergantian tulang-tulang yang sudah tua diganti dengan tulang yang baru yang masih muda, proses ini berjalan seimbang sehingga terbentuk puncak massa tulang. Setelah terbentuk puncak massa tulang, tulang masih mengalami pergantian tulang yang sudah tua dengan tulang yamg masih muda, tapi proses ini tidak berjalan seimbang dimana tulang yang diserap untuk diganti lebih banyak dari tulang yang akan menggantikan, maka terjadi penurunan massa tulang, dan bila keadaan ini berjalan terus menerus, akan terjadi osteoporosis

kapan usia maksimal pertumbuhan tulang manusia?
Q.

A. biasanya pada usia pubertas akan mulai menurun. Sekitar umur 12 tahun. Tapi ga semua sama.

Gimana cara taunya? Liat apakah epifisis line udah menutup apa blm. Kita liatnya lewat foto roentgen dari tulang panjang, biasanya pake tangan aja. Nanti diliat deket ujungnya, masih ada garis hitam apa ngga? kalo ngga ada, berarti udah menutup, artinya pertumbuhannya udah tidak maksimal lagi.

Untuk jelasnya sih, ada atlas pertumbuhan tulang, biasanya dokter anak dan spesialis rediologi yang punya.




Powered by Yahoo! Answers

No comments:

Post a Comment