Friday, April 11, 2014

syaraf t7 / bells palsy?

Q. apa sakit bells palsy bisa sembuh total?
bgmana prosedur pengobatan y betul?
apa nutrisi yg hatus ditambahkan supaya bisa cepat sembuh selain obat n fisioterapy? apa ada gerakan / olahraga yg bisa mempercepat penyembuhan? apa yg harus diprhatikan penderita ( pantangan , makan n minumnya,dll) trima kasih sebelumnya semoga jawaban rekan2 / praktisi kesehatan dapat membantu kami.

A. Bell's palsy adalah nama penyakit yang menyerang saraf wajah no 7..sehingga menyebabkan kelumpuhan pada otot wajah disalah satu sisi. Ingat kelumpuhan hanya terjadi di satu wajah yang terkena. Ini yang membedakanya dengan stroke. Ditandai dengan susahnya menggerakkan otot wajah dibagian yang terserang, seperti mata tidak bisa menutup, tidak bisa meniup, dsb. Penyebab kelumpuhan ini masih menjadi perdebatan. Beberapa ahli menyatakan penyebabnya adalah karena terpapar angin dingin disalah satu sisi wajah secara terus menerus, ada juga yang menyatakan hal itu disebabkan oleh virus herpes yang menetap ditubuh dan aktif kembali karena trauma, faktor lingkungan, stres dll. Sebagian penderita bisa sembuh tanpa pengobatan, tapi disarankan untuk menjalani terapi dan pengobatan agar bisa segera sembuh.

Bell's Palsy diambil dari nama Sir Charles Bell, dokter dari abad 19 yang pertama menggambarkan kondisi ini dan menghubungkan dengan kelainan pada syaraf wajah. Meski namanya unik, penyakit ini akan mengganggu secara estetika ataupun fungsi pada wajah. Artinya muka yang terlihat cantik dan bagus di depan kaca itu tidak terjadi dengan sendirinya. Karena, bila salah satu saja syarafnya minta istirahat, maka proporsi wajah menjadi tidak seimbang. Jika tidak ditangani maka akan terjadi kecacatan dengan muka penyok.

PENCEGAHAN

Seperti disarankan oleh Dokter Syaraf agar Bell's Palsy tidak mengenai anda, cara-cara yang bisa ditempuh adalah :

1. Jika berkendaraan motor, gunakan helm penutup wajah full untuk mencegah angin mengenai wajah.

2. Jika tidur menggunakan kipas angin, jangan biarkan kipas angin menerpa wajah langsung. Arahkan kipas angin itu ke arah lain. Jika kipas angin terpasang di langit-langit, jangan tidur tepat di bawahnya. Dan selalu gunakan kecepatan rendah saat pengoperasian kipas.

3. Kalau sering lembur hingga malam, jangan mandi air dingin di malam hari. Selain tidak bagus untuk jantung, juga tidak baik untuk kulit dan syaraf.

4. Bagi penggemar naik gunung, gunakan penutup wajah / masker dan pelindung mata. Suhu rendah, angin kencang, dan tekanan atmosfir yang rendah berpotensi tinggi menyebabkan Anda menderita Bell's Palsy.

5. Setelah berolah raga berat, JANGAN LANGSUNG mandi atau mencuci wajah dengan air dingin.

6. Saat menjalankan pengobatan, jangan membiarkan wajah terkena angin langsung. Tutupi wajah dengan kain atau penutup. Takut dibilang "orang aneh"? Pertimbangkan dengan biaya yang Anda keluarkan untuk pengobatan.

Sebagai catatan :

1. Wanita hamil berpotensi 3X lebih mudah terkena Bell's Palsy daripada wanita yang tidak hamil.

2. Penderita diabetes, perokok, dan pengguna obat-obatan sejenis steroid berpotensi 4X lebih mudah terserang Bell's Palsy daripada orang lain.

3. Rata-rata 40.000 orang Amerika setiap tahun menderita Bell's Palsy.

4. Terakhir, ini adalah catatan beberapa orang terkenal yang pernah menderita Bell's Palsy. Beberapa di antaranya sembuh total, namun tidak sedikit yang tidak sembuh sehingga hingga kini, wajah mereka masih tampak mencong akibat penyakit itu.

Pengobatan yang disarankan dokter adalah fisiotherapy, di mana wajah penderita akan dikompres dengan lampu sinar dan diberi kejutan listrik di sekitar wajah. Namun Anda bisa juga menggunakan alternatif pengobatan lain, seperti akupuntur. Jangan mencampur pengobatan fisioterapi dan akupuntur di waktu bersamaan.

Kenapa syaraf di kepala sering Terganggu?
Q. Setiap kelelahan kepala sering sakit dan pada akhirnya Kena demam terlebih Sakit kepala.
Mengapa demikian?

A. terlalu diforsir kali badannya? kalo badan kita kecapean, syaraf juga jadi pada tegang. coba istirahat dulu, kurangi kopi.

banyak makan sayur. konon daun ubi bisa menambah elastisitas syaraf kita. sayur dan buah-buahan lain juga jangan lupa dikonsumsi. kurangi daging dan jeroan berlemak yang bisa meninggikan kolesterol. karena kolesterol tinggi dan gula yang tinggi juga bisa jadi penyebab darah kita jadi lebih kental dan akibatnya syaraf lebih tegang.

Tentang sistem syaraf manusia^^ Mohon bantuannya..?
Q. 1. Sebutkan bagian otak yang merasakan lapar. Jelaskan jalannya rangsang dimulai saat melihat makanan sampai saat tangan digerakkan untuk mengambil makanan.

2. Berikan satu contoh aktivitas manusia yang melibatkan saraf simpatik dan saraf parasimpatetik.

3. Mengapa orang yang dipukul tengkuknya mudah mengalami pingsan?

4. Apabila orang mendapat serangan, maka orang tersebut akan memberikan gerakan tangkisan. Bagaimana mekanisme munculnya gerakan tangkisan itu apabila gerakan tsb merupakan :
a. gerak refleks?
b. gerak sadar?

A. 1. Otak, khususnya hipotalamus, sangat penting dalam meregulasi lapar
Pusat saraf yang mengatur asupan makanan.
1. Nukleus lateral hipotalamus, berfungsi sebagai pusat makan
2. Nukleus ventromedial hipotalamus berperan sebagai pusat kenyang
3. Nukleus paraventrikular, dorsomedial, dan arkuata

Ketika makanan masuk ke lambung, maka lambung akan mengalami distensi. Peregangan (mekanik) yang terjadi ini menyebabkan sinyal ditransmisikan melalui nervus vagus ke pusat otak khususnya hipotalamus sehingga dari situ kita merasakan lapar

http://sectiocadaveris.wordpress.com/artikel-kedokteran/fisiologi-selera-makan-manusia/

2.aktivitas manusia yang melibatkan saraf simpatik
a.contohnya :
A.Sistem saraf simpatik, yang bertanggung jawab terhadap mobilisasi energi tubuh untuk kebutuhan yang bersifat darurat. misalnya, jantung berdetak lebih cepat dan lebih kuat, tekanan darah meningkat, atau pernapasan menjadi lebih cepat. Sistem saraf simpatik melepas gula dari hati dan adrenalin dari kelenjar adrenal. Untuk lebih jelasnya, pernahkah Anda diminta berbicara di panggung atau dan Anda mengalami demam panggung atau tegang? Yang Anda alami saat itu adalah contoh dan kerja sistem saraf simpatik. Saat Anda mengalami demam panggung, secara fisik yang terjadi adalah: lutut dan tangan Anda gemetar, telapak tangan dan wajah Anda berkeringat, jantung berdebar lebih kencang dan keras, tarikan napas lebih cepat, dan perut terasa tidak enak atau mungkin mual. Semua itu disebabkan karena sistem saraf simpatik sedang in-action sebagai respons dari perasaan takut dan tegang saat berbicara di depan umum.

b, tekanan darah turun, dan respons insting dari kondisi istirahat dan relaksasi. Respons parasimpatik mengakibatkan kita menjadi lebih tenang dan nyaman. Semua itu bertujuan untuk menghemat energi tubuh.

3.Tulang tengkuk merupakan tulang rawan yang terletak di daerah belakang leher. Apabila tulang tengkuk terkena pukulan yang kuat dan keras, akan mengakibatkan terhentinya aliran darah pada sekitar tengkuk beberapa saat, sehigga aliran darah dari tengkuk ke otak terhenti, dan mengakibatkan pingsan

4.a gerak refleks

gerak yang dihasilkan oleh jalur saraf yang paling sederhana. Jalur saraf ini dibentuk oleh sekuen neuron sensor,interneuron,dan neuron motor,yang mngalirkan impuls saraf untuk tipe reflek tertentu.Gerak refleks yang paling sederhana hanya memerlukan dua tipe sel sraf yaitu neuron sensor dan neuron motor.
Gerak refleks disebabkan oleh rangsangan tertentu yang biasanya mengejutkan dan menyakitkan. Misalnya misalnya apabila kita hendak ditampar otomatis tangan kita menangkis

b gerak sadar

rangsangan akan diterima oleh saraf sensorik dan kemudian disampaikan langsung ke otak. Dari otak kemudian dikeluarkan perintah ke saraf motori sehingga terjadilah gerakan. Artinya pada gerak biasa gerakan itu diketahui atu dikontrol oleh otak. Sehingga oleh sebab itu gerak biasa adalah gerak yang disadari.

ini biasanya harus dengan latihan agar syaraf syaraf terlatih

contoh dengan latihan beladiri

selesai

apa penyebab penyakit syaraf?
Q.

A. kategori "Penyakit saraf"
* Alzheimer
* Penyakit Creutzfeldt-Jakob
* Disleksia
* Ensefalitis
* Epilepsi
* Leukoensefalopati multifokal progresif
* Lumpuh otak
* Meningitis
* Penyakit Huntington
* Poliomielitis
* Rabies
* Sindrom Adie
* Sindrom Alice di Wonderland
* Sindrom Asperger
* Sindrom Kleine-Levin
* Sklerosis ganda

http://id.wikipedia.org/wiki/Kategori:Penyakit_saraf

Penyakit syaraf Adalah penyakit pada sistem syaraf pusat ( otak ) yang ditandai dengan gangguan pada peredaran darah, baik itu karena sumbatan pembuluh darah maupun pendarahan ( pecahnya pembuluh darah ) di otak sehingga menyebabkan gangguan anatomi dan fisiologi otak.
...............
iam

cemburu dengki = penyakit syaraf?
Q. saya tahun silam hampir di pukul oleh suaminya (karena bercanda dgn istrinya, maklum istrinya itu teman aku dr SMP/SD dulu jadi kita udah kayak saudara saja) tp suaminya nggak bisa ngerti

knp di JAKARTA masih banyak org berpandangan sempit seperti ini?

aku tinggal di Europe sekarang, aku jarang ketemu masyarakat yg masih berotak berfeudal seperti ini.

begini indonesia mau kapan majunya?
nggak kalian salah, aku bilang di negara kita ini masih di kuasai oleh kaum pria dan hak wanita & hak pria masih nggak sama, lelaki masih menganggap wanita sbg "barang Objek /milik" bukan sebagai manusia lazimnya...ini penyakitnya

A. Cemburu dengki pd dasarnya penyakit hati. Tp menilik dari persoalan yg anda hadapi, adalah reaksi spontan dari panasnya hati yg mempengaruhi fikiran. Efeknya? jd emosi yg ga terkontrol. Hasilnya? rugi sendiri, ga bisa atasi emosi. Bisa merusak fikiran.
Sebaiknya hindari aja.. canda yg sesering mungkin. Sayang banget keramahan anda menyakiti diri anda krn ditonjok.
Tp kl mau buat dia jadi benar2 syaraf hingga gila krn panas hati, silakan.
Tapi hrs siap kuda2 ya? hehe.. canda..
Salam kenal.




Powered by Yahoo! Answers

No comments:

Post a Comment