Friday, April 4, 2014

Obat tradisional utk asam lambung apa ya?

Q. Obat tradisional

A. Ramuan Obat untuk Asam Lambung

ASAM lambung merupakan satu di antara sekian faktor yang bisa memicu gangguan kesehatan pada lambung. Meski terkadang dianggap sepele tapi penyakit yang diakibatkan asam lambung bisa juga berbuntut pada kematian.
Dalam dunia kedokteran kondisi kesehatan lambung dipengaruhi oleh dua faktor yakni faktor agresif dan difensif. Kedua faktor tersebut memiliki fungsi berbeda. Bila faktor agresif berusaha mencederai lambung. Sebaliknya faktor difensif berusaha mempertahankan lambung agar selalu bekerja normal. Dan satu di antara faktor agresif tersebut adalah asam lambung. Nah, untuk mengatasinya cobalah ramulah bahan â bahan obat alami ini.

Ramuan:
- 90 gr daging daun lidah buaya
- 30 gr temulawak
- 5 gr adas
- 5 butir cengkeh
- 6 gr kulit jeruk mandarin kering
- 10 gr jahe
- 5 butir kapulaga

Langkah:
rebus dengan 600 cc air hingga tersisa 200 cc, saring dan airnya tambah madu secukupnya, diminum hangat-hangat. Lakukan 1 kali sehari.

Catatan :
- untuk perebusan ramuan sebaiknya menggunakan panci enamel / periuk tanah

sebelum hamil asam lambung bisa mempengaruhi terhambatnya kehamilan?
Q. apakah penyakit asam lambung sebelum hamil bisa hamil atau dapat menghambat kehamilan?

A. Asam lambung tidak mempengaruhi kehamilan, tapi kehamilan dapat berpengaruh terhadap asam lambung, jadi seseorang menderita asam lambung bukan berarti tidak bisa hamil, sementara seseorang hamil bisa mempengaruhi asam lambung karena orang hamil napsu makan ada yg bertambah ada juga yang berkurang maka lambung akan terganggu. Semoga bermanfaat

Bisakah penderita GERD/asam lambung berpuasa?
Q. ane pengen puasa gan. tapi ane penderita GERD . kira2 bisa ga gan?

A. Bila seseorang menderita asam lambung untuk melaksanakan puasa biasanya akan menambah parah sakit nya...!!! Tapi kalau maag masih dapat berpuasa walau kadang bermasalah juga!!

Jika anda ingin puasa maka sebaiknya hilangkan status sebagai penderita penyakit asam lambung anda....!!! Pada umumnya orang mengatakan sebagai penderita asam lambung, penderita maag, dsb sebenarnya bisa sembuh dan tidak lagi menyandang status penderita bila mau di sembuhkan....!!!
Dengan hypnotherapy sebutan penderita akan menjadi tidak menderita...!!
Dng beberapa x therapy saja asam lambung tidak akan mengganggu anda. Bila anda ingin menghilangkan status penderita bisa hub saya di ponsel yg terdapat di profil saya disini. Semoga bermanfaat

apa penyebab bisa kelebihan asam lambung?
Q. Terkadang saya mengalami sakit di tengah dada.. dan hal ini jg udah cukup lama.. dan saya dengar dari orang2 bhw hal itu disebabkan kelebihan asam lambung. Apa penyebab bisa terjadinya kelebihan asam lambung?

thanks,
Ling

A. Sakit maag fungsional disebabkan oleh berbagai factor. Keluhan yang timbul bisa terjadi karena akibat peningkatan asam lambung yang berlebihan didalam lambung. Boleh disebutkan terjadinya banjir asam lambung. Keadaan ini dapat disebabkan oleh makanan dan minuman tertentu, misal makan makanan yang terlalu asam, pedas , minum kopi atau alkohol. Sering terlambat makan atau makan tidak teratur juga dapat menjadi penyebab timbulnya sakit maag fungsional. Selain itu stress fisik dan psikis juga dapat merangsang produksi asam lambung berlebih sehingga mengakibatkan gangguan maag.
Selain asam lambung yang berlebih lambung juga bisa terganggu akibat naiknya cairan empedu dari usus dua belas jari menuju lambung bahkan dapat naik sampai kerongkongan. Adanya cairan empedu yang naik dapat menyebabkan gangguan pada lambung sampai menyebabkan kerusakan dinding dalam lambung.
Perubahan fungsional atau gerakan sistem pencernaan dalam tubuh terutama yang terjadi setelah makanan dicerna biasanya akan menyebabkan melambatnya pengosongan ruang perut sehingga ukuran otot perut mengembang lebih dari ukuran normal dan Anda pun akan merasa kembung dan mual.
Sakit mag pada umumnya merupakan hal yang banyak dijumpai pada masyarakat dari berbagai usia, profesi, maupun lapisan masyarakat. Sebagian besar masyarakat pernah mendengar dan mengetahui pencetus terjadinya sakit mag seperti terlambat makan, makan tidak teratur, makanan atau minuman yang merangsang produksi asam lambung, serta stress.
Meski demikian, mungkin banyak dari kita yang belum sepenuhnya memahami gejala-gejala sakit maag. Rasa Perih pada lambung/pada ulu hati merupakan hal yang sering disebut sebagai sakit mag. Faktanya, gejala sakit mag tersebut tidak harus terasa perih dulu. rasa tidak nyaman pada lambung/ulu hati yang dibarengi dengan mual atau kembung dan sering sendawa atau cepat merasa kenyang juga merupakan gejala sakit mag.
Sakit maag biasa disebut dyspepsia yaitu gejala-gejala kelebihan asam lambung. Saat tingkat asam lambung meningkat, maka lambung akan mengalami gejala Kembung dan sendawa. Gejala yang terjadi karena essensi dari sakit maag ini adalah adanya peningkatan asam lambung yang berlebihan menghasilkan gelembung-gelembung gas di dalam lambung sehingga seseorang merasakan kembung.
Rasa penuh pada perut atau yang biasa disebut sebah atau begah juga merupakan gejala sakit mag yang sering kali tidak disadari. Hal ini bisa dirasakan pada saat sebelum maupun sesudah makan. Penyebabnya juga asam lambung yang berlebihan.
Selain rasa kembung, mual, rasa penuh pada perut atu sebah dan begah, ada juga gejala lain yang sering kali tidak disadari sebagai gejala sakit mag. Gejala tersebut adalah rasa pahit yang dirasakan di mulut. Rasa pahit ini timbul karena asam lambung yang berlebihan mendorong naik ke kerongkongan sehingga kadang kala timbul rasa asam ataupun pahit pada kerongkongan dan mulut.
Dengan demikian, bila anda merasakan gejala-gejala seperti mual, kembung, sebah atau begah, maupun rasa pahit di lidah, walaupun anda tidak merasakan rasa perih pada lambung, bisa jadi anda mengalami gejala sakit mag akibat asam lambung yang berlebih. Oleh karena itu, makan teratur dan menghindari faktor pencetus terjadinya sakit mag merupakan hal yang sangat penting untuk mencegah terjadinya sakit mag.
Minum yoghurt dengan kandungan laktosa yang sebagian dapat dicerna oleh bakteri juga mengasilkan gas yang lebih sedikit dibanding susu.
Pertumbuhan bakteri yang berlebihan biasanya diterapi dengan pemberian antibiotik. Namun terapi ini kurang efektif dan bersifat sementara, dapat juga dengan pemberian probiotik

asam lambung langsung tinggi setelah makan siang?
Q. kira- kira penyebab asam lambung langsung meningkat dagi segi apa ya?ada yg bisa info?
Menu : Lontong balap (lontong, tahu, lentho, sayur kecambah, dg sedikit kecap dan petis), sate kerang, minum teh tawar

A. Peningkatan asam lambung yang berlebihan dalam
dunia kedokteran sering disebut dengan hiperasiditas. Peningkatan asam lambung ini dapat menyebabkan dispepsia (berkurangnya daya atau fungsi pencernaan; nyeri lambung)(Kamus Besar Bahasa Indonesia, 2008) atau yang sering dikenal dengan sakit maag. Dispepsia atau sakit maag adalah gangguan yang terjadi pada saluran cerna bagian atas. Asam lambung yang berlebih akan mengaktifkan rangsang nyeri sehingga biasanya penderita mengeluhkan kembung, nyeri di ulu hati,
mual, dll yang merupakan gejala dari sakit maag. Peningkatan asam lambung yang berlebih dapat mengenai baik pria maupun wanita. Beberapa penyebab meningkatnya asam lambung : 1. ketidakteraturan waktu makan 2. stres fisik (misal pada pembedahan, penyakit berat, luka bakar) maupun mental 3. merokok 4. kopi 5. alkohol 6. obat â obatan tertentu, dll. Berdasarkan dari penyebab meningkatnya asam lambung, maka menghindari faktor penyebab merupakan pencegahan yang terbaik. Namun demikian bila sudah mengalami peningkatan asam lambung maka beberapa obat yang dapat dipakai untuk menekan asam lambung atau menetralkan asam lambung adalah sebagai berikut : 1. antagonis H2 reseptor (contoh : simetidin, ranitidine, famotidin) Obat â obat ini bekerja dengan menghambat pengeluaran (sekresi) asam lambung. Obat ini dapat melewati tali pusat dan ASI 2. antasida (magnesium hidroksida/aluminium hidroksida) antasida adalah obat yang menetralkan asam lambung. Antasida tidak mengurangi jumlah asam lambung yang keluar. Antasida lebih aman digunakan untuk wanita hamil dan menyusui 3. penghambat pompa proton (contoh : omeprazole, pantoprazole, lansoprazole) penghambat pompa proton merupakan penghambat sekresi asam lambung lebih kuat dibandingkan dengan antagonis H2 reseptor. Penghambatan berlangsung lama antara 24 â 48 jam dan produksi asam baru kembali 3 â 4 hari setelah pengobatan dihentikan. 4. misoprostol misoprostol selain berfungsi untuk menghambat pengeluaran asam lambung, misoprostol juga berfungsi untuk mencegah terjadinya tukak saluran cerna yang disebabkan oleh obat â obat pereda nyeri. Misoprostol tidak boleh diberikan pada wanita hamil. Selain penggunaan obat â obat di atas, menjaga pola makan yang sehat dan istirahat yang cukup juga diperlukan. Karena dengan menjaga pola hidup sehat, kemungkinan untuk terjadi kekambuhan menurun.




Powered by Yahoo! Answers

No comments:

Post a Comment