Wednesday, April 9, 2014

kasus diare... plizz balas secepatnya?

Q. seorang anak kecciil berusia 10 tahun dengan keluhan buang-buang air encer sejak semalam dengan frekuensi lebih dari 7 kali. buang air itu disertai sedikit darah dan urin, dan terasa sakit setiap kali mau buang air besar. pasien juga sakit perut di bagian bawah, dan sakit perut setiap kali mau buang air besar.padapemeriksaan fisik ditemukan turgoor kulit normal, nyeri tekan perut bawah positif, bising usus meningkat.
pada pemeriksaan darah didapatkan:
hb:14%
leukosit:6.500sel/mm3
led: 10mm/jam
diff count: 0/1/4/60/31/4
pada pemeriksaaan tinja ditemukan tinja bercampur darah dan lendir.

kira2 diagnosa buatt kasus ini apa ya???

A. itu diare akut, pak/bu. biasanya memang ada darah dalam tinja.

leukosit untuk anak biasanya 1000 sampe 8500/ mm kubik, 6500/mm kubik masih di kisaran normal.

diff count itu adalah hitung jenis lekosit, angka yang ada di antara garis miring adalah hitungan untuk basofil, eosinofil, netrofil batang, netrofil segmen, limfosit, dan monosit.

led itu laju endap darah untuk anak adalah berkisar 10 mm/jam, kisaran pastinya lupa (maap), tapi segitu masih normal

yg lainnya lupa, maklum saya cuma DO, ga ada biaya kuliah (loh kok jd curhat)


untuk kasus diare ini penyebabnya bisa macem2 kok:
- bisa karena infeksi bakteri
- infeksi virus
- malabsorbsi (tidak mampu menyerap gizi makanan)
- gangguan psikologis (stress, tertekan, takut, cemas)
- karena keracunan makanan.

bapak/ibu tenang aja, kan ini sudah ditangani dokter.

+/- 5 harian udah sembuh

Apa arti diare menahun? Aku gak ngerti?
Q.

A. Yang dimaksud dengan diare menahun adalah diare yang bersifat kronis dan berlangsungnya agak lama, penyebabnya dapat bermacam-macam, dan salah satu yang paling sering adalah infeksi parasit entamoeba hystolitika, infeksi dari jenis protozoa ini sering menimbulkan diare yang pada awalnya bersifat akut kemudian berkembang menjadi kronis, tempat predileksi dari parasit ini yaitu pada sekum dan colon, didaerah ini lah agen infeksi ini menimbulkan ulkus/luka dengan diameter berukuran kecil.

Pada infeksi akut akan timbul gejala diare, tinja bersifat lunak dan kadang disertai dengan lendir dan darah.Frekuensi BAB penderitanya meningkat dalam sehari tetapi tidak melebihi diare oleh sebab infeksi bakteri.

Jika kondisi ini tidak ditangani dengan baik, maka penyakit akan berlanjut ke arah kronis, dan kemungkinan agen infeksinya atau parasitnya dapat menyebar ke hati dan paru-paru sehingga mnimbulkan abses hepar dan abses paru dan ini merupakan bentuk komplikasi rumit yang biasanya ditangani oleh para dokter.

Pada infeksi kronis biasanya diare tidak lebih sering, tapi karena infeksinya tetap berlanjut maka ada masanya di mana penderita akan mengalami diare seperti yang ia alami pada fase akut.

Keadaan ini akan tetap berlanjut dalam waktu yang lama dan dapat memberi komplikasi, dan pengobatan yang terbaik untuk penyakit ini adalah dengan obat antibiotik metronidazol 500 mg, untuk mengatasi infeksi parasitnya.

oke !!!!!!!!!!!!!!!!

apakah perbedaan diare dengan disantre ?
Q.

A. perbedaan diare dan disentri
Diare 4x lebih sehari dengan feces encer disertai dehidrasi.dan Diare kebanyakan disebabkan oleh beberapa infeksi virus tetapi juga seringkali akibat dari racun bakteria.
sedangkan
Disentri 6-8x sehari dengan feces encer disertai lendir dan darah tanpa dehidrasi. disentri disebabkan oleh infeksi Parasit Entamoeba hystolytica hidup dlm usus besar.

apa yang menyebabkan orang kena diare?
Q.

A. penyebab diare bisa bermacam-macam. Diantaranya adalah bakteri, racun, dan memang karena dari dalam tubuh sendiri. bakteri yang ada di usus, dapat mengeluarkan toxin atau racun, sehingga tubuh mengkopensasinya dengan tidak mereabsorbi air pada faeces di colon dan segera mengeluarkannya agar racun tidak masuk ke seluruh tubuh. begitu juga bila ada racun makanan, tubuh akan segera mengeluarkannya sebagai mekanisme perlindungan terhadap racun. bisa juga itu berasal dari tubuh sendiri, contohnya bila anda mengalami stress, maka gerakan peristaltik usus akan meningkat sedangkan air di faeces belum sempat terabsorbsi sehingga faeces menjadi lunak dan segera dikeluarkan dalam bentuk cair.

Diare ,bagaimana cara membedakan penyebabnya?
Q. Bagaimana cara membedakan diare karena salah makan atau karena maag? Bila karena maag, harus minum obat diare atau maag?

A. Membedakan diare karna salah makan atau maag?
Caranya
Kalau diare karna salah makan biasanya BAB nya bermasalah
Kalau diare karna maag biasanya hanya kembung dan nyeri di lambung/perut

Kalau karna maag harus minum obat diare atau maag?
Yah minum obat maag donk :)




Powered by Yahoo! Answers

No comments:

Post a Comment