Friday, April 18, 2014

bagaimana naik stroke?

Q. gimana ya cara naik stroke suzuki shogun R 110 cc?
trus ubahan apa saja yang perlu dilakukan setelah stroke?

A. Berikut Saya Kutip dari Otomotif: Perihal Up Stroke tapi Punya Mio... intinya sih ga beda jauh...
OTOMOTIFNET - Untuk mendapatkan kapasitas silinder besar, tidak hanya ditempuh dengan cara bore up. Kini bisa juga diakali dengan stroke-up alias memperpanjang langkah seher alias piston. Tetap perlu trik khusus supaya dicapai stroke yang sangat panjang alias maksimal.

Persoalannya, naik stroke abis terkendala setang piston yang dipakai dan celah pen di kruk-as hanya sedikit. âMakanya diatasi dengan memperlebar diameter bandul kruk-as dan ganti setang seher,â ujar Kunto Hayadi, mekanik HK Custom yang sudah lakukan trik ini di skubek Grand Surya dan Yamaha Mio.

Diakui Kunto, untuk memperpanjang langkah piston terbilang sulit. Mekanik harus memperhitungkan matang pemilihan setang seher motor apa yang mau dipakai. Apalagi perubahan ini tergantung dari pen kruk-as dan pen piston pengganti.

Bukan cuma itu. Sisa celah antara crankcase dengan diameter luar bandul kruk-as tidak boleh luput dari perhatian. Apalagi penggantian setang seher di kruk-as dipengaruhi diameter bandul yang diperlebar dengan cara dilas sekelilingnya.

Intinya, mekanik harus pintar cari tukang bubut yang pandai membesarkan diameter bandul kruk-as, membubut juga ngebalance. Sebab kalau tidak sama yang ahli, kruk-as rawan melitir.

âBaru deh cari setang seher yang ideal dipasang di kruk-as dan punya diameter pen seher sama. Apalagi pembesaran diameter kruk-as selain lebih kuat juga masih bisa memajukan posisi pen kruk-as,â wanti mekanik bermarkas di Jl. Cipete Dalam II, No. 8A, Cipete Raya, Jakarta Selatan.

Nah, berhubung ubahan ini sudah dilakukan Kunto di Yamaha Mio. Kini diameter kruk-as yang sudah kena las membengkak jadi 108,8 mm dari 102,8 mm (standar). Adapun setang piston yang dipilih adalah milik Suzuki TS125, RX-Z atau Ninja 150. Kebetulan dipilih Kunto dari TS125, pakai laher bambu supaya pas dengan pen 15 mm.

Menggunakan setang seher TS125 menguntungkan. Sebabe pin kruk as lebih kecil. Sehingga posisi titik tengah pin bisa digeser jauh keluar. Hasilnya didapat stroke lebih panjang.

Settingan Puli Dan Griboks
Agar stroke-up di mesin Mio seimbang dengan komponen reduksi di rumah CVT dan girboks, setingan dua komponen ini wajib disesuaikan. Dan yang sudah dilakukan Kunto, diameter puli primer dibikin lebih besar daripada sekunder.

âSaya bikin ubahan ini ambil contoh hitungan gir reduksi sepeda. Torsi gede bila gir depan lebih besar dari belakang,â jelas Kunto yang terpaksa bikin ulang puli primer lebih besar dan ganti puli skunder kecil produk aftermarket.

Lalu di sektor gigi rasio, hanya mengganti setingan girboks dengan perbandingan berat. Kalau aslinya pakai 14/45, sekarang pakai rasio 17/42.

Kalo Mau Ambil dari Artikel punya Smash... Kan ga beda jauh tuh Spek Mesinnya...
Ikutin link ini aja deh... (ga muat kalo dimasukin semua)
http://www.otomotifnet.com/otoweb/index.php?templet=ototips/Content/0/0/1/7/8911

Mudahmudahan Cukup membantu

tentang satria FU , Stroke up Harian?
Q. buat FU semi drag ( untuk harian )
apa aja saja yang harus di ganti ?
di ganti dengan apa yg bagus dan ekonomis ?
total biaya semua nya ?

thank's gan

A. buat harian kan ? nggak usah terlalu extreme.. pake pen stroke juga udah cukup ko.. jadi nggak usah geser geser big end.. soalnya geser big end resikonya tinggi.. kalo kruk as nggak balance, motor ente jadi geter banget pasti.. :/
mending pake pen aja.. buat harian maksimal pake yang ukuran 3mm aja.. atas bawah jadi 6mm.. lumayan kan motor harian strokenya naik 6mm. :P masangnya juga gampang ko, tinggal bawa kruk asnya ke tukang bubut, copot pen aslinya, terus ganti sama pen strokenya itu, udah kelar.. kalo mau di standarin lagi juga gampang.. tinggal ganti aja lagi sama pen standarnya.. resikonya juga nggak tinggi kaya geser big end.. cuma lebih baik ente pasangnya di tukang bubut yang udah ente percaya.. biar masangnya juga pas..
kalo udah pake pen stroke, jangan lupa sehernya di papas pantatnya.. biar nggak mentok big end pas lagi TMB.. atau bisa juga ganti sama seher yang lebih pendek..

biayanya, pen stroke fu 3mm kemarin ane beli 380rb, itu udah termasuk paking besi ukuran 3mm juga.. ongkos pasangnya di tukang bubut 150rb, papas pantat seher 15rb, sama rante keteng gl pro ane beli 80rb.. soalnya rante keteng standarnya agak maksa gan masangnya.. takutnya malah jadi rusak.. mending di ganti aja sama punya gl pro.. terus Makan, Kopi, Rokok selama ngerjainnya abis 50rb.. :D
yasudah tinggal di total aja mas gan berapa semuanya.. :)

stroke kawasaki ninja 250?
Q. kalo si ninja 250 dua silinder apakah strokenya juga dua? atau bagaimana?

A. Stroke atau disebut langkah gerak piston. Ninja 250 memiliki 2 buah silinder, jadi didalam tertanam 2 buah piston juga. Kedua piston itu memiliki diameter yang sama yaitu 62mm, gerakan piston turun naik itu berjarak 41,2mm. Gerakan naik turun itu yang diukur dan disebut stroke atau langkah. Kalau âÎƱ hitung cc ÐÏÎ, pakai rumus tabung. V= r x r x 3,14 x â 
r = jari2 = diameter dibagi 2
t = tinggi tabung = stroke

Bagaimana cara menyembuhkan penyakit stroke?
Q. Lama penyakit 7 tahun. Umur penderita 52 tahun. Wanita. Penyakit sebelumnya darah tinggi, rematik.

A. stroke tidak bisa disembuhkan mas,yg bisa dicegah agar tidak terjadi lagi.kemungkinan stroke susulan adalah 80 % dalam kurun waktu 3 tahun.sekarang tinggal menjaga agar tekanan darahnya selalu mendekati normal dan diet makan makanan yg sehat.

dampak negatif naek stroke apaan . ?
Q.

A. secara teoritis, dampaknya bisa mengubah karakter mesin. stroke naik bikin puncak tenaga turun ke rpm yg lebih rendah, simpelnya sih torsi jadi gede tapi mesin ga aman buat dibawa teriak sampe rpm tinggi kaya sebelum naik stroke. jadi klo udah naik stroke ga bisa sembarangan ganti cdi apalagi pake cdi yg unlimiter, bisa bikin mesin jebol tuh

secara teknis, kalo kerjaannya ga bener misalnya kruk asnya jadi ga center & ga balance atau posisi setang pistonnya oblak dll bisa bikin mesin ga awet dan gampang jebol juga, makanya kalo ga butuh2 banget mending jangan stroke-up dulu deh, toh motor2 balap roadrace aja jarang banget yg distroke-up karena eang pengerjaannya msih belum meyakinkan, beda sama kerjaan jepang atau thailand yg udah pake mesin CNC jadi hasilnya pasti presisi kaya buatan pabrik




Powered by Yahoo! Answers

No comments:

Post a Comment