Tuesday, April 1, 2014

Bagaimana cara mengobati kaki yang pecah-pecah?

Q. kalau cuaca dingin kayak gini, kaki, bibir dan ujung jariku pecah2. Tolong tipsnya... trims!

A. kalo mau yang herbal.. pake buah mengkudu... buah yang udah lumayan matang di olesin di kaki yang pecah sampai lumat, itu jg berfumgsi sebagai pelembab

Apa penyebab telapak kaki berkeringan dan pecah". dan bagaimana cara mengatasinya...?
Q.

A. Masalah seputar kaki yang kerap kita alami adalah telapak kaki pecah-pecah. Penyebab kondisi telapak kaki yang pecah-pecah ini ada dua, yakni internal dan eksternal. Faktor internal, di antaranya usia dan gangguan hormonal. Bertambahnya usia seseorang membuat kondisi tubuhnya mengalami penurunan kualitas, termasuk kaki, sehingga rentan mengalami berbagai permasalahan. Sedangkan faktor eksternal, antara lain perubahan cuaca yang drastis dan pemakaian sabun atau deterjen. Kandungan soda dalam deterjen menyebabkan kulit kaki kehilangan kelembapannya dalam jumlah besar, sehingga membuatnya jadi sangat kering dan akhirnya pecah-pecah.
Perawatan yang bisa dilakukan sebenarnya sederhana saja:
* Senantiasa menjaga kelembapan kulit kaki.
* Lakukan perawatan kaki secara teratur, setidaknya 2 minggu sekali, menggunakan produk perawatan khusus untuk kaki yang berkualitas baik. Kita bisa melakukan perawatan sendiri di rumah ataupun di salon khusus yang menyediakan jasa perawatan kaki.
* Untuk perawatan dasar, cuci kaki sampai betul-betul bersih setiap kali mandi, dan jangan lupa handuki sampai benar-benar kering, terutama sela-sela jari kaki.
* Untuk perawatan rutin, cukup luangkan waktu sekitar 20-30 menit. Rendam kaki dalam wadah berisi air hangat yang telah ditambahkan beberapa tetes desinfektan. Gosoklah jari-jari kaki dengan sikat lembut. Sementara untuk bagian tumit yang pecah-pecah, gosoklah menggunakan batu apung atau alat penghalus telapak kaki yang biasanya dijual di gerai-gerai kecantikan. Alat ini mampu mengelupaskan bagian kulit yang kering pada tumit.
* Dianjurkan setiap malam seusai membersihkan kaki gunakan foot lotion yang mengandung emollient ataupun lidah buaya yang bersifat menyejukkan. Malam hari merupakan waktu yang paling tepat untuk merawat kulit karena saat itulah kulit memperbaiki dan membangun kembali sel-selnya yang telah rusak. Bisa juga menjatuhkan pilihan pada krim atau losion yang mengandung lanolin dan provitamin D. Kandungan bahan-bahan ini akan sangat membantu melembutkan kaki yang sangat kering.
* Lakukan pemijatan kaki seusai mengoleskan losion agar peredaran darahnya lancar. Peredaran darah yang lancar berarti menjamin kaki mendapat kecukupan nutrisi.
* Jangan bertelanjang kaki di tempat yang lembap atau becek. Telapak kaki yang kelewat sering bersentuhan langsung dengan lantai juga rentan menyebabkan kulit kaki pecah-pecah.
* Gunakan sepatu kulit lembut atau berbahan kain yang memungkinkan kaki tetap dapat âbernapasâ.
* Jangan menggunakan sepatu tertutup sepanjang waktu. Jadi, sesekali lepaskan sepatu agar terjadi pertukaran udara. Sedapat mungkin selingi pemakaian sepatu tertutup dengan sepatu model terbuka. Selain jadi mudah sangat kering, kaki yang tertutup sepanjang hari juga akan memunculkan aroma tak sedap.

pengertian kaki pecah pecah?
Q.

A. kaki pecah di akibatkan jarang pake sendal,sering terkena air...sangat ngk PD kalo kalo kaki pecah2...

mengapa kulit kaki saya semuanya pecah-pecah?sudah ke dokter kulit namun tdk sembuh.trims?
Q.

A. aku memang tidak tahu seperti apa pecah2 yang kamu maksud, tapi coba deh pake cara alami.
dulu kulit kaki aku terbilang kasar, padahal aku perempuan yang cukup imut loh, tapi kakiku kata orang mirip orang sawah, kasar banget. terus aku iseng, coba2 pake lidah buaya, kebetulan dirumah ada lidah buaya, aku coba pake sambil mandi aku gosok2. eh, untung banget loh sekarang aku udah gak kasar apalagi pecah2. emang sih jatah mandi jadi agak nambah 5 menit, tapi gak kenapa-napa toh, demi diri sendiri.
Pokoknya aku tipe yang paling gak suka kedokter, selain karena masalah uang juga sih, tapi aku memanfaatkan apa yang ada aja demi diri aku, ternyata hasilnya, gak kalah jauh sama yang udah berobat ke dokter kulit.

Bagaimana cara mengobati kulit telapak kaki tebal, sakit, dan pecah pecah?
Q. telapak kaki saya ( bagian ujung depan dan belakang ) terdapat kulit tebal,dan kadang suka sakit. jika dibiarkan saja kulit bisa bertambah tebal, maka saya sering gunting kulit kaki saya, dan saya perhatikan didalam kulit kaki tersebut berwarna kuning ( kulit tebal di area dalam kulit kaki )dan jika ditekan sakit..saya merasa terganggu dengan ini.. bagaimana solusinya & apa obatnya.. terima kasih.

A. Amanda,

Beberapa orang mudah mengalami penebalan pada kulit kakinya, kadang bisa sampai pecah-pecah dan terjadi infeksi.

Harus diperiksakan dulu, apakah ada infeksi atau tidak. Jika terdapat infeksi mungkin diperlukan pengobatan antibiotik topikal (yang dioleskan). Karena nyeri bisa ditimbulkan pada proses inflamsi/peradangan baik karena infeksi maupun iritasi.

Jika tidak ada infeksi kita bisa fokuskan pada penebalan saja.

Umumnya penebalan disebabkan oleh iritasi yang kronis/menahun, ini adalah bentuk dari salah satu jenis dermatitis. Harus dicari dulu apa penyebabnya, sehingga ke depan tidak bertambah buruk. Semisal bahan-bahan apa yang sering kontak dengan kaki kita, apakah sewaktu mencuci kaki sering terendam dalam cairan detergen. Jika lokasinya spesifik di bagian depan atau belakang, apakah ada kemungkinan dengan jenis alas kaki yang kita gunakan. Semua itu harus ditemukan dahulu, tentu Amanda akan punya kecurigaan sendiri.

Untuk mengurangi penebalan dapat memanfaatkan obat-obatan yang mengandung unsur keratolitik, biasanya dokter akan meresepkan obat yang sesuai dengan kondisi kulit masing-masing penderita. Namun jika Amanda lebih suka cara tradisional, carilah yang bersifat keratolik, seperti misalnya daun sirih (biasanya dihangatkan dan ditempel dalam bentuk lembaran).

Jangan lupa menambahkan pelembab dan kurangi menggunakan sepatu atau bahan-bahan yang bergesekan dengan bagian kaki yang bermasalah.

Nah, semoga dapat membantu.




Powered by Yahoo! Answers

3 comments:

  1. Salam kenal sista
    Sist, kalau memakai kaos kaki bagi orang yg mempunyai kaki pecah-pecah apa bisa membantu dalam menyembuhkan masalah ini?
    btw, sist sy lagi membutuhkan grosir kaos kaki wanita, nah itu klau di daerah Surabaya di mana ya alamatnya?
    di tunggu infonya ya, thanks atas info artikelnya ^_^

    ReplyDelete
  2. trims gan telah berbagi yang menarik ini dan bermanfaat untuk merawat kaki agar tetap sehat dan terlihat cantik...
    sebab kaki termasuk anggota tubuh yang mempunyai peranan penting untuk kita...sehingga kita harus menjaga dan merawatnya dengan baik....
    dengan memakai kaos kaki wanita, apakah bisa membantu untuk menjaga kaki agar tetep sehat dan cantik
    kalau ada info yang menarik lahi bagi ya...

    ReplyDelete
  3. salam kenal.....
    kaki sangat mendukung kecantikan dan penampilan anda ..jadi sudah seharus kita menjaganya dengan baik dan kita juga bisa memakai kaos kaki muslimah untuk menjaganya...
    dan terimakasih soal infonya ya...

    ReplyDelete