Saturday, April 20, 2013

tentang keputihan?

Q. aku mengalami keputihan dan tidak bau tidak berwarna tidak gatal.tp selalu dtg tiba2 dan hmpr setiap hari.sebelum dan sesudah mens aku tidak mengalami keputihan.
apakah berbahaya keputihan yg aku alami?
terima kasih

A. Hati-hati bagi wanita yang sering mengalami keputihan karena gejala kanker mulut rahim menjadi salah satu penyebab terjadinya masalah ini.

Indikasi adanya masalah kesehatan jika keputihan tersebut mulai berubah warna, gatal dan mengeluarkan bau yang kurang enak. Hal ini dikatakan oleh ahli kebidanan dan kandungan sekaligus konsultan seks Dr. Boyke Dian Nugraha, SpOG dalam seminar kesehatan bertajuk "Keputihan pada wanita: penyakit yang terabaikan" yang diselenggarakan di Hotel Borobudur Jakarta, Jumat (1/8).

Menurut Boyke, dikenal dua jenis keputihan, yaitu keputihan fisiologis dan keputihan patologis. Keputihan fisiologis biasanya tidak gatal, tidak bau dan datangnya pada masa subur wanita. Biasanya juga datang menjelang seorang wanita dewasa terkena haid. Sedangkan keputihan patologis adalah keputihan yang sudah gatal, bau dan berubah warna. "Itu harus segera diobati," katanya.

Salah satu jenis keputihan patologis adalah keputihan yang disebabkan karena penyakit kanker mulut rahim, serta keputihan akibat stress, benda asing (spiral), letih, dsb.

Keputihan akibat kanker rahim salah satu penyebabnya adalah sering berganti-ganti pasangan. "Dari berganti-ganti pasangan itulah, maka sang suami menularkan kepada istrinya. Karena para istri malu memeriksakan dirinya ke dokter, maka mereka biasanya baru memeriksa setelah menderita keputihan dan hubungan seks berdarah. Padahal itu sudah masuk kanker stadium dua atau tiga," kata Boyke. Padahal dengan deteksi dini melalui pemeriksaan pap net (deteksi kanker), pasien dapat dideteksi ada-tidaknya penyakit kanker. Bahkan jika masih pada stadium dini, penyakit tersebut dapat disembuhkan 100 persen.

Menurut Boyke, hampir semua wanita di Indonesia pernah mengalami keputihan patologis seumur hidupnya minimal satu sampai dua kali. Maka dari itu, saran Boyke, para wanita dan pasangannya lebih baik memeriksakan diri mereka dengan pap net sebanyak dua tahun sekali sejak berhubungan seks.

Kanker mulut rahim juga bisa terjadi pada mereka yang belum pernah melakukan hubungan seksual jika wanita itu sering merokok. "Wanita yang merokok mempunyai kecenderungan 12 kali lebih banyak dibanding wanita yang tidak merokok untuk menderita penyakit kanker mulut rahim," kata Boyke.

keputihan itu gimana?
Q. keputihan itu kaya gimana sih ?
jelaskan sedetail-detailnya donk ,
mulai dr bentuk'a .dsb

A. Keputihan berupa lendir atau cairan yang berwarna putih kental berwarna menyerupai susu dan berwarna bening atau sedikit kekuningan. Jika keputihan tidak gatal dan tidak berbau busuk maka itu bukanlah masalah. akan tetapi jika berbau dan gatal maka perlu dipertanyakan dan sebaiknya periksakan segera ke dokter spesialis kandungan dan kebidanan.

Keputihan merupakan salah satu gejala dari kanker serviks. Jika pasien mengalami keputihan yang banyak sebaiknya dilakukan pengobatan segera agar tidak berakibat fatal untuk pasiennya.Untuk pengobatan kamu bisa browsing di www.cancerhelps.com

apakah keputihan itu yang keluar adalah ovum atau bukan.......?
Q. keputihan itu ovum atau bukan sih...?

A. Yenny Beckham yang sedang bingung...

tentu saja ovum dan keputihan itu berbeda jauh..
ovum bentuknya bulat dan ukurannya kecil. sedangkan keputihan bentuknya cairan atau lendir, gampang dilihat dengan mata telanjang.
ovum tidak akan keluar utuh-utuh, karena apabila ovum tidak dibuahi maka rahim akan berkontraksi mengeluarkan darah yang disebut menstruasi.

Sebenarnya semua jenis cairan putih yang keluar dari kelamin wanita disebut keputihan. Keputihan ada yang wajar dan ada yang tidak wajar.

Yang wajar apabila menjelang masa subur, maka kelamin wanita akan basah, keluar cairan putih bening dan dapat diregang, seperti lem UHU, baunya khas atau tidak berbau.

Namun jika cairan tersebut berbau amis, warnanya putih keruh seperti susu, terasa gatal, maka keputihan semacam ini menandakan adanya infeksi kelamin, sebaiknya cepat dikonsultasikan ke dokter keluarga anda..

Biasanya keputihan disebabkan karena pola cebok yang salah. Pada wanita, setelah bab, sebaiknya arah cebok dari depan ke belakang kemudian tidak berbalik arah ke depan akan tetapi tetap dari depan ke belakang lagi.. Hal ini disebabkan posisi anus/pantat yang penuh bakteri ada di paling belakang, jangan sampai tersapu ke depan masuk ke kelamin.

Mudah-mudahan terbantu yah...

apa yang sebaiknya di lakukan jika keputihan terjadi pada masa kehamilan?
Q. keputihan di masa kehamilan

A. Hi Anifah,

keputihan selama masih bening, tidak berbau dan tidak gatal adalah hal yang normal selama masa kehamilan, hampir semua wanita hamil akan mengalami keputihan karena peningkatan cairan vagina. keputihan ini akan terus berlangsung hingga akhir minggu menjelang persalinan, namun akan tambah keruh, sampai akhirnya pecah ketuban.

sebaiknya kamu tidak bercapek2 ria, banyak minum air putih dan gunakan pantyliner. gunakanlah pantyliner yang menyerap keringat dan breathable. (lebih mahal biasanya lebih baik) gunakan juga pantyliner yang non-parfum ya. ingat, ganti pantyliner maksimal setiap 4 jam sekali agar jamur tidak berkembang. namun sesekali sebaiknya lepas pantyliner dan ganti celana dalam 4 jam sekali.

jika keputihan berubah warna dan gatal, segera hubungi dokter kamu ya, biasanya nanti dikasih obat.

gut luck :)

menghilangkan keputihan?
Q. knapa yaa saya slalu keputihan? apa sebabnya? dan bagaimana cara menghilangkannya? soalnya ga kuat gatel bgt nih malu jadinya garuk2 mulu

A. Keputihan disebabkan infeksi (jamur, kuman, parasit, virus). Namun dapat pula akibat adanya benda asing dalam liang senggama, gangguan hormonal akibat mati haid, kelainan bawaan dari alat kelamin wanita, adanya kanker atau keganasan pada alat kelamin terutama di leher rahim.

Infeksi akibat kuman (bakteri), misalnya akibat;
- Gonococcus, atau lebih dikenal dengan nama GO. Warnanya kekuningan, yang sebetulnya merupakan nanah yang terdiri dari sel darah putih yang mengandung kuman Neisseria gonorrhoea. Kuman ini mudah mati setelah terkena sabun, alkohol, deterjen, dan sinar matahari. Cara penularannya melalui senggama.
- Chlamydia trachomatis, kuman ini sering menyebabkan penyakit mata trakhoma. Ditemukan di cairan vagina dengan pewarnaan Diemsa.
- Gardenerella, menyebabkan peradangan vagina tak spesifik. Biasanya mengisi penuh sel-sel epitel vagina berbentuk khas clue cell. Menghasilkan asam amino yang akan diubah menjadi senyawa amin bau amis, berwarna keabu-abuan.
- Treponema pallidium, adalah penyebab penyakit kelamin sifilis. Penyakit ini dapat terlihat sebagai kutil-kutil kecil di liang senggama dan bibir kemaluan.
- Infeksi akibat jamur biasanya disebabkan spesies candida. Cairannya kental, putih susu (sering berbentuk kepala susu), dan gatal. Vagina menjadi kemerahan akibat radang. Predisposisinya adalah kehamilan, Diabetes melitus, akseptor pil KB.

Parasit penyebab keputihan terbanyak adalah Trichomonas vaginalis. Cairannya banyak, berbuih seperti air sabun, bau, gatal, vulva kemerahan, nyeri bila ditekan atau perih saat buang air kecil. Sementara keputihan akibat virus disebabkan Human Papiloma Virus (HPV) dan Herpes simpleks.

pencegahannya:
- Bersihkan organ intim dengan pembersih yang tidak mengganggu kestabilan pH di sekitar vagina. Salah satunya produk pembersih yang terbuat dari bahan dasar susu. Produk seperti ini mampu menjaga seimbangan pH sekaligus meningkatkan pertumbuhan flora normal dan menekan pertumbuhan bakteri yang tak bersahabat. Sabun antiseptik biasa umumnya bersifat keras dan dapat flora normal di vagina. Ini tidak menguntungkan bagi kesehatan vagina dalam jangka panjang.
- Hindari pemakaian bedak pada organ kewanitaan dengan tujuan agar vagina harum dan kering sepanjang hari. Bedak memiliki partikel-partikel halus yang mudah terselip disana-sini dan akhirnya mengundang jamur dan bakteri bersarang di tempat itu.
- Selalu keringkan bagian vagina sebelum berpakaian.
- Gunakan celana dalam yang kering. Seandainya basah atau lembab, usahakan cepat mengganti dengan yang bersih dan belum dipakai. Tak ada salahnya Anda membawa cadangan celana dalam tas kecil untuk berjaga-jaga manakala perlu menggantinya.
- Gunakan celana dalam yang bahannya menyerap keringat, seperti katun. Celana dari bahan satin atau bahan sintetik lain membuat suasana disekitar organ intim panas dan lembab.
- Pakaian luar juga perlu diperhatikan. Celana jeans tidak dianjurkan karena pori-porinya sangat rapat. Pilihlah seperti rok atau celana bahan non-jeans agar sirkulasi udara di sekitar organ intim bergerak leluasa.
- Ketika haid, sering-seringlah berganti pembalut
- Gunakan panty liner disaat perlu saja. Jangan terlalu lama. Misalkan saat bepergian ke luar rumah dan lepaskan sekembalinya Anda dirumah.

Pemeriksaan dokter baiknya segera dilakukan bila keputihan mulai menyerang Anda. Tujuannya:
- Menentukan letak dari bagian yang sakit, dalam hal ini mencari darimana keputihan itu berasal.
- Melakukan pemeriksaan dengan menggunakan alat tertentu untuk mendapatkan gambaran alat kelamin yang lebih baik, seperti melakukan pemeriksaan kolposkopi yang berupa alat optik untuk memperbesar gambaran leher rahim, liang senggama dan bibir kemaluan.
- Merencanakan pengobatan setelah melihat kelainan yang ditemukan.




Powered by Yahoo! Answers

No comments:

Post a Comment

Post a Comment