Monday, April 22, 2013

Penyakit Asma?

Q. Tolong dong jelasin tentang penyakit asma? apakah bila kita menikah dengan seorang yang mengidap asma, maka anaknya juga pasti mengidap asma?

A. Asma adalah penyakit akibat hipersensitivitas tubuh terhadap alergen atau pemicu, sama seperti reaksi alergi lainnya hanya bedanya Asma ini lebih digolongkan kepada penyakit alergi pada paru. Alergen itu bisa berupa polutan seperti asap atau debu, makanan, obat, atau cuaca seperti dingin, dan stress atau emosi.
Jika orang yang punya asma ini terkena alergen tersebut, tubuh akan bereaksi sedemikian rupa sehingga saluran pernafasan (bagian bronkus) akan menyempit dan mengeluarkan lendir cukup banyak sehingga bermanifestasi menjadi sesak nafas dan bunyi mengi/bengek. Bila tidak segera ditolong bisa menyebabkan kematian.

Nyaris semua penyakit alergi termasuk asma diturunkan secara genetik. Penyakit Alergi diturunkan secara bersilang, misalnya anak perempuan kena asma, kemungkinan besar ayahnya pengidap asma, lalu ibu dari ayahnya (nenek) itu juga pengidap asma, dst. Namun berat ringannya gejala asma yang ditimbulkan tergantung alergen yang menjadi pemicunya dan dipengaruhi juga oleh lingkungan. Misalnya si ayah tadi muncul serangan asma jika sedang marah/ada kemarahan yang dipendam (emosi/stres), tapi tidak muncul serangan walau cuaca dingin. Tetapi anak perempuannya muncul asma hanya jika terkena debu dan dingin. Tergantung alergen mana yang lebih banyak terpapar dan kekuatan daya tahan tubuhnya.

Asma bisa disembuhkan baik dengan obat, dengan alternatif seperti accupuntur (teman saya 100% sembuh dengan ini), atau dengan suplemen makanan tertentu. Suplemen ini bisa diakses dimana saja, termasuk via saya. Silahkan kontak saya jika berminat atau kurang puas dengan penjelasan saya di http://dokternasir.web.id

OBAT ASMA TERBUAT DARI BAHAN ALAMI?
Q. Informasi tentang asma dan penyembuhannya di www.asma.web.id

A. Definisi Asma secara keseluruhan adalah penyakit peradangan saluran pernafasan yang kronik. Saluran napas (udara) yang meradang dan teriritasi, rentan dan sensitif terhadap pemicu atau iritan apa pun.

Keadaan ini biasanya dipicu oleh beberapa faktor:

Infeksi virus dan bakteri dalam sistem pernafasan seperti flu dan pilek.
Alergi sepeti jamur, tungau, debu, kecoa, bulu anjing atau kucing dan udara dingin.
Emosional seperti stress, kegelisahan dan depresi

Maka, ketika penderita asma terpapar oleh suatu pemicu, saluran udaranya akan bereaksi berlebihan dan membengkak. Karena terjadinya penyempitan dan aliran udara menurun maka lendir akan terbentuk di paru-paru sehingga penderita mengalami kesulitan bernafas. Lendir tersebut merupakan tempat yang ideal untuk berkembang biaknya bakteri sehingga akan mengakibatkan peradangan pada saluran pernafasan akibatnya menimbulkan gejala seperti batuk, nafas mengikik dan sulit bernafas.

Inhaler yang mengandung Corticosteroids biasanya paling efektif untuk mengurangi pembengkakan dan memudahkan penderita asma untuk bernapas. Tetapi banyak penderita asma agak khawatir terhadap efek dari penggunaan menghirup Corticosteroid dalam jangka waktu yang panjang.

Pada kasus asma seperti ini, pengobatan dengan Annise Herbal Aromatherapy dapat membantu mencegah dan mengobati asma. Meskipun penderita asma tidak secara langsung berhenti mengkonsumsi obat-obatan tanpa seizin dokter, namun Annise Herbal dapat mengurangi penggunaan obat-obatan dan corticosteroid. Kedepannya punya potensi mengurangi kambuhnya asma.

Annise Herbal Aromatherapy yang terdiri dari minyak esensial dan bahan-bahan alami lainnya dapat mencegah asma dalam beberapa hal:

Antiseptik dan antibakteri: sangat membantu untuk menyembuhkan infeksi dan mematikan bakteri pada saluran pernafasan seperti rongga hidung, tenggorokkan dan saluran udara ke paru-paru.
Spasmolitik: membantu meringankan spasme otot polos yang digunakan untuk mengurangi sesak dan batuk.
Mukolitik dan ekspektoran: membantu melarutkan lendir dan mematikan kuman-kuman didalam lendir tersebut dan mempunyai efek ekspektoran yang menyebabkan penguraian sekret serta aktivitas silia.
Antiinflamasi: mempunyai efek anti radang yang dapat mengurangi peradangan dan pembengkakkan pada saluran pernafasan.

Produk Annise Herbal untuk keluhan ASMA:
Asthma Relief Inhalation mempunyai zat-zat yang bersifat antispasmodik yang dapat mengurangi sesak dan batuk.

Cara penggunaannya dengan menuangkan 2-3 tetes Asthma Relief Inhalation pada tissu atau saputangan, lalu dihirup perlahan-lahan.

Asthma Relief Oil mempunyai sifat anti-inflamasinya membantu mengatasi pembengkakan dan peradangan pada rongga-rongga pernafasan.

Cara penggunaannya yaitu menuangkan secukupnya Asthma Relief Oil pada seluruh tubuh dan dipijatkan secara perlahan-lahan sampai meresap kedalam lapisan kulit.

Sinus Clear Oil membantu mengatasi pilek atau hidung tersumbat dengan merangsang pengeluaran lendir yang kental dari rongga-rongga hidung, mengatasi bersin-bersin, dan membantu menyembuhkan infeksi pada rongga-rongga sinus.

Cara penggunaannya yaitu menuangkan 3-4 tetes Sinus Clear Oil pada telapak tangan dan dipijatkan memutar pada area sekitar hidung dan rongga-rongga sinus pada pipi dan dahi.

Semoga bermnafaat. Untk informasi dan konsultasi silahkan email ke info@anisherbal.com atau telp di 021.70889930. (Klinik Annise Herbal. untuk konsultasi tidak dikenakan biaya).

obat asma yang paling bagus?
Q. obat asma yang paling bagus utk orang tua diatas 60 tahun apa ya. kalau ada dimana belinya, makasih ya atas jawabannya

A. Obat asma bergantung pada kenyamanan masing-masing penderita asma. bagus untuk yang lain tapi belum tentu bagus untuk lainnya.
Namun demikian, beberapa pilihan obat dapat dijadikan pertimbangan:

1) Euphyllin Retard Mite 125 mg (dosis rendah), diminum 2x1, jika sesak aja.

2) Obat semprot (Berotec, Symbicort 80, dll)
Dan masih banyak jenis lain. Kedua obat di atas tergolong obat mahal, tapi belum tentu cocok, adakalanya seseorang lebih cocok dengan obat sederhana.

Obat lain:
Jika disertai batuk, dapat ditambahkan ambroxl 30 mg (merk apapun), diminum 3x1, untuk mengencerkan dahak supaya nafas longgar.

Jika dengan keduanya masih belum membaik, dapat ditambahkan steroid, misalnya Methyl prednisolon, diminum 2x1 bersamaan dengan obat lainnya. Dengan tambahan steroid biasanya lebih cepat menanggulangi sesak. Hanya saja, obat steroid kadang memiliki efek samping wajah membengkak.

Pada dasanya, jika asma disertai dengan batuk, maka obatnya terdiri dari 3janis, yakni:
1) Bronkodilator (melonggarkan saluran nafas), misalnya: Euphyllin Retard Mite 125 mg, diminum 2x1, atau obat semprot.

2) Ekspektoran (mengencerkan dahak supaya mudah keluar), misalnya: ambroxol 30 mg (merek apapun) atau Bromhexine 8 mg (merek apapun, diminum 3x1.

3) Steroid, misalnya methyl prednisolon (merk apapun), diminum 2x1.

ketiga jenis obat tersebut diminum bersamaan terutama saat kambuh dan dapat diimpan jika udah sembuh.

Trims

Nebulizer untuk Asma?
Q. Saya menderita asma sejak kecil, sampai saat ini sudah di derajat sedang menjelang berat... lumayan sering kambuh, terutama saat pergantian cuaca, bisa sampai harus k ugd. Saya juga menggunakan obat inhalasi.
Beberapa org menyarankan saya utk sedia alat nebulizer di rumah, apakah ada yg bisa memberikan info tentang kandungan obat yg harus dimasukan ke dalam nebulizer?
Terima kasih

A. Harga 1 alat nebulizer sekitar 600000 perak,
obatnya jika anda asma pilihannya: :
Bisolvon : untuk mengencerkan dahak
atroven : untuk melonggarkan saluran nafas
meptin : idem
berotec : untuk melonggarkan saluran nafas
inflamid : untuk anti radang
combivent : kombinasi untuk melonggarkan saluran nafas
pulmicort : kombinasi anti radang dengan obat yg melonggarkan saluran nafas
NaCl : air garam, bisa untuk mengencerkan dahak

kombinasi yang dianjurkan :
bisolvon - berotec - NaCl
pulmicort - NaCl
Combivent - NaCl
atroven - bisolvon - NaCl

Bisa dibantu astifen tablet untuk, memperjarang serangan

alkohol Vs Asma..............?
Q. ada yg tau gak seh ttg asma..
aku lg brtanya2 sndiri neh,,,
aku gak pnya pnyakit asma,,umurQ 23 tahunn,,,ada seh keturunan asma,,
tp ko selama2 thn terakhir setiap aku habis minum alkohol,,gak tau krn kebanyakan atw gmn,,kok dadaQ sesek bgt...
awalnya aku mikir krn aku perokok,n suka minum cofimix,,trus alkohol jg dihari yg sama,,pasti sesaknya dtg,,
trnyta setelah aku berhenti rokok,,,kok msih seperti itu yak...
ada yg tau gak tuh asma atw bukan?????$^&%^*&^*&*^*
tp setiap sesaknya dtg,,aku cm butuh waktu gak begitu lama bs normal lg n melanjutkan minum alkoholnya disaat yg bersamaan jg ( hnya rebahan bntr n num air pth yg bnyk )
tolong infonya yak.ty

A. Ada dua jenis asma yaitu basah dan kering. Itu ada organ yg harus dibetulkan. Lebih jelasnya hub kusni.krpt@yahoo.co.id




Powered by Yahoo! Answers

No comments:

Post a Comment

Post a Comment