Saturday, April 13, 2013

makanan buat penyakit maag dan asam lambung?

Q. 1. Apakah maag, asam lambung dan tukak usus 12 jari itu sama?? Berikan alasannya
2. Apakah makan permen karet rasa pepermint ato mentol dpt mengurangi asam lambung???
3. Makanan, cemilan ato minuman ap yg dpat mengurangi asam lambung???

Sy tunggu jwabx


Thanks

A. 1) Sama.
Maag atau radang lambung atau tukak lambung / tukak usus 12 jari adalah gejala penyakit yang menyerang lambung dikarenakan terjadi luka atau peradangan pada lambung yang menyebabkan sakit, mulas, dan perih pada perut.

2) Dapat.
Manakala anda menelan air liur, pada saat
yang sama lambung akan dibersihkan dari
segalanya, termasuk asam. Hal ini terjadi karena air liur saat mengunyah, terutama permen yang memiliki sedikit kandungan gula, mampu menurunkan asam lambung. Ini dikarenakan pH air liur yang basa, itu sebabnya ia dapat menetralisir asam.
Air liur yang bertambah juga bisa meningkatkan kebersihan lambung.

3) Makanan yang dapat mengurangi asam lambung diantaranya permen karet rasa pepermint atau mentol, jus kurma, makanan yang mengandung kunyit.
Kunyit memiliki senyawa seperti turmerone, cineol, borneol, dan zingiberene untuk mengatasi nyeri lambung dengan mencegah produksi berlebih asam lambung , sehingga erosi selaput lendir pada lambung dapat dihindari.

Nah, adakalanya kita mencegah meningkatnya asam lambung dengan tidak memakan makanan yang pedas, yang mengandung santan, kafein (seperti kopi, minuman bersoda (sifatnya sangat asam), cokelat, dan makanan yang digoreng.
Cokelat dan makanan yang digoreng mengandung lemak yang tinggi, sehingga dapat menyebabkan kadar asam di lambung meningkat.

Sekian, semoga bermanfaat :)

asam lambung meningkat, pangkal lidah terasa pahit?
Q. - apa benar bila air liur di pangkal lidah terasa pahit merupakan akibat meningkatnya asam lambung?
- bagaimana cara menetralisir asam lambung itu sendiri?
thnx..=)

A. Adakalany asam lambung yang naik sampai kerongga mulut menyebabkan rasa pahit atau asam.
Untuk menetralisir asal lambung :
* jangan biarkan lambung kosong
* jangan makan/minum yang asam dalam keadaan lambung kosong
* bila keluhan dirasa sangat mengganggu terpaksa harus dibantu dengan obat
pengurang asam lambung atau biasa disebut obat maag, ambil yg paling
ringan dahulu : seperti neosanmag. ( bisa dibeli bebas)

Tentang asam lambung nich ?
Q. Sudah seminggu terakhir ini setiap pagi kalau mau gosok gigi/ sedang gosok gigi saya selalu mual, nyeri dan ingin muntah. Beberapa minggu sebelumnya saya juga sempat asma dan badan terasa sakit semua sampai-sampai saya malas ngapa-ngapain. Apalagi mendekati haid, emosi saya semakin ga terkontrol.
Tadinya, saya pikir cuma masuk angin dan kurang istirahat. Tapi kata temen dan artikel di internet, gejala2 yang saya alami adalah gejala asam lambung yang naik. Saya memang punya gejala maag, tapi itu dulu. Alhamdulillah sudah hampir 6 bulan ga pernah kumat lagi. Sekarang karena kesibukan saya belum sempat periksa ke dokter.
Mohon informasi dan saran dari teman - teman semuanya.
Apakah benar asam lambung saya naik dan apa yang harus saya lakukan untuk mengurangi nyeri, mual dan rasa ingin muntah yang benar - benar membuatku sakit?
Tx sebelumnya.

A. dulu aku jg bgitu tp stelah aku telatenin pagi minum air parutan kunyit sm madu dan malam minum rebusan jahe merah dan madu yang hangat..asam lambung itu hilang dengan sendirinya...staminapun jd gak lemas..mungkin permulaan akan buang-buang air dan mengeluarkan gas ataw dahak yg sering tp gak usah kwatir itu gas yang mengakibatkan asam lambung naik...jgn stress yach

makanan penyebab asam lambung?
Q. ada yang tau gak ya.........makanan atau hal apa aja yang harus dihindari sama penderita asam lambung, thanks

A. Cari Penyebabnya Saat Menyerang

1. Kenali terlebih dahulu apakah gejala yang kita alami itu benar-benar sakit mag. Apabila memang mag, maka dapat diberikan obat yang mampu menetralkan asam lambung atau melakukan pemeriksaan yang mendetil apakah terjadi luka di lambung atau adakah kuman yang hidup di lambung atau kurangnya enzim.

2.Menghindari makanan yang dapat memicu timbulnya gejala kambuhnya mag, dan meningkatkan produksi asam lambung seperti kembang kol, ubi, ketan, kopi, keju, susu full cream, coklat, dan soda.

3.Kendalikan stress.

4.Mengatur jam makan. Bagi penderita mag, jangan membiarkan perut terlalu kosong dalam waktu empat jam atau lebih karena memicu naiknya asam lambung. Untuk itu, sebaiknya selalu sediakan snack atau cemilan untuk dikonsumsi setiap dua jam.

5. Bagi penderita mag, lebih baik makan sedikit tapi sering daripada sekaligus banyak.

6. Selalu sedia obat antacid atau obat yang jenisnya mampu menetralkan asam lambung.

7. Lebih tepat bila merasakan gejala mag konsultasi dokter untuk mendapatkan penanganan yang terbaik.

apa ada dampak dari asam lambung yang naik?
Q. buat yang tau mohon jwabannya.......apa sie resiko dari asam lambung yang naik??
truz p bisa kkena resiko kanker???

A. Asam lambung yg tinggi pengaruhnya paling ringan iritasi lambung, kemudian luka lambung yg bisa menjadi polip pada lambung, usus 12 jari, ato bisa terus menjadi kanker bila polip tsb berubah kearah yg ganas.

Seseorang setelah divonis mempunyai penyakit lambung meskipun ringan sulit sekali utk sembuh, obat2an hanya bisa mengurangi angka kekambuhannya, Jadi selagi masih ringan dianjurkan utk menjaga pola makan yg baik, mengurangi tingkat stress yg merupakan salah satu pemicu naiknya asam lambung.Menghindari obat-2an yg mengakibatkan tingginya asam lambung.

Obat2an yg biasanya dipake, Utk Menetralkan Asam Lambung yaitu Antasida(Polysilane,Promag), Utk Luka/tukak Lambung biasanya Gol Ranitidine, kalo parah bisa pake Omeprazole. Tetapi sebaiknya obat2an tsb diberikan oleh dokter umum ato Gastroenterolog(spesialisnya)

Jadi Utk yg belon kena penyakit lambung supaya menjaga pola makan yg baik, minimal dng modal ini kita bisa mengurangi kena penyakit lambung

Mudah-mudahan bermanfaat.




Powered by Yahoo! Answers

No comments:

Post a Comment

Post a Comment