Friday, April 12, 2013

Jarak menstruasi yang tidak teratur apa itu berbahaya? Hal itu karena apa? dan apa solusi nya agar lancar?

Q. Problem Menstruasi

A. Siklus menstruasi yang tidak teratur bisa menjadi gejala gangguan yang lebih serius, khususnya endometriosis, uterine fibroid serta tumor. Jika siklus Anda tidak teratur, ada baiknya berkonsultasi dengan dokter.

Penyebab menstruasi tidak teratur yang sering ditemui dan dialami banyak wanita, yaitu :

1. Ketidak seimbangan hormon estrogen dan progesteron

2. Jarak siklus haid cukup jauh dengan haid pertama

3. Aktivitas seksual yang berlebihan

4. Melakukan diet yang ketat

5. Berat badan yang tidak seimbang

6. Tingkat masa subur yang terganggu akibat adanya kelenjar dan hormon berlebih

7. Keletihan, karena sering melakukan aktivitas yang padat dan berat

8. Stress

tips mengatasi menstruasi yang tidak teratur:

1. Refreshing sejenak dari rutinitas yang melelahkan

2. Mengonsumsi obat yang mungkin bisa membantu melancarkan menstruasi

3. Periksa kesehatan ke dokter jika mengalami atau menderita suatu penyakit yang tidak anda ketahui

4. Menjaga pola makan yang baik dan teratur

5. Mengonsumsi buah â buahan yang banyak mengandung serat , vitamin C, dan K

6. Jangan melakukan suatu pekerjaan berat, karena akan menganggu kerja hormon dalam tubuh

*smoga brmanfaat

menstruasi tidak lancar?
Q. menstruasi terbilang cepat yaitu 21hari setelah menstruasi sebelumnya.tetapi menstruasi kali ini sedikit , tidak banyak seperti sebelumnya.dan kadang juga berhenti. apakah ini berbahaya?apa yang harus di lakukan?

A. Sebagian perempuan mengalami haid yang tidak normal, seperti usia haid yang datang terlambat, jumlah darah haid yang sangat banyak sampai-sampai harus berulang kali mengganti pembalut, nyeri atau sakit pada saat haid, gejala PMS (Pre Menstruasi Syndrom), siklus haid yang tidak teratur dan masih banyak lagi. Gangguan ini jangan didiamkan karena dapat berdampak serius. Haid yang tidak teratur, misalnya dapat menjadi pertanda infertilitas.
Amenorrhea digolongkan menjadi dua, yaitu amenorrhea primer dan sekunder. Amenorrhea primer adalah di mana seorang perempuan yang sudah berusia sampai 14 tahun belum juga mengalami haid. Keadaan ini seringkali diakibatkan oleh kelainan yang didapat sejak lahir, baik kelainan genetik, misalnya pada sindroma Turner maupun kelainan karena adanya abnormalitas pada proses perkembangan alat-alat reproduksi, misalnya pada penyakit agenesis Tuba Muller yang menyebabkan tidak adanya rahim pada tubuh penderita.

Amenorrhea primer dapat juga disebabkan oleh sumbatan atau halangan di daerah vaginal. Kasus hymen imperforata, misalnya. Ketiadaan haid disebabkan oleh selaput dara yang terlampau tebal dan menutupi seluruh rongga vagina sehingga darah haid tidak bisa keluar. Kasus ini diperbaiki dengan jalan operasi.

Amenorrhea sekunder adalah tidak haid lebih dari tiga bulan setelah kejadian haid sebelumnya. Hal ini disebabkan oleh masalah anatomik, yakni jaringan parut endometrium karena infeksi atau kuretase, dan anovulasi. Anovulasi ini disebabkan oleh kegagalan ovarium dalam mensekresi estrogen dan progesteron. Penyebab paling sering dari amenorrhea sekunder adalah hamil dan menyusui, menopause dan menopause prematur, yaitu menopause yang terjadi pada usia kurang dari 40 tahun. Selain itu, amenorrhea sekunder juga disebabkan oleh malnutrisi atau asupan gizi yang buruk yang menyebabkan penurunan berat badan secara drastis, stres, obesitas, dan latihan fisik yang berlebihan.

Sewaktu anak saya mengalami hal ini pun saya panik dan bingung, lalu saya beri dia makan Pmg dan Bp (maaf ya ga bsa scr spesifik ntar dkira iklan), alhasil anak saya sudah tdk pernah lg mengalami berbagai keluhan sewaktu haid.
Semoga dpt membantu.
mribka25@yahoo.com

menstruasi pada saat kehamilan?
Q. menstruasi dan ovulasi tidak terjadi selama seorang wanita mengalami kehamilan. mengapa hal itu dapat terjadi?

A. saat menstruasi telur yang siap dibuahi keluar bersama dengan rahim yang menyeluruh dalam bentuk darah..
ketika hamil (telur berarti sudah dibuahi) rahim sebagai tempat zigot sehingga jika menyeluruh berarti keguguran . .


kira2 begitu penjelasannya, semoga membantu.....

bagaimana kalau waktu menstruasi biasanya lancar dan tepat waktu tapi kali telat udah sampai 1 minggu lebih?
Q. tentang terlambat menstruasi

A. itu hal yg wajar
selama ini lancar dan normal, karena kondisi tubuh sedang normal
telat menstruasi dari tgl biasanya, karena faktor
1. kondisi tubuh kurang sehat, mempengaruhi kelancaran menstruasi
2. faktor psikologis, misalnya, lagi banyak masalah / stres, yg menghambat proses menstruasi

pengaruhnya,
1. ada yg lebih cepat dari tgl biasanya
2. ada yg lambat dari biasanya

jadi, supaya normal lagi, normalkan dulu fisik dan psikis anda

Menstruasi tidak lancar?
Q. Apa saja sih yang menyebabkan menstruasi tidak lancar ?
Kadang-kadang saya mengalami mens banyak sekali, tetapi dibulan depannya menjadi sedikit. Dan juga waktunya tidak menentu. Bagaimanakah cara menghitung jadwal menstruasi?
umur saya 22 tahun. Apakah ini akan berdampak buruk nantinya? terima kasih.
Apa saja sih yang menyebabkan menstruasi tidak lancar ?
Kadang-kadang saya mengalami mens banyak sekali, tetapi dibulan depannya menjadi sedikit bahkan bisa sampai tidak datang bulan. Dan juga waktunya tidak menentu. Bagaimanakah cara menghitung jadwal menstruasi?
umur saya 22 tahun. Apakah ini akan berdampak buruk nantinya?
apakah ada vitamin atau suplemen yang baik dan aman untuk dikonsumsi sebagai tambahan hormon ? terima kasih.

A. Menstruasi atau haid merupakan peristiwa luruhnya lapisan dinding dalam rahim yang banyak mengandung pembuluh darah. Peristiwa ini terjadi setiap bulan dan berlangsung selama 3-7 hari. Waktu sejak hari pertama menstruasi sampai datangnya hari pertama menstruasi pada periode berikutnya disebut dengan siklus menstruasi. Pada sebagian perempuan, siklus menstruasi tidak sama. Pada umumnya siklus itu berlangsung kurang lebih 28 hari (20-35 hari). Pada masa remaja biasanya memang mempunyai siklus yang belum teratur, bisa maju atau mundur beberapa hari. Hal ini dipengaruhi oleh kondisi fisik dan psikis. Apalagi pada masa-masa remaja, hormon-hormon seksualnya belum stabil. Semakin dewasa biasanya siklus menstruasi lebih teratur walaupun tetap saja bisa maju atau mundur beberapa hari karena faktor stres atau kelelahan. Siklus mentruasi dipengaruhi oleh kepekaan terhadap hormon. Jika perempuan dari garis keluarga Bapak atau Ibu siklus mentruasinya memang tidak teratur maka kemungkinan anaknya mengalami hal yang sama atau jika seseorang mengalami tekanan psikologis meka ada kemungkinan siklus menstruasinya menjadi tidak teratur. Bisa lebih cepat, bisa juga lebih lambat, bisa juga sebulan sampai 2 kali mengalami menstruasi dan ini bukan selalu dikarenakan adanya penyakit.



Pada masa remaja biasanya menstruasi memang belum teratur, terutama pada bulan-bulan awal ketika baru mengalami manstruasi. Siklus menstruasi maksudnya jarak antara hari pertama menstruasi bulan ini sampai hari pertama menstruasi bulan berikutnya dan lamanya berbeda-beda pada setiap orang. Siklus haid yang normal adalah 28 hari dengan variasi kurang lebih 4 hari.



Tetapi jika dirasa ada kelainan yang mengganggu atau mencurigakan karena diluar dari kebiasaan, maka sebaiknya segera periksa ke dokter untuk memastikan apakah hal itu disebabkan oleh penyakit atau hanya akibat tekanan psikologis. Gimana sudah jelas kannn....




Powered by Yahoo! Answers

No comments:

Post a Comment

Post a Comment