Thursday, April 18, 2013

Batuk kering terus menerus?

Q. Saya sekarang mengalami batuk tapi tidak berdahak. Jika sudah batuk maka akan terus menerus sampai perut saya kejang. Jika batuknya berhenti biasanya keluar sedikit dahak berwarna putih encer seperti ludah tapi sedikit kental. Batuk sering terjadi waktu saya tidur tapi jika dipakai bangun maka batuknya akan reda. Kira2 ada yang tahu batuk apakah ini dan obat apa yang paling tepat untuk cepat sembuh?? Plssss.......

A. Saya turut prihatin dangan kondisi anda dan mudah-mudahan saya bisa membantu.

Bila dilihat dari kondisi anda, dapat dinilai gejala batuk anda telah berlangsung lama,hal ini dikarenakan sudah timbulnya nyeri perut akibat kontraksi perut yang lama karena batuk lama.

Sebenarnya ada beberapa penyakit yang menimbulkan kondisi batuk, yaitu :
1. Bronkitis akut
2. Bronkhitis kronik
3. TBC paru
4. Peneomonia
5. Abses Paru
6. Carcinoma paru
7 dll

Selain diatas batuk juga dapat disebabkan oleh masuknya benda asing kedalam saluran napas, misalnya saat penderita makan, atau pada penderita trauma yang disertai dengan kesadaran menurun. Keadaan ini disebut sebagai pneumonia aspirasi.

Bila dilihat dari keluhan anda, nampak adanya batuk yang disertai dengan dahak yang encer dan berwarna putih. Warna putih pada dahak dapat sebagai pertanda infeksi virus dan warna kuning kehijauan dapat sebagai indikasi infeksi bakteri, Meskipun secara fisis ini kadang dibenarkan, namun penting untuk dilakukan pemeriksaan sputum guna menentukan agen penyebabnya,

Kemungkinan penyebab dari batuk anda oleh karena infeksi virus, tapi ini sebenarnya masih terlalu dini buat kita untuk menegakkan dignosis berhubung karena data yang anda beri belum cukup untuk kita interpretasikan ke arah penyakit yang sepsifik, oleh karena itu silahkan anda konsultasi ke dokter spesialis interna dahulu, lakukan pemeriksaan sputum dan foto torax bila diminta, kemudian selama pemulihan sebaiknya anda perbanyak istirahat dan hentikan merokok bila anda perokok.

Untuk pengobatan sementara, saya usulkan obat untuk meringankan kondisi anda :
1. Mucotusan 2 x 1 (obat Batuk Tablet )
2. Amoksisilin tablet 500 mg 3 x1
3. Vitamin untk menjaga vitalitas tubuh, Neurodex 2 x 1

Bila gejala batuk anda memberat, silahkan anda kedokter. Makasih

batuk sudah 2 bulan tidak sembuh2?
Q. batukku ini terasa menekan di daerah dada, tidak berdahak sekali, hanya sedikit. Sudah berbagai obat merek obat batuk saya minum termasuk resep tradisional yaitu madu campur jeruk nipis. Kira2 apa ya sakit saya ini?

A. 2th yll aku pernah mengalami hal yang sama.
periksa dokter katanya radang paru2 sudah kronis alias atsma.
sampai opname 1 minggu.
padahal aku baru mengalami batuk yang kaya gitu selama hidup ( umur skrng 35th)
obat apotik, obat warung, kencing, beling pun aku makan. hasilnya tetap saja.
ada persepsi seorang dokter, kalau virus batuk dalam kurun waktu 3hari tdk di basmi
maka ia akan subur.
kalau 7hari belum terbasmi pula, maka dia akan semakin kuat sampai masa 100hari.
resep jeruk nipis yang anda pakai itulah yang menyembuhkanku.
memang reaksinya tdk seperti obat.
harus rutin dan jangka waktunya lama baru terasa.
bersyukur sudah 2th ini tdk pernah batuk lagi.
( aku perokok kuat, dan pada saat batukpun tdk berhenti merokok)

Batuk berdarah tapi TBC jg tidak,kenapa?
Q. aq mo tanya kenapa batuk kadang mengeluarkan darah?sebelumnya saya pernah rontgen hasilnya paru-paru dalam batas normal. Ketika batuk rasa'y sakit dari perut sampai tenggorokan seperti ada udara yang tertahan bunyi'y nghikk. Saya punya riwayat sakit jantung.

A. sebaiknya ke dokter spesialis, hasil rontgen saja blm bisa membantu. karena riwayat penyakit akan jelas klu dengan dokter. klu batuk bunyi nghikk biasanya karena paru2 (bengek), ya kalu anda perokok sebaiknya berhenti dulu merokok... banyak olahraga dan minum air putih (hangat), semoga baik2 saja...

Bagaimana menegur perokok dg sopan?
Q. dah di sindir dgn menutup hidung, batuk-batuk, gak mempan cing....gimana yach cara negur dg sopan????

A. Dulu waktu masih jd perokok (dan suka ngerokok sembarangan), biasanya gw tersinggung bener dan marah kalo ada orang di sekitar gw yg demonstratif kibas2 tangan atau tutup hidung ataupun pake acara batuk2 segala.... kalo pelakunya ce, malah makin gw sengaja dihembus2kan, kalo pelakunya co malah gw pancing2 biar jadi ribut beneran... dan dengan postur gw gini, selalu nya orang2 nya pd nyingkir (dikira gila kali ye ..)... ..ha ahahahah... wah konyol bener lah kelakuan dulu itu..

Tapi dulu biasanya gw langsung matiin kalo ada orang yg meminta tolong dgn sopan sambil senyum lagi untuk mematikan dengan alasan sakit, kayak asma atau pusing...dan sejenisnya (perokok kan jg manusia.. hehehe)
Sebagai mantan perokok berat yg kebanyakan temennya perokok jg, gw yakin meminta (bukan menegur ya) dgn sopan plus sedikit senyum pasti akan lebih dihargai oleh para perokok.

Perokok, apakah sehat?
Q. hallo.... ^_^
sebentar lagi aku bakalan pergi ke Australia
otomatis harus check kesehatan dulu

mungkin ga, perokok bisa lolos dalam check kesehatan, dan dinyatakan sehat (takutnya g' bisa, dan kena flek paru-paru)

tolong dijawab.... ^_^

A. hahahaha....

ya jelas lah.. perokok itu ga sehat... kata siapa hobi memasukkan asap ke tubuh itu sehat... ^^

kamu tau?? di dalam asap rokok terdapat 10 radikal bebas yaitu radikal hidroksida (OH). hahahaha... aku dpt pelajaran ini beberapa bulan lalu, hasil presentasiku... jd aku msh ingat bgt mengenai dampak merokok ini. bahkan aku yg pecinta anime/manga yg mengagung2kan chara anime dgn kekuatan hebat, aku pikir bs kalah dgn teori perokok berat ini. hehehehe....

bahkan bs dibilang merokok merupakan jurus mematikan.. yg bs dilakukan semua orang. hahahahaha... ok langsung aja... aku jelasin sedikit dampak dr merokok.. semoga anda bs cepat menghentikan kebiasaan buruk ini...

balik lg ke radikal hidroksida (OH), dlm 1 hisapan, OH sebagian mengendap di lapisan muskus (yg melapisi mukosa bronkus. semoga ngerti ^^), ~> menghambat aktifitas silia (silia: bulu2 halus yg ada di paru2, bulu2 yg mengusir benda2 asing macam debu keluar/bersin ~> pergerakan cairan mukosa brunkus berkurang ~> terjadi iritasi epitel mukosa bronkus ~> kelenjar mukosa dan sel goblet dirangsang untuk menghasilkan muskus meningkat (yg menyebabkan batuk kronis)

dan sebagian besar radikal bebas sampai ke alveolus ~. bs merusak parenkim paru

keduanya menyebabkan penumpukan muskus (cairan) kental dlm jumlah besar yang menstimulasi kolonisasi bakteri (mudah terjadi infeksi dan memperlambat proses penyembuhan).

terjadi peradangan, dan merangsang dikeluarkannya histamin dan serotonin, edema (pembengkakan) paru dan jaringan ~> bs menyebabkan bronkokonstriksi dan bila berkepanjangan bs terjadi erosi epitel, pembentukan jaringan parut, dan lapisan mukosa menebal.

obrtuksi saluran napas (wheezing/ seperti dengkur kucing ^^) dan saat ekspirasi maksimal, saluran nafas bagian bawah paru akan meningkat sepat n banyak yg tertutup.

dan akibat dr itu ada dua:

1. CO2 setempat meningkat ~> dilatasi saluran napas normal (lupa mksdnya gmana. sorry^^) ~> aliran udara menurun.

2. O2 menurun (hipoxia), aliran darah menurun, terjadi hipertensi pulmonal ~> hypertropi n dilatasi ventrikel kanan (dlm jangka wktu lama bs menyebabkan koor pulmonal) ~> bs terjadi gagal jantung kanan ~> darah membendung di vena (bs terjadi peregangan di vena jugularis krn nepar tertekan) ~> hepatojugularis rellux.

dan lain..lain.. hehehe...

aku msh belum mahir menjelaskan proses2 dan penyakit2nya apa. maklum.. msh kaku. hehehe... kira2 begitu... jadi dampaknya banyak bgt.. kamu hitung aja ada berapa penyakit dr asap rokok itu. km tnggal pilih aja mau kena penyakit apa, hehehe.. gratis kok... cm berobatnya bayar. bs menguntungkan kami para calon dokter nantinya. ga mau donk.. liat dokter2 yg ada di dunia ini kaya.. gara2 penyakit yg kalian datangkan itu.,

blm lagi komplikasinya .. dr pada menyesal, mending hentikan kebiasaan buruk meningkatkan penghasilan para dokter ok..hehehe...

thanks ^^

klo ada yg mo konsultasi ttg penyakit bs hubungi kisha_andari@yahoo.com atau missfussy_vanillalop@yahoo.com

thanks.. aku bantu semampuku.. sekaligus meningkatkan kemampuan n pengetahuan ttg penyakit. ok.. thanks ^^




Powered by Yahoo! Answers

No comments:

Post a Comment

Post a Comment