Wednesday, February 6, 2013

apa itu penyakit hepatitis-c?

Q. penyakit hepatitis-c menyerang tubuh apa?

A. Adalah penyakit hati yang disebabkan oleh virus Hepatitis C (HCV= Hepatitis C virus). Virus Hepatitis C masuk ke sel hati, menggunakan mesin genetik dalam sel untuk menduplikasi virus Hepatitis C, kemudian menginfeksi banyak sel lainnya.

15% dari kasus infeksi Hepatitis C adalah akut, artinya secara otomatis tubuh membersihkannya dan tidak ada konsekwensinya. Sayangnya 85% dari kasus, infeksi Hepatitis C menjadi kronis dan secara perlahan merusak hati bertahun-tahun. Dalam waktu tersebut, hati bisa rusak menjadi sirosis (pengerasan hati), stadium akhir penyakit hati dan kanker hati.
Penyebab Hepatitis C


virus Hepatitis C

Hepatitis berarti pembengkakan pada hati.Banyak macam dari virus Hepatitis C. Dalam banyak kasus, virus yang masuk ke dalam tubuh, mulai hidup di dalam sel hati, mengganggu aktivitas normal dari sel tersebut, lalu menggunakan mesin genetik dalam sel untuk menduplikasi virus Hepatitis C kemudian menginfeksi sel lain yang sehat.

Jika anda penderita Hepatitis C, sangat penting untuk mengkonsumsi makanan sehat dan menghindari alkohol. Alkohol akan memperparah kerusakan hati anda, baik anda dalam pengobatan ataupun tidak.

Salah satu gejala umum dari Hepatitis C adalah kelelahan kronis. Kelelahan juga bisa sebagai efek samping pengobatan Hepatitis C. Rasa lelah akibat Hepatitis C dapat diatasi dengan istirahat cukup dan menjalankan olah raga yang rutin.

Virus Hepatitis C sangat pandai merubah dirinya dengan cepat. Sekarang ini ada sekurang-kurangnya enam tipe utama dari virus Hepatitis C (yang sering disebut genotipe) dan lebih dari 50 subtipenya.

Hal ini merupakan alasan mengapa tubuh tidak dapat melawan virus dengan efektif dan penelitian belum dapat membuat vaksin melawan virus Hepatitis C. Genotipe tidak menentukan seberapa parah dan seberapa cepat perkembangan penyakit Hepatitis C, akan tetapi genotipe tertentu mungkin tidak merespon sebaik yang lain dalam pengobatan.
Gejala Hepatitis C

Sering kali orang yang menderita Hepatitis C tidak menunjukkan gejala, walaupun infeksi telah terjadi bertahun-tahun lamanya.

Jika gejala-gejala di bawah ini ada yang mungkin samar :

* Lelah
* Hilang selera makan
* Sakit perut
* Urin menjadi gelap
* Kulit atau mata menjadi kuning (disebut "jaundice") jarang terjadi

Dalam beberapa kasus,Hepatitis C dapat menyebabkan peningkatan enzim tertentu pada hati, yang dapat dideteksi pada tes darah rutin. Walaupun demikian, beberapa penderita Hepatitis C kronis mengalami kadar enzim hati fluktuasi ataupun normal.

Meskipun demikian, sangat perlu untuk melakukan tes jika anda pikir anda memiliki resiko terjangkit Hepatitis C atau jika anda pernah berhubungan dengan orang atau benda yang terkontaminasi. Satu-satunya jalan untuk mengidentifikasi penyakit ini adalah dengan tes darah.
Penularan Hepatitis C

Penularan Hepatitis C biasanya melalui kontak langsung dengan darah atau produknya dan jarum atau alat tajam lainnya yang terkontaminasi. Dalam kegiatan sehari-hari banyak resiko terinfeksi Hepatitis C seperti berdarah karena terpotong atau mimisan, atau darah menstruasi. Perlengkapan pribadi yang terkena kontak oleh penderita dapat menularkan virus Hepatitis C (seperti sikat gigi, alat cukur atau alat manicure). Resiko terinfeksi Hepatitis C melalui hubungan seksual lebih tinggi pada orang yang mempunyai lebih dari satu pasangan.

Penularan Hepatitis C jarang terjadi dari ibu yang terinfeksi Hepatitis C ke bayi yang baru lahir atau anggota keluarga lainnya. Walaupun demikian, jika sang ibu juga penderita HIV positif, resiko menularkan Hepatitis C sangat lebih memungkinkan. Menyusui tidak menularkan Hepatitis C.

Jika anda penderita Hepatitis C, anda tidak dapat menularkan Hepatitis C ke orang lain melalui pelukan, jabat tangan, bersin, batuk, berbagi alat makan dan minum, kontak biasa, atau kontak lainnya yang tidak terpapar oleh darah. Seorang yang terinfeksi Hepatitis C dapat menularkan ke orang lain 2 minggu setelah terinfeksi pada dirinya.

Hepatitis B dan cara penangannya?
Q. saya kena sakit hepatitis B sejak 2002, sekarang dokter sudah menyatakan bahwa fungsi hati bagus namun HBSAG sya masih positif, yang saya ingin tanyakan gimana cara atau obat yang cocok agar HBSG sya normar...? Umur saya skarang 39 thn.

A. Rusdiansa,
Hepatitis B merupakan self limiting disease, yg artinya penyakit yg akan sembuh sndiri oleh sistem imun tubuh. HBSag merupakan selubung/kulit luar dri virus hepatitis B. Setelah seseorang sembuh HBSag ini masih tersisa d tubuh sebagai 'sampah' sisa2 dari virus tersebut, karna strukturnya yg kuat. Tapi hal ini tidak.berbahaya kok.
Dari pernyatan dokter anda mengenai fungsi liver yg sudah bagus, kemungkinan Hepatitis anda sudah sembuh, meskipun HBSag nya masih ada, tapi itu tidak masalah.

Mengenai terapi, karna ini penyakit yg sembuh sendiri maka biasanya yg diobati hanya gejalanya saja. Selain itu terapi pendukung fungsi hati biasanya ditambahkan utk membantu hati dan sisrem imun melawan virus. Contohnya adlh Hepatoprotektor.

Hepatoprotektor (pelindung hati) adalah istilah yang diberikan pada produk yang dipasarkan untuk melindungi hati dan/atau memulihkan
hati yang telah dirusak oleh racun, obat atau penyakit.
Sampai saat ini, belum ada obat yang disetujui sebagai hepatoprotektor. Tetapi ada berbagai jenis jamu atau campuran jamu yang dipasarkan di Indonesia sebagai hepatoprotektor. Produk
tersebut termasuk Hepasil dari Kalbe Farma, Hepacomb dari Sidomuncul, Hepagard dari Phapros, HP-Pro, Lesipar, Hepimun dan
beberapa produk lain.

Semoga membantu dan cepat sembuh.

Apakah hepatitis-B dapat disembuhkan?
Q. 1.Apakah penderita hepatitis-B dapat dinon-aktifkan dengan vaksinasi hepatitis-B,
2.Berapa lamakah waktu jika penderita Hepatitis-B dapat sembuh jika mengkomsumsi 3-TC HBV,dapatkah obat ini dibeli tampa resep dokter.
3.Anjuran dari dokter dan banyak pihak bahwa pengidap hepatitis-B harus banyak istirahat dan diet makanan yang teratur dan cukup.dapatkah yahoo answer menjelaskan
4.Bagaimanakah jika penderita Hepatitis-B berkerja 8-9 jam,bagaimanakah pengaturan pengobatan 3-TC HBV dan pola istirahat & diet makanan.
5.Jika hepatitis-B sudah dinon-akatifkan dalam tubuh apakah dapat aktif kembali.
6.Trima kasih untuk jawabannya.God Bless You

A. Hepatitis B adalah infeksi yg terjadi d liver dan disebabkan oleh virus. penyakit ini mudah sekali untuk menular dan bila suda menjadi sgt serius mampu memicu kanker liver. vaksinasi hepatitis B adalah untuk mencegah datangnya penyakit tersebut dan dianjurkan dilakukan pengecekan setiap 3 - 5 thn sekali.
Hampir 90% - 95% virus hepatitis B dpt disembuhkan. Bila seseorang telah sembuh dr hepatitis B maka dia akan kebal terhadap penyakit ini untuk selama hidupnya. penderita hepatitis B perlu sangat hati2 mengatur waktu kegiatan mereka, tidak boleh terlalu lelah, makanan yg memiliki asupan gizi yg cukup dan selalu mematuhi anjuran dr dokter.

apakah hepatitis A bisa sembuh ?
Q. seminggu yang lalu saya masuk rumah sakit dan divonis terkena hepatitis A. ada salah seorang teman saya yang bilang kalau hepatitis itu menular lewat air ludah. tapi saya agak sedikit terganggu dengan pernyataannya karena teman-teman yang lain jadi seperti menghindari saya. saya ingin tahu, apakah benar hepatitis A menular lewat air ludah, kalau ada yg lain, hepatitis A menular lewat apa saja? dan apakah hepatitis A bisa disembuhkan? apakah saya bisa normal kembali? atau orang yg pernah mengidap hepatitis A seumur hidup hepatitis ini akan ada di tubuh saya? mohon jawabannya segera ya ?? pliiiiissssss

A. Penyakit hepatitis A terutama menyerang anak dan kaum dewasa muda. Penyakit yang dikenal juga sebagai penyakit kuning (jaundice) ini penularannya berbeda dengan VHB dan VHC, yakni melalui makanan dan minuman yang tercemar kotoran yang mengandung virus ini. Bersifat stabil, sel hati menyembunyikan virus dalam sel empedu untuk kemudian virus masuk ke dalam sistem pencernaan. Sebab itu, kotoran penderita mempunyai konsentrasi tinggi selama periode infeksi.

Konsentrasi virus dalam kotoran penderita masih tetap tinggi 2 - 3 minggu setelah gejala penyakit muncul. Sedangkan air ludah dan cairan tubuh penderita mempunyai konsentrasi rendah. Virus hepatitis A (VHA) bertahan hidup 3 - 4 jam dalam ruang suhu normal. Di sini peralatan makan atau makanan yang tercemar VHA dengan sendirinya akan mudah menularkan penyakit ini. Hepatitis A bisa juga menular melalui kontak langsung, seperti melalui ciuman atau hubungan seksual.

Untuk memastikan seseorang mengidap VHA, dilakukan tes darah yang menunjukkan positif terhadap antibodi virus tersebut. Tes lebih tepat bila kadar ALT (serum alanine aminitransferase)dan AST (asparaten aminotransferase) menunjukkan angka di atas normal.

Mudah-tidaknya terinfeksi virus ini umumnya tergantung pada kondisi higienis lingkungan. Asia Tenggara termasuk wilayah berisiko tinggi. Sedangkan di AS 1/3 penduduk pernah terinfeksi virus hepatitis A, termasuk anak-anak di pusat penitipan anak yang tertular lewat alat makan yang dipakai bersama.

Gejala hepatitis A biasanya muncul akut, seperti gejala flu, mual, demam, pusing, air seni kemerahan, bagian bola mata yang putih menjadi kekuningan, dan perut sebelah kanan atas terasa sakit atau bebal. Namun, pada anak-anak kadang kala tidak timbul gejala yang mencolok.

Tidak ada pengobatan secara khusus pada hepatitis A. Asalkan dirawat dengan baik, biasanya bisa disembuhkan setelah enam bulan. Penderita harus beristirahat total (1 - 4 minggu), menghindari kontak badan dengan nonpenderita dan diberi makanan cukup protein, tapi rendah lemak. Bila dirawat di rumah, semua pakaian bekas dipakai, alat makan dan minum harus dicuci secara terpisah. WC sehabis digunakan penderita, dibersihkan dengan antiseptik. Mitos yang menyatakan, penderita sakit kuning harus makan banyak gula, tidak seluruhnya benar. Fungsi gula sebenarnya hanya menambah energi, agar kekuatan cepat pulih.

Komplikasi akibat hepatitis A hampir tidak ada, kecuali pada para lansia atau seseorang yang memang sudah mengidap penyakit kronis hati atau sirosis.

Agar tidak tertular, orang yang berhubungan langsung dengan penderita diberi imunisasi sementara dengan serum globulin imun. Sekarang ada vaksin keluaran SmithKline Beecham Inc, AS, terbuat dari VHA nonaktif yang diendapkan dalam larutan steril. Jadi bukan terbuat dari darah yang terinfeksi. Tubuh akan bereaksi terhadap virus nonaktif tersebut sehingga melindungi serangan VHA.

Hasil penelitian menyatakan, vaksin ini efektif pada lebih dari 90% orang. Efek sampingan tidak ada kecuali rasa sakit pada bagian yang terkena suntikan. Hanya sekitar 10% yang merasa kurang enak badan sehabis disuntik. Anak-anak antara usia 1 - 18 tahun diberi dua dosis vaksin initial dan booster antara usia 6 - 12 bulan. Orang dewasa diberi satu initial dosis kemudian booster dalam waktu 6 - 12 bulan. Efek proteksi baru terjadi paling tidak dua minggu setelah suntikan. Namun, belum diketahui berapa lama suntikan ini dapat memberikan proteksi terhadap VHA.

Apakah hepatitis A bisa kambuh lagi...?
Q. desember 2008,,saya divonis positif hepatitis A,,mnurut dokter yg merawat hasil tes darah menunjukkan adanya virus hepatitis B namun bisa hilang dengan sendirinya karena tubuh saya memiliki imun sendiri.. yang mau saya tanyakan,,beberapa bulan terakhir ini saya sering merasakan sakit di perut kanan atas.. dan hasil SGPT/SGOT menunjukkan di atas normal tapi masih di bawah 50.. apakah mungkin hepatitis A yg pernah saya derita,,kambuh lagi..??

A. Dari sekian banyak jenis Hepatitis (kita persempit jadi hepatitis A,B,C), Hepatitis A memiliki kemungkinan sembuh paling besar dibandingkan dengan Hepatitis B dan C. Hepatitis A bisa terjadi pada siapa saja termasuk anak-anak yang dikarenakan kelelahan, kurang minum, terlalu banyak konsumsi obat-obatan, minum minuman alkohol, dan sebagainya.

Untuk kesembuhan penderita Hepatitis A, pasien harus banyak beristirahat, tidak boleh terlalu capek dan minum air yg banyak. jangan pernah meminum minuman alkohol dan minumlah obat sesuai anjuran. Pandai-pandailah meminum obat. Carilah informasi mengenai obat tersebut pada apoteker di kota anda, perlu tidaknya obat tersebut dikonsumsi dan bagaimana cara mengkonsumsi obat tersebut yg baik dan benar. ada Obat2 tertentu yg tidak perlu dikonsumsi sampai habis dan ada yg harus sampai habis. ada yg cara penghentian pemakaian obat bisa secara langsung, ada yg hrs secara perlahan2.




Powered by Yahoo! Answers

No comments:

Post a Comment