Wednesday, October 16, 2013

tolong dijawab ya sangat dibtuhkan jwbnya?

Q. saya mau bertanya dokter saraf/bedah saraf untuk penyakit saraf terjepit yang bagus di indonesia siapa y?
dan beliau praktek di rumah sakit mana?
thx atas jwbnya.

A. silakan anda dtng k fisioterapi . disana anda akn mndpatkn terapi tuk pnyemnuhan tnpa obt . ^-^

Bagaimana cara mengatasi sakit pinggang?
Q. Beberapa bulan belakangan ini saya sering mengalami sakit pinggang. Ini terjadi bila saya duduk kelamaan atau salah posisi tidur. Pernah saya bawa ke dokter, katanya cuma saraf terjepit. Diberi obat, tapi tidak saya habiskan karena maag saya menjadi kambuh. Apa yang menyebabkan pinggang saya sakit? Bagaimana cara mengatasi sakit pinggang saya? Terimakasih sebelumnya.

A. Obat jenis anagesik memang menyebabkan perih pada maag.
Usahakan makan terlebih dahulu sebelum meminumnya.
Mandi air hangat, lalu usahakan tidur terlentang untuk beberapa hari.
Tetapi obat dokter sebaiknya tetap diminum.

Penyakit HNP?
Q. Saya ingin bertanya tentang Penyakit HNP atau saraf belakang terjepit.apakah rekan2 ada yang mengetahui cara pengobatannya, buat ibu aku nih..beliau dah coba pengobatan medis tapi belum membaik? ada saran ngga? atau pengobatan alternatif apa ya..dimana dan kira2 biayanya berapa?

Terimakasih banyak untuk informasinya...

A. HNP singkatan dari Hernia Nucleus Pulposus.
Ada keadaan tertentu yang memicu timbulnya penyakit ini, yakni impact/benturan yang cukup keras pada vertebrae (tulang belakang), misalnya karena kecelakaan lalu lintas, cedera olah raga, mengangkat beban terlalu berat atau posisi tubuh yang extreme, yang dapat mengakibatkan pergeseran Nucleus pada Vertebrae.

Untuk lebih dapat dipahami, saya akan memberikan gambaran yang mudah. Tulang belakang kita bentuknya tidak panjang seperti tulang kaki, tapi lebih menyerupai kubus kecil-kecil yang tersusun rapi dari perbatasan antara kepala dan leher, dan berakhir di tulang ekor. Di antara tulang-tulang tersebut, terdapat bentukan agak lonjong, padat, berfungsi sebagai "bantalan" antar tulang, dan juga membuat pergerakan tulang lebih lentur. "Benda" inilah yang disebut "Nucleus".

Pada tulang belakang, banyak terdapat bentukan seperti lekukan. Dan karena tulang belakang ini "berbaris" maka lekukan2 tersebut akan terlihat menyambung membentuk rongga yang panjang. Di dalam rongga tersebut, terdapat berkas2 syaraf yang berpangkal dari otak di dalam kepala kita.

Kembali ke Nucleus tadi. Jika seseorang mengalami cedera atau hantaman yang cukup kuat pada tulang belakangnya, maka Nukleus bisa terdorong keluar dari tempatnya. Pergeseran Nucleus ini dapat "menyenggol" syaraf yang ada di sekitarnya.

Keluhan yang dialami penderita bervariasi, tergantung syaraf mana yang terkena. Mulai dari rasa nyeri, sampai bisa terjadi kelumpuhan di kaki jika yang terkena adalah syaraf yang mempersyarafi daerah kaki.

Pengobatan medis sampai saat ini, dimulai dari yang konservatif seperti tidur dengan alas yang datar dan keras, minum obat2an, sampai ke tindakan yang lebih canggih, yakni tindakan operasi yang tujuannya adalah mengembalikan Nucleus ke tempatnya semula.

Sebaiknya ibu anda dikonsultasikan lagi ke Dokter Spesialis Syaraf dan Dokter Spesialis Bedah Syaraf. Jangan ragu untuk bertanya ke hal-hal yang detail (adalah hak pasien untuk mengetahui dengan jelas penyakitnya), resikonya jika dilakukan tindakan operasi, termasuk biaya dan komplikasi yang mungkin timbul pada saat dan setelah operasi.

lengkungan pada bagian tulang belakang?
Q. penyakit ini sebenarnya baru disadari sejak pertengahan desember 2012. ada lengkungan atau tonjolan seperti tulang yang terlepas dari engsel nya pada tulang belakang yang lengkung keluar, tonjolan nya seperti jari telunjuk yang tadinya lurus di bengkokan. awalnya hanya sakit pinggang yang di rasakan dan sempat di diagnosis oleh dokter terkena batu ginjal, namun itu belum parah karena hanya sedikit dan dokter hanya menyuruh untuk memperbanyak minum air mineral dan dokter juga hanya memberikan obat penahan rasa sakit. dua bulan berlalu sekitar pertengahan bulan februari rasa sakit pinggang itu merambat pada bagian tulang yang melengkung itu, akhirnya saya hanya mencoba membawanya pada tukang pijat dan kata tukang pijatnya saya mengalami saraf yang terjepit karena sebelumnya saya memiliki riwayat jatuh dari motor yang posisi jatuhnya berdiri menahan motor dengan kedua kaki yang menjadi tumpuan badan. Katanya ada yang bilang juga lengkungan atau benjolan ini di karena kan cincin anulus yang terganggu, tapi sampai saat ini belum saya cek up untuk di rontgen.
Pertanyaannya apakah lengkungan tulang itu bisa dinormalkan kembali tanpa oprasi? Bagaimana cara mengatasi rasa sakit dan pegal yang dirasakan saat duduk lama? Dan apakah jika di diamkan akan menjadi hal yang serius untuk kedepannya?
terima kasih.

A. kalau untuk normal kembali tanpa opeasi saya gak tau
untuk mengatasi rasa sakitnya mungkin anda jangan duduk terlalu lma dan bisa dikompres hangat.
sebaiknya anda segera ke dokter dan rotgen

Stress dan mudah lupa? berkaitankah?
Q. Sudah 5 bulan terakhir ini saya mengalami gejala penurunan daya ingat dan lumayan drastis. Saya akan mudah lupa terhadap suatu kegiatan yang telah berlangsung lebih dari 4-5 jam seperti lupa kalo saya sudah memasukkan buku ke dalam koper, lupa kalo tadi sudah makan ato blum, dll. Selain itu saya juga sering mengalami rasa ngilu pada gigi. Umur saya 20 tahun, female. Selain itu saya sering mengalami apa yang dinamakan low back pain. Seperti ketika saya mencuci sesuatu atau menggunakan tas ransel punggung. Rasa sakit yang luar biasa pada belakang saya juga akan timbul ketika saya mulai berbaring tidur dan butuh waktu 5-10 menit hingga rasa sakitnya hilang. Saya memang pernah mengalami historis jatuh dari tempat tidur bertingkat (saya di tingkat 2) dengan posisi terlentang dan yang mendarat pertama kali adalah bagian belakang tubuh saya keseluruhan (dari kepala hingga kaki). Tapi itu terjadi pada saat saya berusia 15 tahun. Saya juga mungkin termasuk orang yang mudah stress. Saya sudah diperiksa beberapa kali oleh dokter tapi hasilnya memang ada sedikit saraf yang terjepit tapi hanya sedikit saja. Kata dokter saya, rasa sakit yang saya alami tidak seimbang dengan penyakit dalam tubuh saya. Hal ini membuat saya semakin stress.. kira2 saya harus konsultasi ke dokter apa?? Saya sudah konsultasi ke dokter saraf dan dokter tulang.

A. hai ellen,,how do you do!

stres,,akibat yg di timbulkan kinerja otak kurang optimal salah satu nya nudah lupa,,km jadi kurang konsentrasi,,saran q,tenangkan hati km,pikiran,prasaan,,hilangkan beban pikiran,,dan rileks,,ada baiknya kamu latihan pernafasan,meditasi atau yoga,,ini bagus buat pisik dan psikis km,,nanti km lebih enjoy,relaks,tenang,,




Powered by Yahoo! Answers

No comments:

Post a Comment