Tuesday, May 14, 2013

penyakit sinusitis seperti apa?

Q. teman saya terkena penyakit "sinusitis"
katanya, kadang kalau sedang tidur susah bernafas lewat hidung.. dan terpaksa bernafas dengan hidung. saya baru dengar penyakit "sinusitis",, seperti apakah penyakitnya?

A. penyakit sinusitis adalah penyumbatan rongga hidung oleh lendir atau cairan yg seharusnya keluar bersamaan dgn ingus sewaktu kita terserang FLU.
jd di dalam tengkorak kepala kita (tepatnya disekitar hidung dan mata)ada empat ruang kosong yg seharusnya berisi udara untuk memperlancar pernafasan.namun jika sewaktu kita terserang flu,kadang kita merasa malas ato jijik untuk mengeluarkan lendir kotoran,akibatnya lendir itu akan berkumpul di rongga udara tersebut.
nah...karena rongga udara yg seharusnya berfungsi sebagai peredaran nafas terisi lendir maka kepala akan terasa berat terutama di daerah sekitar mata dan tak jarang di selingi pusing yg berkepanjangan.
sebagian orang ada yg blg klo dibiarkan makin parah bs menjadi kanker,tp sebagian orang jg bilang klo itu tdk berdampak serius tetapi efeknya hanya bersifat menggangu saja (siapa sih yg gak merasa terganggu klo merasa pusing tiap hr).
solusinya klo sudah rongga itu terisi penuh oleh lendir....ya hrs di sedot (operasi kecil) bs dilakukan tanpa rawat inap.nantinya lendir2 yg kadang bercampur dgn nanah itu akan dikeluarkan secara paksa melalui hidung dan mulut.
dan untuk pencegahan selanjutnya ,hindari minuman dingin,hawa dingin,klo terkena flu segera obati,dan jgn segan2 mengeluarkan lendir/ingus saat flu.
lbh jelasnya bisa di konsultasikan dgn dokter THT.
semoga membantu......

Pengobatan Gurah Untuk Sinusitis Jakarta 021 99 300 400?
Q. Pengobatan Gurah Untuk Sinusitis Jakarta 021 99 300 400
No Izin : 2318/1.851.4
Pengobatan Gurah Untuk Sinusitis Jakarta
Kandungan obat Gurah Untuk Sinusitis dari tumbuhan sirgunggu pada. Daunnya mengandung unsur kalium, sedikit natrium, alkaloid, dan flavonoid flavon. Pada kulit akarnya terdapat glikosida fenol, manitol, dan sitosterol. Sementara kulit batangnya mengandung senyawa triterpen, asam ureanulat, asam kueretaruat, dan asam seratogenat.
Sakitnya Sesaat, Manfaatnya Berlipat
gurah Untuk Sinusitis dipercaya sebagai penjernih suara, karena itu pengobatan yang satu ini kian meluas dan digemari orang. Peminatnya pun beragam . mulai dari mereka yang mengandalkan suara sebagai mata pencaharian seperti penyanyi, dalang, sinden bahkan orang awam yang ingin memperbaiki kualitas suaranya . namun sebetulnya gurah hidung tak hanya ditunjukan untuk menjernihkan suara. Menurut ahlinya pada mulanya gurah hidung untuk menghilangkan gangguan tenggorokan, sakit kepala, flu dan pilek. Apa kata dokter tentang praktek THT tradisional ini?
Kata gurah Untuk Sinusitis sebenarnya berasal dari bahasa arab yang artinya membersihkan hidung dan tenggorokan agar bebas dari penyakit. meski tak mudah mendeteksi kapan dilakukan praktek gurah hidung untuk kali pertamanya. Namun pengobatan alternative ini jelas berkembang dari kalangan pesantren ini dibenarkan oleh beberapa ahli gurah Untuk Sinusitis .
Ahli gurah Untuk Sinusitis kali pertama juga seorang kiai, para santri melakukan gurah hidung agar terbebas dari penyakit, selain juga menjernihkan suara. Ini untuk kepentingan para qori atau qoriâah yang kerap melantunkan ayat ayat suci alquran dengan indah sedangkan daerah yang terkenal. pusat gurah hidung pertamanya adalah wilayah di Giriloyo, Imogri.
Yang mula mempraktekannya adalah KH marzuki . meski daerah lain juga memiliki ahli yang tak kalah hebatnya , ahli gurah hidung dari Imogiri memang memiliki citra khusus di mata pasiennya.
Pemandangan di bilik bilik pengobatan gurah Untuk Sinusitis hampir sama. Pasien tidur tengkurap diatas dipan. Sementara sang ahli gurah Untuk Sinusitis terus memijat punggungnya. Mulutnya tampak komat kamit merapal doa-doa disaat pasien menggeliat kesakitan. Tak lama berselang, dari hidung pasien lender kental berwarna kekuningan keluarnya lender ini disertai rasa sakit yang luar biasa.
Sehari setelah pengobatan. Rasa sakit itu masih melekat, bahkan tak jarang rasa pusing menyertai. Namun dihari berikutnya badan terasa segar , hidung dan tenggorokan terasa plong, dan suara menjadi jernih, bahkan sejak saat itu penyakit semacam pusing flu, serak dan baruk makin menjauh / setidaknya demikianlah pengakuan para pasien yang mengakui keampuhan gurah dalam menghalau penyakit.

Alamat :
Pengobatan Gurah Untuk Sinusitis Jakarta
Jl. Malaka IV No. 32 A&B, Rt.006 Rw.008
Perumnas Klender JAKARTA TIMUR
Telp: (021) 99300 400, 99300 100, 7080 9957, 9820 5924
Hp: 0815 8684 8600 (Salomo, SE, M.Si)
http://pengobatangurah-hidung.blogspot.com/
www.yapeptri.com
www.klinikakupunktur.com
www.herbalsalam.com
www.klinikhijau.com
Email: salomosimanjuntak@gmail.com
Email : ati@klinikakupunktur.com
www.pengobatanherbalindonesia.blogspot.com

A. Alamat :
Pengobatan Gurah Untuk Sinusitis Jakarta
Jl. Malaka IV No. 32 A&B, Rt.006 Rw.008
Perumnas Klender JAKARTA TIMUR
Telp: (021) 99300 400, 99300 100, 7080 9957, 9820 5924
Hp: 0815 8684 8600 (Salomo, SE, M.Si)
http://pengobatangurah-hidung.blogspot.com/
www.yapeptri.com
www.klinikakupunktur.com
www.herbalsalam.com
www.klinikhijau.com
Email: salomosimanjuntak@gmail.com
Email : ati@klinikakupunktur.com
www.pengobatanherbalindonesia.blogspot

Apakah ini termasuk sinusitis ?
Q. Beberapa bulan lalu saya terkena sinusitis tapi telah di obati. Beberapa hari ini hidung saya berlendir lagi, tapi selalu meler gak kaya sinus yang sering menyumbat disertai pusing . Apakah ini merupakan tanda kalo sinusitis saya tleh kambuh lagi ? Tolong bantu ! Saya takut kalo dibiarin ini bisa jadi sinus akut

A. Sinusitis memang bisa kambuh.
Pengobatan sinusitis HARUS TUNTAS.
Selain itu perubahan cuaca atau dalam masa pancaroba sinusitis bisa kambuh lagi.
setelah diobati secara tuntas, artinya minum obat sampai sembuh betul, perkuat daya tahan tubuh dengan mekanan bergizi, tidur dan olah raga yang cukup
Sinusistis diobati antara lain dengan antibiotik, minum antibiotik harus sampai sembuh betul, jangan merasa enak, minum antibiotik dihentikan, hal ini bisa menjadikan kekebalan

Bagaimana mengatasi sinusitis bila sedang kambuh ?
Q. Saya 8 tahun mengidap sinusitis awal kena penyakit ini aku langsung ingin menjalanin operasi tapi saat aku konsultasi dengan dokter. Dokter bilang percuma karena itu tidak akan pernah sembuh ini penyakit aku selalu ada bila kamu terkena flu,jadi saya membatalkan niat itu. Dan sekarang sering banget kambuh klo dulu kambuhnya setiap musin hujan atau aku kedinginan tapi sekarang meskipun aku tidak kedinginan tetap aza kambuh. Tolong yach cariin solusinya karena menggangu banget saat aku sedang bekerja

A. Ini pengalaman temas saya,perkenalannya dengan VCO tak disengaja. Pada 2005, suami nya menderita diabetes mellitus. Saat VCO mulai populer, ia pun membeli minyak perawan untuk suaminya. Harapannya derita kencing manis sang suami segera sembuh. Namun, suami menolak mengkonsumsi lantaran mual dan gatal-gatal di kulit.

VCO itu kemudian dikonsumsi Ludwina. Ketika itu saya meminum VCO bukan untuk mengobati sinusitis, katanya. Bahkan ia sempat meragukan khasiat minyak perawan itu. Oleh sebab itu, ia hanya rutin mengkonsumsi satu sendok makan sehari. Kalau sedang sibuk, kadang-kadang lupa, katanya.

Sebulan mengkonsumsi minyak perawan, keraguannya mulai terkikis. Badan saya kok lebih fit, ujar Ludwina. Padahal, aktivitas wanita 51 tahun itu seabrek. Selain membuka praktek di kediamannya, ia juga aktif menjadi dokter sukarelawan pada sebuah klinik sosial di Pamulang, Tangerang.

Pada Januari 2006, sinusitis kembali menyambangi Ludwina. Dokter alumnus Universitas Katolik Atmajaya itu mengeluh sakit di pipi kanannya. Obat antibiotik pun dikonsumsi. Namun, efek samping akibat rutin mengkonsumsi antibiotik membayangi pikirannya. Oleh karena itu, konsumsi obat pun dihentikan.

Perhatiannya beralih pada VCO. Saya sudah merasakan khasiatnya untuk kebugaran. Mungkin untuk sinusitis juga bisa, katanya. Karena untuk pengobatan, ia pun rutin mengkonsumsi 3 sendok makan VCO sehari. Dua hari kemudian, ia kaget saat membuang ingus. Baru dua hari mengkonsumsi, kok sudah encer. Biasanya 2 -3 minggu baru sembuh, katanya. Padahal, tak satu pun obat antibiotik yang ia konsumsi ketika itu.

tentang sinusitis ..?
Q. gw sering merasa pusing ditengah .. diatas hidung tepatnya ..
trus kalo kena debu langsung bersin dan lama sembuhnya ..
apakah gw kena sinusitis ?
apa ya obat yg pas buat yg kena sinusitis ?

A. Gejala dari sinusitis adalah :

* Rasa sakit atau adanya tekanan di daerah dahi, pipi, hidung & diantara mata
* Sakit kepala
* Demam
* Hidung mampet
* Berkurangnya indra penciuman
* Batuk, biasanya akan memburuk saat malam
* Nafas berbau (halitosis)
* Sakit gigi

Selain gejala tersebut diatas, salah satu gejala sinusitis akut pada orang dewasa adalah adanya flu yang tidak membaik atau memburuk setelah 5-7 hari. Gejala pada sinusitis kronis sama seperti diatas tetapi cenderung terlihat lebih ringan & bertahan selama lebih dari 8 minggu.

Gejala sinusitis pada anak-anak meliputi :

* Timbul flu atau penyakit pernafasan yang makin memburuk
* Demam tinggi disertai dengan adanya lendir pernafasan yang berwarna gelap
* Adanya lendir pernafasan dengan atau tanpa adanya flu yang hadir lebih dari 10 hari & tidak membaik

Diagnosa sinusitis
Untuk penetapan diagnosa sinusitis, dokter biasanya akan melakukan pemeriksaan berikut :

* Mencari tanda adanya polip di hidung
* Menyinari rongga sinus dengan cahaya (transiluminasi) untuk melihat adanya peradangan
* Mengetuk rongga sinus untuk melihat adanya infeksi
* Melihat kedalam rongga sinus melalui pemeriksaan fiberoptik (disebut juga dengan endoscopy atau rhinoscopy) dapat juga digunakan untuk mendiagnosa sinusitis. Hal ini biasanya dilakukan oleh dokter spesialis THT.
* Bila perlu CT scan dapat juga dilakukan untuk mendiagnosa adanya sinusitis.
* Apabila sinusitis diduga terkait karena tumor atau infeksi jamur, maka MRI terhadap rongga sinus dapat dilakukan.

Jika anak anda menderita sinusitis kronis atau yang berulang (sering kambuh) maka tes-tes berikut perlu juga dilakukan :

* Tes alergi
* Tes HIV atau tes untuk melihat rendahnya fungsi imun
* Tes untuk melihat fungsi cilia
* Cytology hidung
* Cystic fibrosis

Pengobatan sinusitis
Pengobatan yang biasa dilakukan untuk sinusitis meliputi :

* Suntikan anti alergi
* Menghindari pencetus alergi
* Semprotan hidung yang mengandung kortikosteroid untuk membantu mengurangi bengkak di rongga sinus, terutama karena adanya polip ataupun karena alergi

Sinusitis akut sebaiknya diberikan pengobatan selama 10-14 hari, sedangkan sinusitis kronis sebaiknya diberi pengobatan untuk 3-4 minggu. Bagi beberapa penderita sinusitis kronis mungkin diperlukan pengobatan untuk mengobati infeksi jamur. Tindakan operasi untuk membersihkan & mengeringkan rongga sinus mungkin diperlukan terutama bagi pasien yang mengalami peradangan yang berulang.

Pemberian antibiotika biasanya tidak diperlukan untuk mengobati sinusitis akut, karena biasanya infeksi akan sembuh dengan sendirinya. Tetapi antibiotika dapat diberikan apabila terjadi hal-hal berikut ini :

* Anak dengan kondisi pilek biasanya disertai dengan batuk yang tidak kunjung membaik setelah 2-3 minggu
* Demam dengan suhu tubuh lebih dari 39°C
* Adanya bengkak yang parah di area sekitar mata
* Sakit kepala atau sakit di daerah wajah

Jangan anggap remeh penyakit sinusitis
Jadi apabila anda merasakan gejala-gejala seperti flu tetapi tidak kunjung sembuh atau sering terjadi kembali. Jangan anggap remeh gejala tersebut, karena bisa saja hal itu merupakan pertanda adanya penyakit sinusitis.




Powered by Yahoo! Answers

No comments:

Post a Comment