Thursday, May 16, 2013

Bersin-bersin di Pagi Hari?

Q. Beberapa hari ini, setiap pagi saya kerap bersin-bersin tapi tidak diiringi dengan gejala lainnya seperti pusing batuk maupun lainnya. kira-kira apa yang harus saya lakukan karena hal ini cukup mengganggu aktivitas saya di Kantor. Terima kasih untuk jawabannya.

A. Bersin-bersin di pagi hari biasanya disebabkan oleh sensitif dengan udara dingin pagi hari, apalagi kalau musim hujan (rhinitis vasomotor). Ada beberapa orang yang daya tahan tubuhnya relatif rendah di pagi hari, karena memang selama kita tidur di malam hari itu, semua sistem tubuh secara otomatis ikut melambat (dalam keadaan santai), dan keadaan santai ini terus berlanjut sampai kita bangun dan sarapan pagi; setelah sarapan pagi tersebut daya tahan tubuh kita akan ikut bangun sedikit demi sedikit..

Oleh karena itu, selain berkaitan dengan reaksi alergi, daya imun tubuh kita juga harus ditingkatkan untuk mengatasi bersin-bersin dan akhirnya hidung berlendir (flu) tersebut.

Flu disebabkan oleh virus influenza, dan sebenarnya sekali virus itu âhinggapâ di tubuh kita, virus itu tidak bisa benar-benar kita lenyapkan, kita hanya bisa menekannya dengan daya imun yang baik sehingga virus tidak menginfeksi. Makanya biasanya kalau kita flu itu, tidak minum obat pun sebenarnya juga tidak apa-apa, asal kita bisa meningkatkan daya tahan tubuh kita yang sempat kendur, yang mengakibatkan virus ini merajalela dalam tubuh, flu itu lama-lama akan hilang sendiri bersamaan dengan melemahnya daya infeksi virus. Makanya kalau kemudian daya tahan tubuh kita melemah lagi, virus akan kembali mencoba âmenguasaiâ tubuh kita.

Berikut ini cara-cara untuk meningkatkan daya tubuh tersebut :

1. Olah raga di pagi hari dengan teratur, sehingga metabolisme tubuh meningkat, sehingga tubuh menghangat, sel darah giat mengalir di seluruh pembuluh darah dan daya tahan tubuh ikut meningkat.

2. Makan atau minum makanan minuman yang kaya vitamin C dan mineral Kalsium.

3. Jaga kehigienisan saluran nafas atas dan mulut, kumur-kumur dengan air hangat dan bersihkan lubang hidung. Hiruplah uap hangat untuk menghambat masuknya udara dingin yang bisa menyebabkan flu pagi itu.

4. Tenangkan pikiran atau hindari kemungkinan-kemungkinan jadi stres karena keadaan ini, karena stres sama juga akan menurunkan daya tahan tubuh.

apa penyebab bersin-bersin di pagi hari ?
Q. setiap hari saya selalu bersin-bersin .!

A. Bersin bersin dipagi hari banyak dialami oleh orang orang yang mempunyai alergi terhadap kondisi tertentu yang perlu diketahui penyebabnya. Hal ini dapat dibantu antara lain dengan memperbaiki imun sistem dalam tubuh kita. coba kunjungi website www.anisherbal.com mudah mudahan ada informasi yang bisa membantu.

suka bersin-bersin tiap pagi, kenapa yaaa ??? :(?
Q. aku sekarang setiap pagi suka bersin-bersin, kadang abis wudhu selalu saja bersin 5x bahkan lebih. dulu pernah, pas lagi renang aku bersin-bersin terus sampai udah keluar kolam. aku anggep itu biasa, mungkin karna dingin. tapi sekarang-sekarang ini jadi seperti alergi. di tambah, sekarang tiap tidur aku selalu ngalamin idung tersumbat (mampet), samapi pagi bahkan sampe siang idung aku bisa mampet. sediih :(( mohon jawabannya!

A. Salam, dear...
Dulu aku juga kayak gitu, setelah menikah sembuh...:-D

Alergi itu disebabkan keturunan /genetik, oleh gangguan debu atau serbuk bunga, bisa juga karena cuaca (habis wudhu, dingin pas subuh-subuh).
Caranya : Bangun tidur dan sebelum tidur, rendam kakimu dengan air hangat, pakailah selimut tebal kalau tidur, jangan gunakan kipas angin.
Kalau pilek alergi, tiap kali bersin-bersin, udah, bersin-bersinnya nyisain ingus doang. kalau hidung mampet, bukan alergi, artinya kamu lagi flu beneran. Jadi kamu harus istirahat, makan buah dan sayuran, minum susu plus madu, dan usahakan banyak tidur untuk mengembalikan daya tahan tubuhmu.

Good Luck!

saya sering mengalami bersin-bersin dan hidung gatal terutama stlh bngun tidur,, kenapa yah??
Q. saya sering mengalami bersin-bersin dan hidung gatal terutama stlh bngun tidur,, kenapa yah??.
ditambah lg dengn lendir/ingus yang terus menerus keluar kaya orang yang lagi pilek,, kdang2 saat udara panas keluar lendir/ingus dari idung,
trus tenggorokn gatel banyak dahaknya

A. suami saya juga begitu.
biasanya bangun pagi pasti bersin-bersin.

alergi debu tuh, juga gak tahan panas.
jadi kebersihan harus betul-betul dijaga.

bersin-bersin waktu makan?
Q. mohon bantunanya donk, saya hampir setiap kali makan selalu bersin-bersin, kira-kira kenapa ya? alergi kah? ada solusinya gak?

A. ya.. itu alergi...

anda harus mencari tahu penyebab dari alergi anda...
apakah debu, atau salah satu dari yang anda makan.

setelah itu solusinya anda hindari kontak dengan makanan tersebut (jika alergi makanan), bersihkan tempat dengan bersih (jika alergi debu)...




Powered by Yahoo! Answers

No comments:

Post a Comment

Post a Comment