Sunday, March 24, 2013

Yang insomnia sini...?

Q. gimana ce caranya nyembuhin insomnia?
kalian tu pengen g sembuh dr insomnia?
mang iya sayur kangkung bisa nyembuhin insomnia?
kalo gue ce pengen bgt coz kalo d kelas sering ketiduran gara malem'a g bisa tidur,,!!
n da efek samping'a g dr insomnia?
monggo d jawab.....

A. Insomnia adalah sejenis habit kalau dibilang penyakit rasanya tidak pas, karena tidak menyerang organ tubuh tertentu.Cara mengobati insomnia atau susah tidur ini trgantung dari sang pengidap sendiri, kalau mau pengen cepat tidur yah pasti ada jalannya kok :P .Insomnia banyak diderita oleh orang yang mempunyai pekerjaan dominan dengan pikiran bukan dengan otot.Pikiran yang setiap hari terlalu diforsir tanpa istirahat setiap harinya maka kemungkinan besar untuk terserang penyakit lainnya akan semakin mudah. Cara yang paling mudah agar insomnia terobati adalah lah raga teratur dan sediakan kasur yang empuk, dengan cara tersebut maka 80 % anda akan cepat terlelap dimalam hari dan bangun tanpa harus dalam keadaan pusing, banayk juga para perokok yang mengidap insomnia dan di saat bangun pasti dalam keadaan pusing, begitu juga para alkoholik alias para peminum.

Insomnia belakangan ini juga menyerang saya bekangan ini. sudah tiga hari ini sangat sulit tidur pada jam jam sembilan sampai sepuluh. padahal biasanya sangat mudah. Hal ini disebabkan karena baru ganti kasur baru dimana kasur ini sangat keras dibandingkan dengan kasur yang lama.Dengan kasur ini dirasa kepala membentur batu yang keras, sehingga mau molet pun sangat sulit.

Menurut para ahli, dengan bekerja dalam artian bekerja yang mengeluarkan keringat, maka tubuh kita bisa lebih mudah dalam beristirahat, saat badan menyentuh kasur pun akan lebih mudah untuk terlelap, selain itu kita juga ikut buaya jepang yaitu mandi air panas, setelah mandi maka bada akan terasa rileks dan siap mimpi indah dalam dekapan gelapnya malam

Insomnia ganggu kesehatan gak?
Q. tau cara ngatasi insomnia g?q g bs tdr pe larut mlm kdang pe pagi...please tlg ya?

A. Insomnia sering disebabkan oleh adanya suatu penyakit atau akibat adanya permasalahan psikologis. Dalam hal ini, bantuan medis atau psikologis akan diperlukan. Salah satu terapi psikologis yang efektif menangani insomnia adalah terapi kognitif.[2] Dalam terapi tersebut, seorang pasien diajari untuk memperbaiki kebiasaan tidur dan menghilangkan asumsi yang kontra-produktif mengenai tidur. Banyak penderita insomnia tergantung pada obat tidur dan zat penenang lainnya untuk bisa beristirahat. Semua obat sedatif memiliki potensi untuk menyebabkan ketergantungan psikologis berupa anggapan bahwa mereka tidak dapat tidur tanpa obat tersebut...; http://id.wikipedia.org/wiki/Insomnia

Insomnia tampaknya cukup berbahaya. Mungkin Anda hanya memiliki waktu sulit jatuh tertidur pada malam hari. Atau mungkin Anda melempar dan berbalik selama beberapa jam, dan kemudian bangun keesokan paginya dan meminum secangkir kopi ekstra untuk menebus itu. Untuk sebagian besar, insomnia tampaknya seperti sebuah gangguan yang membuat kita lelah dan kesal. Tapi itu adalah suatu kondisi yang jauh lebih serius. Menurut beberapa studi terbaru dari National Sleep Foundation dan Science Daily, penelitian membuktikan bahwa insomnia dapat mengakibatkan kematian....; http://kesehatan.kompasiana.com/2010/01/16/bahaya-insomnia/

Alternatif yang dapat dilakukan...; http://dunialekom.blogspot.com/2007/07/insomnia-dan-terapinya.html
- Konsultasi dengan ahli kesehatan profesional untuk mencoba menentukan apakah kondisi lain seperti depresi, cemas, sakit, penggunaan obat perangsang, waktu kosong, prilaku kurang tidur yang menyebakan insomnia, dan perawatan biasanya tergantung dari penyebab yang ada.
- Bisa juga mengurangi insomnia dengan perubahan kecil pada gaya hidup, seperti mengubah lingkungan tidur, jadwal, atau apa, kapan kita makan, tidur dan melakukan aktivitas tambahan.
- Obat tidur bisa digunakan jika alternatif lain dari perawatan tidak berhasil. akan tetapi obat sebaiknya digunakan seperlunya, dan tidak dianjurkan sebagai pilihan perawatan pertama untuk pengobatan insomnia

Para insomnia buruan masuk kemari ya:)?
Q. insomnia disebut penyakit susah tidur,
pertanyaan:

1//apa sih penyebab insomnia itu,

2// bagaimanakah cara mengatasi yg penyakit sudah terkena insomnia?

3// sampai kapan penyakit ini bisa sembuh?

4// ada berapa jenis kah insomnia?.

tks bagi yg menjawab :)

A. Insomnia adalah suatu gangguan tidur yang dialami secara terus menerus (lebih dari sepuluh hari). Jenisnya ada tiga, yaitu: susah tidur (sleep onset insomnia), selalu terbangun di tengah malam (sleep maintenance insomnia), dan selalu bangun lebih cepat dari yang diinginkan (early awakening insomnia). Setidaknya ada empat faktor penyebab insomnia antara lain:

Fisik yang Terganggu
Psikis yang Terganggu
Lingkungan yang Mengganggu
Kebiasaan Buruk
Sebaiknya hindarilah kebiasaan-kebiasaan buruk di bawah ini:
[+] Hindari minum kopi atau pun makanan dan minuman berkafein dari sore hingga malam menjelang tidur. Kafein dapat merangsang saraf sehingga Anda menjadi sulit tidur.
[+] Hindari kegiatan lain di atas ranjang yang tidak ada kaitannya dengan tidur, misalnya makan atau bekerja. Gunakan ranjang hanya untuk TIDUR dan SEKS (tentu hanya yg sudah menikah). Hal ini berguna untuk membuat Anda terbiasa bahwa ketika di ranjang maka itulah saatnya tidur.

Selain mengatasi penyebab-penyebab insomnia di atas, ada baiknya Anda mencoba mengatur pola tidur Anda sestabil mungkin. Tidur dan bangun di waktu yang sama setiap harinya, walaupun hari libur. Biasakan menepati jadwal itu agar pola tidur Anda normal kembali.

Belajar teknik relaksasi juga tidak ada ruginya. Anda bisa mencoba yoga atau meditasi. Sebagian orang bahkan melakukan hal-hal tertentu (yang kadang tidak masuk akal) untuk mendapatkan suasana rileks ini, antara lain:
[+] mandi air hangat
[+] menggerak-gerakkan jari kaki
[+] mengelus perut
[+] tarik napas dalam
[+] membayangkan sesuatu yang "indah"
[+] seks (untuk yg sudah menikah)
[+] menghitung mundur
[+] mendengarkan radio / musik hingga tertidur

apakah insomnia mengundang banyak penyakit ?
Q. sy mngalami insomnia, kadang saya tidur jam 2 lebih, apakah insomnia itu berbahaya bagi kesehatan ? mohon pendapat dan solusinya ..

A. Insomnia tampaknya cukup berbahaya. Mungkin Anda hanya memiliki waktu sulit jatuh tertidur pada malam hari. Atau mungkin Anda melempar dan berbalik selama beberapa jam, dan kemudian bangun keesokan paginya dan meminum secangkir kopi ekstra untuk menebus itu. Untuk sebagian besar, insomnia tampaknya seperti sebuah gangguan yang membuat kita lelah dan kesal. Tapi itu adalah suatu kondisi yang jauh lebih serius. Menurut beberapa studi terbaru dari National Sleep Foundation dan Science Daily, penelitian membuktikan bahwa insomnia dapat mengakibatkan kematian.

Meskipun telah dibuktikan fisiologis tubuh dapat bertahan selama 11-18 hari tanpa tidur, efek samping dan bahaya yang dimulai pada malam pertama, lekas marah dan kabur visi, memperlambat waktu reaksi, kapasitas memori berkurang dan pidato kontrol adalah beberapa terlihat efek. Dari sana ia dapat membangun sebuah dasar konstan rasa mual, peningkatan kortisol, yang dihubungkan dengan depresi dan penyakit kardiovaskular. Bahkan pada tingkat yang paling jinak, Anda 300% lebih mungkin terjangkit flu atau flu jika Anda tidur kurang dari tujuh jam setiap malam. Dengan menjadi lazim flu babi tahun ini, penting bagi setiap orang untuk dapat tidur untuk memperbaiki dan memelihara sistem kekebalan tubuh mereka yang akan membantu mereka mengusir penyakit seperti flu babi.

Dalam kasus ekstrim, efek dari kurang tidur ini dianggap sangat berbahaya itu telah diasingkan sebagai bentuk penelitian yang tidak etis dan digunakan sebagai penyiksaan. US Department of Transportation laporan bahwa ada sekitar 200.000 mobil setahun kecelakaan disebabkan oleh pengemudi ngantuk, sebuah angka yang lebih tinggi daripada yang dibunuh oleh mabuk mengemudi. Jika Anda cukup beruntung untuk bertahan hidup sehari-hari perjalanan Anda, Anda masih dianggap beresiko tinggi untuk mengembangkan depresi, serta meningkatkan kemungkinan bahwa depresi akan tertinggal untuk jangka waktu yang lebih panjang daripada mereka yang menjaga kebersihan tidur yang sehat.

Seringkali menjadi insomnia sendiri musuh terburuk, menciptakan siklus menjengkelkan minum kopi, dengan membentuk kebiasaan-obat yang tidak memungkinkan untuk tidur, dan tinggal di tempat tidur lagi setiap pagi dalam upaya untuk âmake upâ untuk apa mereka sudah ketinggalan. Sebagai insomnia menjadi lebih buruk, begitu pula kecemasan dan frustrasi, dan siklus terus berlanjut

Bagaimana menghentikan Insomnia ?
Q. Aku rasa aku kena syndrom Insomnia deh, aku baru bisa tidur setelah jam 3 pagi, padahal aku tidak tidur siang lho, dan aku juga tidak sedang banyak pikiran. Aku sudah mencoba untuk minum susu hangat agar mudah tidur (seperti penelitian bilang), minum obat tidur, tapi tetap saja "betah melek". Aku pusing sih saat merasa kurang tidur, tapi ya mau bagaimana lagi kalau memang belum bisa "merem"! give me solution, please :-(

A. Cara mengatasi insomnia
1. Olahraga teratur
Berolah raga teratur. Beberapa penelitian menyebutkan berolah raga yang teratur dapat membantu orang yang mengalami masalah dengan tidur. Olah raga sebaiknya dilakukan pada pagi hari dan bukan beberapa menit menjelang tidur. Dengan berolah raga, kesehatan anda menjadi lebih optimal sehingga tubuh dapat melawan stress yang muncul dengan lebih baik.
2. Kurangi konsumsi kaffein
Minimalisasikan asupan kafein seperti teh atau kopi. Bila Anda ingin mengkonsumsinya, lakukanlah di pagi hari, atau paling lambat 4 jam sebelum tidur di malam hari. Kafein yang dikonsumsi terlalu dekat dengan waktu tidur hanya akan menghambat datangnya rasa kantuk.
3. Perhatikan waktu makan
Anda mesti memperhatikan waktu makan, beri waktu minimal dua jam sebelum tidur setelah menyantap makanan terakhir makan malam. Jarak makan yang terlalu dekat dengan waktu tidur justru akan meningkatkan metabolisme dan suhu tubuh, sehingga membuat tidur semakin sulit. Dengan cara ini, Anda juga dapat menjaga berat badan, mengingat tidur setelah makan besar akan banyak menyimpan lemak.
Jika benar-benar kelaparan, pilihlah cemilan seperti sereal gandum yang dicampur susu, tofu, bubur gandum, atau roti yang ditaburi wijen. Namun, tetap saja berikan jarak minimal satu jam sebelum tidur karena tryptophan juga membutuhkan waktu untuk merangsang otak.
4. Makanlah makanan berkarbohidrat menjelang tidur
Untuk bisa tidur dengan nyenyak, tubuh Anda membutuhkan trytophan atau yang sering disebut zat penidur. Trytophan, yang merupakan jenis asam lemak, berfungsi menghasilkan serotonin yang dapat mengendurkan syaraf pada pusat otak. Saat otak sudah rileks, Anda akan lebih mudah tertidur dengan kualitas yang baik.
Trytophan banyak terdapat pada makanan berkabohidrat ringan. Kue muffin, biskuit, atau buah bisa dijadikan solusi. Namun jangan terlalu kenyang, pencernaan Anda akan terbebani karena harus bekerja keras mencerna, sehingga istirahat Anda tidak dapat maksimal.
5. Lakukan aktivitas yang membuat Anda nyaman untuk tidur
Anda bisa memulainya dengan menuangkan minyak aromaterapi pada diffuser, mandi air hangat, menyetel lagu favorit atau melapisi tempat tidur dengan selimut yang nyaman. Saat tidur, matikan lampu, matikan hal hal yang menimbulan suara, pastikan anda nyaman dengan suhu ruangan tidur anda. Jauhkan jam meja dari pandangan anda karena benda itu dapat membuat anda cemas karena belum dapat terlelap sementara jarum jam kian larut.
6. Tempat tidur hanya untuk tidur
Bila Anda ingin membaca atau menonton tv sebaiknya lakukan di tempat lain sehingga saat Anda pergi ke tempat tidur, 'alarm' di tubuh Anda segera mengingatkan bahwa ini adalah waktu untuk tidur. Hal ini akan membantu tubuh anda menyesuaikan diri dengan lingkungan tempat tidur. Saat anda berbaring di tempat tidur, maka akan timbul rangsangan untuk tidur.
7. Jernihkan pikiran
Jernihkan pikiran anda. Enyahkan segala kekhawatiran yang menghinggapi pikiran anda. Salah satu cara untuk ini adalah menuliskan semua pikiran anda lewat media blog.
8. Tidur dan bangunlah dalam periode yang teratur
Tidur dan bangunlah dalam periode waktu yang teratur setiap hari. Waktu tidur yang kacau akan mengacaukan waktu tidur anda selanjutnya.




Powered by Yahoo! Answers

No comments:

Post a Comment